Info Terkini Biaya Sunat di Rumah Sunatan

2 comments28466 views

Khitan atau sunat merupakan proses yang dilalui oleh sebagian besar laki-laki. Untuk sunat, Anda bisa melakukannya di dokter atau di tempat-tempat yang menyediakan jasa khitan, salah satunya Rumah Sunatan, yang merupakan pusat pelayanan sunat (Circumcision Center) yang memiliki konsep unik dan modern. Konsep yang diterapkan adalah konsep rumahan untuk membuat para pasien merasa nyaman. Sunat di Rumah Sunatan ini dipatok dengan berkisar jutaan rupiah.

Rumah Sunatan (sumber: voa-islam.com)

Rumah Sunatan (sumber: voa-islam.com)

Lalu, pada usia berapa khitan atau sunat sebaiknya dilakukan? Menurut Integral Medical Center di London, waktu yang tepat bagi laki-laki untuk disunat berkisar usia 7-14 hari. Di Indonesia, sunat dilakukan biasanya ketika laki-laki duduk di bangku sekolah dasar, tetapi ada pula yang melakukannya sebelum memasuki dunia sekolah.

Dari sisi , sunat atau khitan akan mendatangkan beberapa manfaat, antara lain:

  • Khitan mengurangi risiko infeksi seksual menular seperti human papilloma virus (HPV) dan seksual menular seperti herpes atau sifilis. Meski demikian, yang sudah menjalani sunat harus tetap melakukan hubungan yang dan aman.
  • Mencegah terjadinya penyakit pada alat vital seperti nyeri yang disebut fimosis. Apabila tidak ditangani, nyeri itu dapat menyebabkan radang yang disebut dengan balanitis. 
  • Mengurangi risiko infeksi saluran kemih yang dapat merujuk kepada masalah ginjal. Infeksi ini umumnya lebih sering terjadi pada orang yang tidak menjalani sunat.
  • Mengurangi risiko kanker penis.
  • Mengurangi risiko kanker serviks pada pasangan. Risiko kanker serviks menurun pada wanita yang pasangannya telah menjalani sirkumsisi (sunat).
  • Membuat kesehatan alat vital lebih terjaga. Bagian vital yang telah disunat lebih mudah dibersihkan, sehingga kesehatannya lebih terjamin dibanding yang tidak disunat.

Metode Rumah Sunatan

Dikutip dari situs resminya, Rumah Sunatan adalah pusat pelayanan sunat (circumcision center) yang dikatakan memiliki konsep unik dan metode yang modern. Rumah Sunatan menerapkan konsep rumah untuk membuat para pasien nyaman. Dilengkapi dengan fasilitas taman bermain anak dan ruang tindakan dengan dekorasi warna-warni, Rumah Sunatan akan mengesankan suasana yang lebih bersahabat bagi anak-anak, alih-alih menakutkan.

Dokter mengambil pisau untuk melakukan operasi sunatan (sumber: menshealth.co.za)

Dokter mengambil pisau untuk melakukan operasi sunatan (sumber: menshealth.co.za)

Masih menurut sumber yang sama, Rumah Sunatan merupakan klinik sunat yang bersahabat dengan anak-anak. Didirikan oleh dr. Mahdian Nur Nasution, Sp.BS pada 4 Desember 2006 lalu, Rumah Sunatan memiliki komitmen untuk mengubah persepsi anak dan orang tua tentang klinik sunat. Klinik sunat yang biasanya dipandang menyeramkan oleh anak dipatahkan oleh hadirnya Rumah Sunatan. Konsep menyenangkan yang dipersembahkan oleh Rumah Sunatan akan membuat proses sunat tidak lagi menyeramkan untuk anak.

Nama dr. Mahdian Nur Nasution sendiri disebutkan sudah tidak asing di dunia medis, terutama sunat. Ia sudah menekuni prosedur sunat semenjak tahun 1997 ketika masih menjadi mahasiswa kedokteran sehingga membuat profesionalisme dr. Mahdian Nur Nasution tidak perlu diragukan lagi. Sudah banyak pengalaman yang ia dapat dari kegiatan yang ia geluti, mulai dari aktif mengikuti kegiatan bakti sosial sunatan massal sampai dipanggil dari rumah ke rumah untuk melakukan sunat.

Terpanggil untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat luas, dr. Mahdian Nur Nasution kemudian mendirikan Zentra Khitan, yang menjadi cikal bakal Rumah Sunatan. Berbekal niat untuk terus meningkatkan pelayanan, ia mendirikan Rumah Sunatan di salah satu gang sempit Pasar Pramuka, Matraman, Jakarta Timur. Dari gang kecil inilah Rumah Sunatan berkembang pesat hingga memiliki 27 cabang yang telah tersebar di Jabodetabek, Semarang, Surabaya, Medan, Samarinda, dan Banjarmasin.

