Info Terbaru Harga Water Heater Ariston (10 Liter, 15 Liter, 30 Liter)

Pernah mendengar nama Ariston? Ini merupakan merk dagang milik Ariston Thermo Group Company. Ariston adalah nama untuk produk pemanas dan pemanas air dengan desain khas Italia. Di pasaran, sudah tersedia beragam tipe water heater keluaran Ariston, termasuk yang berkapasitas 10 liter, 15 liter, dan 30 liter, dengan harga yang cukup bersahabat di kantong.

Water Heater Ariston (sumber: riston.com)
Water Heater Ariston (sumber: riston.com)

Anda mungkin tidak asing lagi dengan water heater atau malah sudah menggunakannya di rumah. Water heater atau alat pemanas air, seperti namanya, adalah alat elektronik yang digunakan untuk memanaskan air secara otomatis hingga mencapai suhu tertentu sesuai dengan kebutuhan.[1] Memang, alat ini bukanlah sebuah hal esensial yang wajib ada di kamar mandi. Namun, dengan water heater, dapat memenuhi kebutuhan air dalam waktu relatif cepat, murah, dan efisien jika dibandingkan dengan memasak air dengan tungku atau api kompor.[2]

Bacaan Lainnya

Dalam hitung-hitungan kasar, seperti dikutip dari Rumah.com, jika tarif dasar listrik adalah Rp1.467,28 per kWh, dengan konsumsi listrik water heater 350 Watt untuk 30 liter, maka penggunaan listrik hanya menghabiskan Rp513,54 per hari atau Rp15.406 per bulan. Sementara itu, apabila memakai kompor gas, penggunaan untuk merebus air selama 30 menit sudah memakan biaya Rp1.166 per hari atau Rp34.980 per bulan, dengan perkiraan biaya per penggunaan kompor sebesar Rp2.333 per jam.

Di pasaran sendiri, sudah ada banyak merk yang merilis water heater, termasuk Ariston. Dilansir dari situs resminya, ini adalah perusahaan berskala global yang telah hadir di lebih dari 150 negara dan sudah diakui untuk produk pemanas dan pemanas air. Tidak hanya bertenaga listrik, Ariston sudah memproduksi water heater dengan tenaga gas, bahkan surya. Berikut varian produk water heater Ariston di pasaran.

Jenis Water Heater Ariston

Varian produk water heater Ariston (sumber: ariston.com)
Varian produk water heater Ariston (sumber: ariston.com)
  • Pemanas air tenaga surya. Produk ini sebagian besar terbuat dari bingkai aluminium, tahan cuaca, kaca anti-reflektif, tahan hujan, serta penyerapan dan perawatannya selektif dengan titanium dioksida. Produk bertenaga surya ini dirancang dan dibentuk untuk operasi optimal melalui sistem sirkulasi dengan pompa. Beberapa tipe produknya antara lain Kairos CF 2.0, Kairos Fast 200-2, Kairos Fast 300-2, Kairos Thermo Direct 150-1/TR, Kairos Thermo HF, Kairos Extra CD1 400-500, dan Kairos XP 2.5.
  • Pemanas air heat pump. Produknya antara lain Nuos Primo 80-100, Nuos Floor Standing 200-250-250SYS, dan Nuos Evo Split 300. Produk heat pump ini dari udara sebagai sumber terbarukan untuk kenyamanan maksimal dan penghematan energi. Produk ini dinilai fleksibel dan mudah untuk pemasangan.
  • Pemanas air listrik. Produk jenis ini termasuk yang banyak dicari masyarakat karena sudah familiar cara penggunaannya karena tenaga listrik. Adanya teknologi constant temperature akan menjaga suhu air tetap stabil. Selain itu, desainnya juga terbilang premium dengan fitur yang dilengkapi dengan keamanan ekstra. Beberapa produknya antara lain Aures Luxury, Aures Smart, Aures Easy, Andris Lux, SLIM 30 DL, SLIM 20, Andris RS 15-30, dan Andris 15-30.
  • Pemanas air gas. Setidaknya, ada tiga produk yang ditawarkan yaitu S/SGA 50-80-100, SGA 120-150-200-300. dan NHRE 18-26-36-60-90. Produk ini berbahan bakar gas dengan sirkulasi udara alami dan tidak memerlukan sambungan listrik.
Baca juga  Update Harga Mesin Cuci LG Turbo Drum (Semua Tipe)

Di pasaran, seperti disampaikan di atas, sudah ada berbagai macam pemanas air Ariston. Selain tenaga yang digunakan, produk ini juga bisa dibedakan berdasarkan kapasitas tampung airnya. Jika Anda sedang berburu water heater Ariston dengan kapasitas 10 liter, 15 liter, atau 30 liter, berikut kami sajikan informasi harga terbarunya di dalam negeri.

