Khasiat & Harga Jual Daun Mint

No comment28 views

mint biasa Anda temukan di ataupun . tersebut memiliki cita rasa yang khas. Keunikan dari rasanya yang menyegarkan dan memberikan sensasi dingin di mulut membuat mint kerap dijadikan bahan tambahan untuk memperkaya rasa makanan dan minuman.

harga, daun, mint, cita, rasa, khas, kesehatan, diet, ISPA, per, kg, kering, mahal, lebih, di, supermarket, giant, superindo, pasar, tradisional, makanan, minuman, cuaca, dingin, lombok, ciri

Beberapa helai daun mint

Selain biasa digunakan sebagai penghias sajian makanan, daun ini juga kerap dijadikan sebagai bahan pendukung pembuatan permen mint atau pasta gigi. Daun mint juga bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan.

Manfaat Daun Mint Sebagai Pengobatan ISPA

Memanfaatkan daun mint sebagai pengobatan, salah satunya ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) bisa dengan cara merebusnya bersamaan dengan daun lainnya seperti daun sereh dan daun jeruk. Alat untuk merebus daun-daun tersebut adalah rice cooker.

Caranya sangat sederhana sehingga bisa diterapkan di rumah. Langkah pertama yaitu didihkan 1 liter air di dalam rice cooker. Setelah air mendidih masukkan 3 batang sereh, 7 lembar daun jeruk nipis, dan dapat pula ditambah dengan 5 lembar daun mint yang semuanya sudah dibersihkan. Setelah itu tutup rice cooker dan hirup uap yang keluar.

Cara tersebut aman dari jangkauan anak-anak dibanding menggunakan panci yang berisi air panas. Selain itu fleksibel untuk digunakan dalam waktu 15 sampai 30 menit di ruang tidur sambil beristirahat.

Daun sereh, daun jeruk, dan daun mint dinilai mengandung essential oil (sitral, sitronelal, sitronelol, geraniol, limonene, eugenol, metil eugenol, dan mentol) yang dapat membantu mengencerkan dan mengeluarkan lendir yang menyumbat saluran pernapasan. Inhalasi sederhana menggunakan air rebusan daun-daun tersebut dapat menjadi terapi suportif pada penanganan ISPA.

Baca juga  Daftar Harga Segala Jenis Pakan Ternak Pokphand

Manfaat Daun Mint Untuk Diet

Bicara soal diet, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan agar kalori dari makanan yang masuk ke dalam tubuh tak melebihi besarnya kalori yang bisa dibakar oleh tubuh. Misalnya, menyediakan daun mint segar, bisa menjadi salah satu cara yang mudah dan sehat untuk dilakukan.

harga, daun, mint, cita, rasa, khas, kesehatan, diet, ISPA, per, kg, kering, mahal, lebih, di, supermarket, giant, superindo, pasar, tradisional, makanan, minuman, cuaca, dingin, lombok, ciri

Permen karet rasa daun mint

Menurut ahli diet dan ahli gizi Cynthia Sass, daun mint memiliki efek menekan nafsu makan yang hampir sama baiknya dengan obat diet yang dijual di pasaran. Anda bisa mulai menambahkan daun mint pada secangkir teh, perasan air jeruk manis tanpa gula, bahkan pada pasta gigi.

Untuk pilihan yang lebih mudah, Anda bisa menyantap permen karet beraroma mint setidaknya sehari sekali. Namun sayangnya, ini tidak berlaku untuk minuman coklat manis atau es krim beraroma mint.

Aroma mint yang kuat merupakan penekan nafsu makanan alami yang bisa Anda gunakan untuk menekan nafsu makan. Aroma tersebut juga memiliki efek psikologis yang membuat Anda merasa puas setelah menghirup kesegarannya, sehingga bisa menjaga Anda makan berlebihan. Seperti yang Anda tahu, kunci kesuksesan diet adalah makan sesuai porsi dan tak berlebihan.

