Harga Terbaru Tupai/Bajing Kelapa Jinak

No comment13623 views

Tupai alias bajing menjadi salah satu hewan yang sering dipelihara karena mudah ditemukan di alam liar. Selain itu, karakteristik tupai yang lincah, lucu, dan mudah dijinakkan membuat banyak orang tertarik untuk memeliharanya di rumah.

Ada banyak tupai di Indonesia, mulai dari tupai kekes, tupai terbang (Flying Squirrel), hingga tupai kelapa. tupai kelapa sendiri tergolong yang banyak disukai karena perawatannya tidak terlalu merepotkan.

Tupai Kelapa - www.pecintabinatang.com

Tupai kelapa merupakan sejenis mamalia berukuran kecil yang termasuk dalam bajing (Sciuridae). Jenis tupai kelapa (Plantain squirrel) atau binatang yang memiliki nama ilmiah Callosciurus notatus ini bisa ditemui dengan mudah di sejumlah kawasan Indonesia seperti Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, dan Lombok.

Binatang kecil dengan ekor yang bentuknya menyerupai sikat ini memiliki panjang kepala dan tubuh sekitar 150 mm hingga 225 mm, serta ekornya berukuran antara 160 mm hingga 210 mm. Berat tupai kelapa sendiri berkisar antara 150 gam hingga 280 gram.

Tupai kelapa memiliki ciri-ciri sisi atas tubuh berwarna kecoklatan dengan bintik-bintik halus kehitaman dan kekuningan. Pada bagian samping tubuh agak ke bawah, di antara tungkai depan dan belakang, ada garis strip berwarna bungalan (pucat kekuningan) dan hitam. Beberapa jenis anakan memiliki setrip yang agak pudar. Sementara, bagian sisi bawah tubuh (perut) berwarna jingga atau kemerahan, terang atau agak gelap. Bagian ekor tupai kelapa berwarna coklat kekuningan dengan belang-belang hitam.

Bajing kelapa termasuk hewan diurnal yang aktif pada siang hari. Sesuai dengan namanya, tupai kelapa kerap ditemukan berkeliaran di cabang dan ranting pohon atau melompat di antara pelepah daun yang ada di kebun kelapa atau kebun-kebun lain. Meskipun tingkahnya lucu dan menggemaskan, hewan ini ternyata dianggap oleh petani kelapa karena tupai ini akan melubangi dan memakan buah kelapa, baik yang muda maupun yang tua.

Selain kelapa, tupai kelapa juga memakan berbagai buah-buahan, pucuk, hingga serangga. Ada pula beberapa tupai kelapa yang terkadang merusak kulit ranting karet untuk menjilati getahnya. Di Indonesia, tupai kelapa banyak diperjualbelikan mulai usia satu hingga tiga bulanan karena di usia tersebut tupai kelapa dianggap sudah tak rentan lagi. tupai kelapa berkisar mulai Rp120 ribuan hingga Rp275 ribu, tergantung usia dan ukurannya.

Tupai/Bajing Kelapa - www.projectnoah.org

Tupai/Bajing Kelapa - www.projectnoah.org

Harga Tupai/Bajing Kelapa Jinak

Kriteria Tupai KelapaHarga
Tupai kelapa anakan umur 1,5 – 2 bulanRp120.000
Tupai kelapa usia 1 – 3 bulan di Rp140.000
Tupai kelapa jinak usia 1 bulan di Jakarta TimurRp145.000
Anak tupai kelapa umur 2 bulan di JatinegaraRp155.000
Tupai kelapa usia 2 bulan di Jakarta SelatanRp155.000
Bajing/tupai kelapa umur di atas 2 bulanRp160.000-Rp275.000

Itulah harga tupai/bajing kelapa jinak. Pastikan jika Anda bisa merawat tupai dengan baik setelah membelinya. Perhatikan makanan serta minuman yang perlu dikonsumsi oleh tupai. Anda juga harus ingat waktu untuk selalu memberinya makanan dengan rutin. Harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu, ini tergantung daerah dan tempat Anda membeli tupai.

[Almasshabur]

Baca juga  Harga Buku Tulis Besar 1 Pack dan Eceran
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Harga Terbaru Tupai/Bajing Kelapa Jinak"