Cara Mengatasi Hidung Tersumbat & Update Harga Larutan Saline untuk Bayi

Masalah biasanya disertai dengan tersumbat, pusing, dan sebagainya. Hal ini rupanya bukan hanya dialami oleh orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak dan . Sebagian anak-anak mungkin sudah mulai belajar untuk mengeluarkan ingusnya sendiri, namun bagaimana dengan bayi? Apalagi bayi yang baru lahir? Tentu para orang tua akan kebingungan karena buah hati mereka kesulitan mengeluarkan lendir dalam hidungnya sendiri.

Ilustrasi: anak terkena pilek (sumber: playwithkids.net)

Ilustrasi: anak terkena pilek (sumber: playwithkids.net)

Hidung tersumbat bukan hanya terjadi karena adanya penumpukan cairan hidung atau ingus dalam hidung bayi. Namun, juga terjadi karena ketika pilek, bagian hidung, pembuluh darah, dan jaringan hidung yang berdekatan pun mengalami pembengkakan. Kondisi macam itu yang seringkali buah hati Anda kesulitan bernapas, merasa kurang nyaman, dan akhirnya rewel terus sepanjang malam.

Pada dasarnya, Anda tak perlu khawatir, sebab pada tahun pertama kehidupannya, bayi biasanya lebih mudah terkena pilek atau karena sistem daya tahan tubuhnya yang masih belum terbentuk dengan baik, sehingga rentan terinfeksi oleh virus yang menyerang tenggorokan dan hidung. Selain disebabkan oleh infeksi, permasalahan tersebut bisa saja terjadi karena paparan polusi dan asap rokok.

Apabila bayi Anda mengalami pilek, sebaiknya segera periksakan ke anak. Anda pun bisa melakukan pertolongan pertama untuk hidung tersumbat pada bayi dengan melakukan beberapa langkah berikut.

Cara Atasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Pakai Obat Saline untuk Hidung

Saline adalah obat semprot hidung yang tersedia dalam bentuk spray (semprot) atau drops (larutan untuk diteteskan ke hidung). Obat satu ini juga kerap disebut nasal spray atau nasal drop yang umumnya aman dipakai untuk bayi, balita, dan juga anak-anak. Larutan saline bekerja dengan cara mengurangi lendir yang menyumbat hidung buah hati Anda.

Agar bayi Anda lebih nyaman, gunakan larutan saline ketika bayi dalam posisi berbaring. Lalu, dongakkan kepala bayi Anda sedikit, selanjutnya semprot atau teteskan larutan saline sesuai dengan yang tertera pada kemasan produk melalui masing-masing lubang hidung bayi Anda. Larutan saline ini berfungsi untuk mengurangi lendir dan juga mengatasi hidung tersumbat. Setelah menggunakan larutan saline, biasanya lendir akan keluar dan bayi Anda mengalami bersin atau batuk.

Sedot Ingus Bayi dengan Bulb Syringe

Bulb syringe atau alat penyedot ingus dapat Anda manfaatkan apabila lendir pada bayi masih belum keluar juga usai menggunakan larutan saline. Cara semacam ini cocok untuk diterapkan pada bayi yang usianya di bawah 6 bulan yang memang masih sulit mengeluarkan ingusnya sendiri.

Menyedot ingus bayi dengan bulb syringe (sumber: romper.com)

Anda dapat memencet bagian yang menggembung pada alat, lalu masukkan pipet dalam lubang hidung dan lepaskan bagian yang menggembung. Cara ini dapat membantu ingus tersedot dalam alat dan melegakan hidung yang tersumbat alias mampet.

Bersihkan Ingus Bayi

Terkadang karena begitu banyak ingus dan lendir yang keluar, akan membuat bayi cukup kesulitan bernapas lantaran sebagian ingus akan mengering dan mengeras. Nah, sebaiknya Anda para orang tua selalu sigap membersihkan ingus di area luar hidung menggunakan tisu atau kapas yang sudah dibasahi dengan sedikit air hangat.

Tepuk Punggung Bayi Secara Perlahan

Bayi yang hidungnya mampet umumnya akan rewel dan kesulitan untuk tidur. Agar bayi Anda tetap nyaman, Anda dapat menepuk-nepuk bagian punggungnya secara pelan dalam posisi tengkurap. Hal ini sekaligus membantu mengeluarkan lendir yang menyumbat hidungnya.

Mengatur Posisi Tidur Bayi

Agar si kecil tidak rewel karena hidungnya tersumbat dan kesulitan bernapas, Anda bisa mengatur posisi tidur dengan kepala yang lebih tinggi dari posisi badan. Dengan posisi demikian, bayi akan lebih mudah bernapas dan lendir dalam hidung pun tidak menggumpal.

Gunakan Pelembap Udara

Pelembap udara atau humidifier juga bisa dijadikan salah satu solusi untuk menangani hidung tersumbat pada bayi. Humidifier bekerja dengan membuat udara dalam ruangan tetap hangat dan lembap agar ingus tidak mengeras dalam hidung. Apabila langkah ini masih gagal juga, Anda dapat menggunakan nebulizer yang kabarnya cukup efektif untuk mengatasi lendir yang mengeras dalam hidung.

Larutan Saline untuk Anak & Bayi

Ilustrasi: memberi larutan saline untuk obat pilek anak (sumber: verywellhealth.com)

Ilustrasi: memberi larutan saline untuk obat pilek anak (sumber: verywellhealth.com)

Merek Larutan SalineHarga
Iliadin Moist 0,65% Drop 30 mlRp24.834
Otrivin 10 ml Nasal DropRp47.507
Breathy Tetes HidungRp50.325
Iliadin Kinder 0,025% 10 mlRp71.339
Afrin Tetes Hidung Paed 10 mlRp86.268
BNS Breathy Nasal Spray 30 mlRp107.360
Aqua Maris Baby Nasal Drop 15 mlRp114.070
Sterimar Baby Nasal Spray 50 mlRp174.192
Avamys Nasal Spray 120 mlRp242.526
Nasonex 60 dosis Nasal Spray 50 mcg/dosisRp268.903
Nasonex 140 dosis Nasal Spray 50 mcg/dosisRp393.711

Informasi daftar harga larutan saline untuk bayi dan anak-anak di atas didapatkan dari berbagai sumber yang ada di internet. Perlu diketahui bahwa harga larutan saline bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Pada tahun sebelumnya, harga larutan saline berkisar antara Rp24.768 hingga Rp371.958 per kemasan.

Anda bisa mencari larutan saline untuk bayi di sejumlah besar layaknya Apotek K24, Kimia Farma, atau toko-toko obat lainnya. Apabila Anda kesulitan untuk menemukan larutan saline untuk bayi di apotek-apotek terdekat, Anda juga bisa membelinya secara online melalui sejumlah situs e-commerce yang ada di Indonesia

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Info Fungsi, Dosis dan Harga Terbaru Salep/Obat Hidrokortison
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Cara Mengatasi Hidung Tersumbat & Update Harga Larutan Saline untuk Bayi"