Update Kisaran Biaya Ganti Slot SIM Card

No comment9402 views

Seiring dengan perkembangan yang begitu pesat, masyarakat pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya atau ponsel pintar. merupakan  pengembangan dari ponsel konvensional yang umumnya telah dibekali dengan tercanggih guna memfasilitasi kebutuhan pengguna, baik untuk urusan bisnis, pekerjaan, maupun hiburan.

Ilustrasi: mengganti kartu sim ponsel (sumber: ifixit.com)

Ilustrasi: mengganti kartu ponsel (sumber: ifixit.com)

Layaknya ponsel konvensional, smartphone juga dibekali dengan SIM card slot yang berfungsi untuk meletakkan SIM card dari provider yang digunakan oleh pengguna. Umumnya, slot untuk SIM card ini berjumlah satu untuk masing-masing perangkat. Namun, saat ini juga sudah makin banyak perangkat yang dibekali dengan dual SIM card slot atau SIM card double.

Di tahun 2016 lalu, perusahaan teknologi asal Korea, Samsung, bahkan telah meluncurkan model hybrid SIM card slot. SIM card slot tersebut ditanamkan pada model Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge. Menurut perusahaan asal Negeri Ginseng, selain bisa sebagai wadah SIM card, hybrid SIM card slot juga bisa digunakan sebagai tempat micro SD secara bersamaan.

Sayangnya, banyak konsumen yang mengeluhkan bahwa SIM card miliknya tidak dapat dideteksi oleh slot pada perangkat. Biasanya, SIM card yang tidak terdeteksi akan memunculkan notifikasi atau keterangan ‘SIM card not inserted’, ‘undetected SIM’, ‘SIM initialization failure’, ‘SIM rejected’, dan lainnya, tergantung ponsel yang digunakan.

Pada dasarnya, SIM card yang tidak bisa terbaca di slot adalah karena pengguna sering mengganti-ganti SIM card sehingga kemungkinan besar menyebabkan korsleting pada konektor SIM Di samping itu, penyebab SIM card tidak terbaca juga bisa dari SIM card yang sudah berkarat karena pemakaian yang sudah cukup lama, chip yang berwarna kuning atau tembaga yang ada pada SIM card memang sudah rusak atau kotor, slot SIM card yang sudah tidak kencang lagi sehingga menyebabkan guncangan, dan faktor lainnya.

Jika kartu SIM yang bermasalah, cara untuk membenarkannya adalah membersihkan chip kartu SIM menggunakan penghapus pensil yang terbuat dari karet atau menggunakan kain kering. Pasalnya, kemungkinan chip atau tembaga pada kartu terdapat kotoran karena pemakaian kartu yang sudah cukup lama. Perlu diingat, ketika membersihkan atau menggosok, usahakan jangan terlalu kasar.

Biaya, ganti, slot, sim, card, rusak, tidak, terbaca, merk, tipe, merek, hp, handphone, asus, zenfone, oppo, samsung, murah, fitur, model, pengguna, smartphone, teknologi

Ilustrasi penggantian slot simcard (youtube: TechTag)

Selain itu, bisa juga dengan membersihkan SIM card slot dengan cara yang sama. Pengguna juga bisa memberi lapisan atau ‘disumpal’ menggunakan atau tisu agar kartu SIM tidak bergerak saat ada guncangan, jika SIM card slot pada ponsel dirasa sudah tidak lagi kencang. Usahakan juga ketika memasukkan SIM card ke slot, harus saling mengenai tembaga kuning pada masing-masing bagian agar SIM card bisa terbaca.

Lalu, seandainya cara-cara tersebut tidak ampuh, kemungkinan SIM card slot perangkat memang sudah rusak dan harus diganti. Penggantian SIM card slot ini bisa dilakukan di service center resmi ponsel atau tukang ponsel kenalan. Biaya ganti SIM card slot ini bervariasi, tergantung dan tipe masing-masing ponsel.

Misalnya, untuk merek handphone Samsung atau Sony Xperia biasanya dikenakan biaya Rp50 ribuan sampai Rp150 ribuan. Sementara untuk merk lainnya seperti Asus, Zenfone, Oppo,  Xiaomi, dan Lenovo biayanya lebih murah, yakni Rp35 ribuan sampai Rp60 ribuan. Harga ganti slot sim card untuk hp non Android yang biasanya hanya memiliki fitur SMS dan telepon saja, dibanderol biaya penggantian sebesar Rp25 ribuan, karena slotnya tergolong mudah dicari.

[Update: Galih Conainthata]

Baca juga  Harga Kamera Vlog Canon G7X Mark II (Baru dan Bekas)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Kisaran Biaya Ganti Slot SIM Card"