Update Terkini Biaya Rontgen Gigi Panoramic Cephalometric

No comment17767 views

Dalam tindakan pemeriksaan radiologi, adalah salah satu bagian manusia yang cukup sulit untuk dijangkau. Pasalnya, selain posisinya yang melingkar, juga memiliki kesulitan tersendiri untuk difoto. Bahkan, alat x-ray konvensional tidak bisa digunakan untuk melihat susunan secara jelas dan mendetail.

Ilustrasi: pemeriksaan dokter gigi

Ilustrasi: pemeriksaan gigi

Untungnya, dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, kini telah ada pemeriksaan gigi menyeluruh yang disebut dengan Panoramic Cephalometric. Panoramic Cephalometric merupakan salah satu modalitas radiologi dengan tujuan untuk mendapatkan gigi secara keseluruhan dari berbagai sudut dengan radiasi yang sangat kecil.

Selain digunakan untuk pengambilan foto radiologi sederhana, alat ini juga dipakai untuk melakukan pengambilan foto dengan berbagai jenis tingkat kesulitan, karena kemampuannya untuk bisa menjelajah gigi. Jenis pengambilan foto yang bisa dilakukan menggunakan Panoramic Cephalometric di antaranya Cephalometric Imaging, Cross Sectional Tomograms, Dental Scanograms, Panoramic Imaging, TMJ Scanograms Lateral, dan TMJ Tomograms.

Adapun seleksi kasus yang memerlukan gambaran panoramic dalam penegakan diagnosis, di antaranya seperti:

  • Adanya lesi tulang atau ukuran dari posisi gigi terpendam yang menghalangi gambaran pada intra-oral.
  • Untuk melihat kondisi gigi sebelum dilakukan rencana pembedahan. Foto rutin untuk melihat perkembangan erupsi gigi molar tiga tidak disarankan.
  • Rencana perawatan orthodonti yang diperlukan untuk mengetahui keadaan gigi atau benih gigi.
  • Mengetahui ada atau tidaknya fraktur pada seluruh bagian mandibula.
  • Rencana perawatan implan gigi untuk mencari vertical height.

Secara mendasar, kelebihan Panoramic Cephalometric adalah kemampuan untuk mengambil gambar sudut gigi yang dikehendaki dengan baik dan memiliki efek radiasi sangat kecil (0,004 - 0,08 mSv) sehingga relatif aman dan tidak membahayakan . Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan memiliki posisi yang tepat ketika memeriksakan gigi, yakni:

  • Duduk atau berdiri dengan punggung yang tegak.
  • Kepala pasien diatur sedemikian rupa sehingga garis ala-tragus 5 derajat dari sumbu horizontal.
  • Atur MSP kepala pasien agar tegak lurus.
  • Letakkan dagu pasien di tempat dagu.
  • Pasien agar mengatupkan bibir, dan letakkan lidah berlawanan dengan atap .
  • Lihat profile index. Jika angka pada kepala tidak sesuai dengan yang terbaca pada bite block holder, maka bayangan gigi akan kabur dan tampak lebih horizontal.
Hasil rontgen gigi

Hasil gigi

Lalu, berapa biaya yang diperlukan untuk melakukan pemeriksaan ini? Biaya rontgen Panoramic Cephalometric bervariasi, tergantung tempatnya. Di swasta, biasanya biayanya cenderung lebih mahal jika dibandingkan foto rontgen di rumah milik pemerintah. Biaya rontgen Panoramic Cephalometric berkisar Rp70.000 hingga Rp300.000 untuk sekali rontgen.

Biaya Panoramic Cephalometric

Nama Klinik/LaboratoriumBiaya Panoramic Cephalometric
RS BoromeusRp135.000
RS PMI BogorRp150.000
Lab. Parahita BanyuwangiRp163.000
RS Sentra Medika CibinongRp169.000
RS Karya Bhakti Pratiwi (KBP)Rp170.000
RS Universitas AirlanggaRp190.000
Lab. PramitaRp200.000 – Rp300.000
Klinik BiomedikaRp229.000
RS Bunda MargondaRp250.000
RS BMCRp250.000

Biaya rontgen Panoramic Cephalometric di sejumlah klinik atau laboratorium tahun 2020 ini masih relatif stabil dari tahun 2019 lalu. Biaya atau tarif rontgen Panoramic Cephalometric di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs resmi laboratorium dan pengalaman beberapa pasien. Biaya Panoramic Cephalometric tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, tergantung kebijakan masing-masing penyedia jasa rontgen.

[Update: Dian]

Baca juga  Update Harga Vitamin B Kompleks IPI di Pasaran
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Terkini Biaya Rontgen Gigi Panoramic Cephalometric"