Tidak hanya membuat inovasi dalam konsep klinik sunat, Rumah Sunatan berinovasi dalam metode yang digunakan. Klem adalah metode yang digunakan dan dikembangkan oleh Rumah Sunatan. Sudah diperkenalkan sejak tahun 2001 di Jerman, metode Klem telah direkomendasikan oleh WHO sebagai metode yang lebih aman.

Metode Klem yang diterapkan oleh Rumah Sunatan diklaim tidak perlu melalui proses jahit sehingga pendarahan yang terjadi akan sangat minim, begitu juga rasa yang dirasakan oleh pasien. Setelah disunat pun, pasien tidak perlu diperban dan dapat melakukan aktivitas seperti biasa. Selain itu, metode Klem yang digunakan Rumah Sunatan tidak memakan banyak waktu dan dikatakan sudah disesuaikan dengan anatomi anak Indonesia.

Berdasarkan pengalaman beberapa orang, biaya sunat di Rumah Sunatan berkisar di atas Rp1 jutaan. Misalnya, untuk sunat metode klem, dikenai biaya berkisar Rp1,95 jutaan, belum termasuk tetes luar. Sebagai perbandingan, pada tahun sebelumnya, biayanya Rp1,4 juta (untuk sunat dan ), Rp30 ribu (untuk antibiotik tetes luar, cotton bud, kasa, dll), sehingga total biayanya sekitar Rp1,5 jutaan. 

Kemudian, untuk paket khusus anak gemuk, biayanya berkisar Rp4 jutaan. Tindakan bagi anak dengan bobot berlebih, digunakan circumcision kit, yaitu perlengkapan sunat sekali pakai. Sementara, untuk sunat orang dewasa, biayanya berkisar Rp2,5 jutaan. Biaya yang lebih mahal dikarenakan kondisinya berbeda dengan anak-anak. Orang dewasa biasanya membutuhkan jahitan lebih banyak. 

Ilustrasi: prosedur sunatan anak (sumber: nytimes.com)

Ilustrasi: prosedur sunatan anak (sumber: nytimes.com)

Menurut informasi terbaru dari pihak Rumah Sunatan, biaya khitan di tempat mereka sekarang selain dibedakan berdasarkan usia, juga dibedakan berdasarkan lokasi sunat. Selain itu, pihak Rumah Sunatan juga menyediakan khitan untuk perempuan. Sebagai referensi, berikut informasi terbaru biaya khitan di Rumah Sunatan.

Biaya Rumah Sunatan

Layanan SunatBiaya
Sunat Anak (Luar Jabodetabek) di RumahRp2.850.000
Sunat Anak (Jabodetabek, Serang, Bandung, Karawang) di RumahRp3.200.000
Sunat Bayi 0-2 Tahun (Jabodetabek) di RumahRp2.940.000
Sunat Dewasa (20 tahun ke atas) di RumahRp4.500.000
Sunat di Rumah (Purwokerto dan sekitarnya)Rp2.500.000
Sunat Perempuan di RumahRp800.000
Sunat Gemuk (Paket Biasa) di RumahRp3.400.000
Sunat Gemuk (Paket Lengkap) di RumahRp4.000.000

Bagi Anda yang berminat melakukan sunat atau mencari informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi website rumahsunatan.com. Anda juga bisa langsung mendatangi beberapa cabang Rumah Sunatan seperti di Jakarta, Bekasi, Bintaro, Serpong, Depok, Semarang, Surabaya, Medan, dan cabang lainnya. Selain itu, bisa mengirimkan pertanyaan ke email [email protected] atau menghubungi nomor telepon (021) 8242 0020, 0858 8165 8589 (untuk sunat anak) dan (021) 8243 7216, 0851 0010 0111 (untuk sunat dewasa). 

Baca juga  Harga Serum Hanasui Pink Asli
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.
  1. author

    firdina1 bulan ago

    halo.. saya dina dr rmh sunat dr mahdian.. maaf ada revisi harga bisa diinfokan ke siapa ya mas? terima kasij

    Reply
    • author

      redaktur1 bulan ago

      Terimakasih atas infonya 🙂
      Informasi sudah kami update berdasarkan dokumen yang Anda kirimkan ke redaksi.

Leave a reply "Info Terkini Biaya Sunat di Rumah Sunatan"