Info Terbaru Harga Tupai/Bajing Kelapa Jinak

No comment11249 views

Tupai alias bajing saat ini menjadi salah satu yang banyak dipelihara karena masih mudah ditemukan di alam liar. Selain itu, karakteristik tupai yang lincah, lucu, dan mudah dijinakkan membuat banyak orang tertarik untuk memeliharanya di .

Tupai Kelapa - www.pecintabinatang.com

Tupai Kelapa - www.pecintabinatang.com

Ada banyak tupai di Indonesia, mulai dari Tupai Kekes, Tupai Terbang (Flying Squirrel), hingga Tupai Kelapa. tupai kelapa sendiri tergolong yang banyak disukai karena perawatannya tidak terlalu merepotkan.

Tupai kelapa merupakan sejenis mamalia berukuran kecil yang termasuk dalam bajing (Sciuridae). Jenis tupai kelapa (Plantain squirrel) atau yang memiliki nama ilmiah Callosciurus notatus ini bisa ditemui dengan mudah di sejumlah kawasan Indonesia seperti Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, dan Lombok.

Binatang kecil dengan ekor yang bentuknya menyerupai sikat ini memiliki panjang kepala dan sekitar 150-225 mm, serta ekornya berukuran antara 160-210 mm. Berat tupai kelapa sendiri berkisar antara 150 hingga 280 gram.

Baca juga  Update Biaya Ziarah ke Betlehem (Bethlehem)

Tupai kelapa memiliki -ciri sisi atas tubuh berwarna kecokelatan dengan bintik-bintik halus kehitaman dan kekuningan. Pada bagian sisi samping tubuh agak ke bawah, di antara tungkai depan dan belakang ada garis strip berwarna bungalan (pucat kekuningan) dan hitam. Beberapa jenis anakan memiliki warna setrip yang agak pudar. Sedangkan bagian sisi bawah tubuh (perut) berwarna jingga atau kemerahan, terang atau agak gelap. Bagian ekor tupai kelapa berwarna cokelat kekuningan dengan belang-belang hitam.

Bajing kelapa termasuk hewan diurnal yang aktif pada siang hari. Sesuai dengan namanya, tupai kelapa kerap ditemukan berkeliaran di cabang dan ranting pohon atau melompat di antara pelepah daun yang ada di kebun kelapa atau kebun-kebun lain. Meskipun tingkahnya lucu dan menggemaskan, hewan ini ternyata dianggap hama oleh petani kelapa karena tupai ini akan melubangi dan memakan buah kelapa, baik yang muda maupun yang tua.

Baca juga  Update Harga Tiket Taman Rekreasi Zoo Kemaman di Malaysia

Selain kelapa, tupai kelapa juga memakan berbagai buah-buahan, pucuk, hingga serangga. Ada pula beberapa tupai kelapa yang terkadang merusak ranting karet untuk menjilati getahnya. Di Indonesia, tupai kelapa banyak diperjual-belikan mulai usia 1-3 karena di usia tersebut tupai kelapa dianggap sudah tak rentan lagi. tupai kelapa berkisar mulai Rp 100 ribuan hingga Rp 160 ribu, tergantung usia dan ukurannya.

Berikut daftar harga terbaru tupai kelapa di beberapa di Indonesia.

Kriteria Tupai KelapaHarga
Tupai kelapa anakan umur 1,5 – 2 bulanRp 100.000
Tupai kelapa usia 1 – 3 bulan di SurabayaRp 120.000
Tupai kelapa jinak usia 1 bulan di Jakarta TimurRp 125.000
Anak tupai kelapa umur 2 bulan di JatinegaraRp 135.000
Tupai kelapa usia 2 bulan di Jakarta SelatanRp 135.000
Bajing / tupai kelapa umur di atas 2 bulanRp 160.000
Baca juga  Harga Sekrup Baja Ringan (per Biji dan per Dus)
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terbaru Harga Tupai/Bajing Kelapa Jinak"