Harga Water Heater Ariston 10 Liter

Varian Water Heater Ariston Harga
Ariston Water Heater AN2 10B 200 Watt Rp1.399.000 – Rp1.480.000
Ariston Water Heater AN2 10R 200 Watt Rp1.650.000 – Rp1.750.000

Harga Water Heater Ariston 15 Liter

 

Varian Water Heater Ariston Harga
Ariston Water Heater AN 15R 350 Watt Rp1.999.000
Ariston Water Heater Andris AN15R Rp2.002.500
Ariston Water Heater AN 15RS 350 Watt Rp2.100.000
Ariston Water Heater TI-SHAPE 15 500 Watt Rp2.750.000

Harga water heater Ariston 15 liter di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko perkakas elektronik. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, harganya sedikit turun. Varian Ariston TI-SHAPE 15 500 Watt misalnya, awalnya dijual Rp2,995 juta dan sekarang turun menjadi Rp2,75 juta. Sementara itu, harga Ariston Andris AN15R yang semula Rp2,145 juta, saat ini menjadi Rp2 jutaan.

Baca juga  Info Terbaru Harga La Marzocco Linea Mini, Mesin Pembuat Kopi Espresso
Harga Water Heater Ariston - (YouTube: Oto Pilot)
Harga Water Heater Ariston – (YouTube: Oto Pilot)

Harga Water Heater Ariston 30 Liter

Varian Water Heater Ariston Harga
Ariston Water Heater Dove Plus 30 Rp1.799.000
Ariston Water Heater AN30R Rp2.649.000
Ariston Water Heater SLIM 30 DL Rp3.400.000

Seperti water heater Ariston 15 liter, harga water heater Ariston 30 liter di atas juga sudah kami rangkum dari bermacam-macam sumber. Jika dibandingkan tahun lalu, harganya ada yang naik dan ada yang turun. Water heater Ariston AN30R misalnya, awalnya dijual Rp2,49 juta dan sekarang sedikit naik menjadi Rp2,64 jutaan. Sebaliknya, harga Ariston SLIM 30 DL yang semula Rp4 juta, saat ini turun menjadi Rp3,4 jutaan.

Tips Memilih Water Heater

Water Heater Ariston - (Youtube: Karmin Peta)
Water Heater Ariston – (Youtube: Karmin Peta)
  • Sebaiknya Anda pertimbangan jumlah penghuni di rumah. Hal ini berkaitan dengan perbedaan kapasitas tangki air. Misalnya, tangki 15 liter itu idealnya untuk 2 orang penghuni. Sementara, water heater dengan tangki 30 liter bisa dipakai untuk 3 sampai 4 orang. Oleh karena itu, jika Anda salah mempertimbangkan jumlah penghuni yang akan memakai water heater, mandi air hangat akan terhambat karena membutuhkan waktu untuk menunggu airnya
  • Untuk water heater, rumah Anda memerlukan 2 instalasi pipa, yaitu pipa untuk air dan pipa untuk air dingin. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu instalasi pipa di rumah. Nantinya, hal ini pun bisa berkaitan dengan peletakan water heater-nya, apakah akan diletakkan di dalam kamar mandi atau di area lain. Namun kini, sebenarnya beberapa produk water heater sudah ada yang memiliki desain yang unik dan menarik, sehingga ketika dipasang di dalam kamar mandi sekalipun, masih tetap artistik.
  • Jangan sampai Anda salah memilih water heater yang tidak sesuai dengan kapasitas daya listrik di rumah Anda. Sesuaikan dengan kapasitas yang dimiliki, sehingga water heater bisa berjalan dengan lancar tanpa mengganggu urusan listrik lainnya. Misalnya Anda memilih produk Ariston, kini produk tersebut memberikan solusi dengan menyajikan produk yang hemat listrik yang disesuaikan dengan kapasitas airnya. Seperti water heater yang berkapasitas 15, 20 dan 30 liter bisa digunakan di rumah dengan kapasitas daya listrik 350 watt.
  • Sebelum menentukan jenis water heater, Anda perlu menentukan juga beberapa hal yang akan dihadapi dalam hal perawatan dan operasionalnya. Misalnya, water heater berenergi tata surya tentu saja akan memiliki harga yang tinggi untuk membelinya, namun ini merupakan invest yang berjangka panjang, karena Anda sudah tidak perlu lagi untuk memikirkan biaya listrik atau gas. Sama halnya dengan yang berenergi listrik atau gas, tentunya Anda perlu menyiapkan biaya pengeluaran untuk membayar listrik atau gas untuk pengoperasian water heater.
Baca juga  Harga Kulkas Polytron 2 Pintu (Berbagai Tipe)

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah masalah sistem keamanannya. Untuk produk Ariston, diklaim sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang sudah memperoleh sertifikat keamanan dari International Electrotechnical Commission dan Singapore Standards. Untuk perawatannya pun, Anda perlu memperhatikan seperti anti-karat atau anti-bocor yang bisa menjaga water heater Anda beroperasi jangka panjang.

 

 

[1] Frengky, Jacky Frans. 2016. Pembuatan Alat Pemanas Air Tenaga Surya Sederhana untuk Mengetahui Laju Konveksi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FKIP Prodi Fisika Universitas Pasir Pengaraian, Vol. 1(2).

[2] Virargo, Leonardo Wayan Yoshi. 2015. Karakteristik Water Heater dengan Panjang Pipa Pemanas 8 Meter dan Diameter 0,5 Inci (Skripsi). Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.