Baca juga  Berciri Bulat dan Berwarna Putih Susu, Berapa Harga Terbaru Beras Rojolele Kemasan 5kg?

Sass melanjutkan, bila suatu waktu Anda merasa ingin makan yang manis atau asin, memasukkan beberapa helai daun mint segar pada air minum atau teh hangat tanpa gula, bisa membuat hasrat tersebut mereda dalam waktu 20 menit. Caranya, hirup dalam-dalam aroma minta sebelum Anda meneguk minuman tersebut, lakukan perlahan dan rasakan efeknya.

Harga Daun Mint

Di beberapa situs jual beli, daun mint dijual dengan harga Rp 4-5 ribuan per ikat. Ada pula yang menjualnya per kg, dengan membanderol harga Rp 35 ribuan. Harga daun mint akan menjadi lebih mahal apabila Anda membelinya di supermarket seperti Giant, Hypermart, atau Superindo. Harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan harga di pasar tradisional.

Beberapa orang menjadikan daun mint sebagai . Salah satunya Seto Hidayat, salah satu pembudidaya daun mint. Seto menanam pohon mint sejak tahun 2011. Ketika itu ia melihat pasar yang masih terbuka luas. Ia pun menjalin kerja sama dengan jamu supaya produknya bisa disalurkan dengan rutin.

harga, daun, mint, cita, rasa, khas, kesehatan, diet, ISPA, per, kg, kering, mahal, lebih, di, supermarket, giant, superindo, pasar, tradisional, makanan, minuman, cuaca, dingin, lombok, ciri

Daun mint segar belum dipetik (sumber: freshdirect.co.uk)

Menurut Seto, dari setiap lahan seluas 1 m2, bisa dipanen 1 kilogram (kg) daun mint. Alhasil, Seto yang memiliki lahan 1.500 m2, bisa menuai 1.500 kg daun mint setiap kali . Harga jual daun mint basah berkisar Rp 10.000 hingga Rp 15.000 per kg. Adapun harga daun mint kering lebih tinggi lagi, yakni Rp 30.000 hingga Rp 60.000 per kg.

Baca juga  Info Jenis, Manfaat, & Daftar Harga Sayuran Lettuce per Kg

Seto bilang, daun mint bisa dipanen minimal seminggu sekali hingga sebulan sekali. Pasalnya, tingkat kematangan daun mint yang dibutuhkan konsumen berbeda-beda. Namun, biasanya, ia memetik daun mint dua minggu sekali dan menjualnya dalam kondisi basah. Omzet yang bisa dikantongi bisa sampai Rp 30 juta per bulan.

Selain Seto, Nizar Zulmi juga membudidayakan daun mint di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Tapi, berbeda dengan Seto, Nizar lebih banyak menjual daun mint kering. Menurutnya, daun mint kering lebih praktis. Permintaan daun mint kering banyak datang dari Surabaya, Kalimantan, dan Jakarta. Setiap bulan, Nizar sanggup menjual hingga 30 kg daun mint kering.

Harga daun mint kering lebih mahal dikarenakan melewati proses pengeringan selama dua hingga empat hari. Karena itu, Nizar pun menjual daun mint kering seharga Rp 150.000 per kg. Daun mint kering ini sanggup bertahan hingga enam bulan. Pelanggan daun mint kebanyakan datang dari pengusaha restoran atau teh yang menggunakan daun mint sebagai campuran.

Daun mint dari Lombok dikenal memiliki karakteristik tertentu, seperti daun yang lebih lebar. Itu lantaran kondisi tanah vulkanik di kaki Gunung Rinjani sebagai tempat budidaya tanaman mint memiliki tingkat kesuburan yang tinggi. Selain itu, cuaca dingin di kawasan tersebut sangat mendukung pertumbuhan pohon mint hingga tumbuh dengan sangat baik.

loading...

Leave a reply "Khasiat & Harga Jual Daun Mint"