Manfaat dan Harga Terbaru Gliserin di Apotik dan Toko Online

Bagi Anda kaum yang kerap membeli -produk kosmetik atau perawatan (skincare), tentu sudah tidak asing lagi dengan gliserin. Gliserin alias glycerin selama ini menjadi sebuah material yang banyak digunakan di kosmetik, makanan, maupun obat-obatan. Dengan harga yang cukup terjangkau, Anda bisa membeli ini di apotek (apotik) maupun berbagai situs jual beli online lokal.

Ilustrasi: gliserin untuk kecantikan (sumber: lifestyloeonthego.com)

Ilustrasi: gliserin untuk (sumber: lifestyloeonthego.com)

Gliserin sendiri berwujud cairan bening yang kerap dipakai untuk membuat obat, makanan, sabun, dan masih banyak lagi. Gliserin memiliki tekstur kental, tidak berwarna alias bening, dan rasanya manis. Gliserin mempunyai titik didih tinggi dan jika membeku bentuknya akan berubah menjadi pasta. Cairan ini begitu populer di dunia kecantikan karena memiliki sifat ‘humektan’, yakni dapat menyerap air dari lingkungan. Karena itu, gliserin sering disebut-sebut dapat menjaga kelembapan. Gliserin juga bisa dilarutkan dengan mudah menjadi alkohol dan air, tetapi tidak bisa menjadi minyak.

Bahan dasar pembuatan gliserin dari waktu ke waktu terus mengalami perubahan. Dulunya, gliserin sempat didapat dari perajin lilin, yakni dengan cara mengombinasikan lemak hewan dengan larutan alkali. Saat kedua bahan ini dicampurkan, maka akan terbentuk sabun dan gliserin. Gliserin diklaim memiliki banyak kegunaan dalam kehidupan sehari-hari, mulai untuk produk makanan dan minuman, produk kosmetik, hingga untuk kecantikan kulit wajah. Berikut ini info lengkap khasiat gliserin.

Manfaat Gliserin untuk Makanan & Minuman

  • Bermanfaat sebagai humektan yang dapat dijadikan pelarut, pemanis, dan membantu mengawetkan makanan.
  • Melarutkan rasa yang ada pada vanili dan pewarna makanan.
  • Sebagai filter atau penyaring rendah lemak pada produk cemilan dan rokok.
  • Pelembut atau pelunak kue, permen, dan keju.
  • Sebagai pengemulsi makanan.
  • Dijadikan ester poligliserol pada pembuatan produk margarin.

Manfaat Gliserin untuk Produk Kosmetik

  • Diklaim membersihkan wajah dari kotoran seperti debu dan polusi.
  • Membantu mengurangi jerawat.
  • Mengatasi kulit kering serta eksim dan psoriasis.
  • Mengatasi kulit bibir yang kering dan pecah-pecah.
  • Memperlambat penuaan pada kulit serta mengurangi kerutan pada wajah.
  • Sebagai pelembap untuk kulit wajah.

    Gliserin, harga, apotek, apotik, situs, lokal, online, glycerin, kemasan, ukuran, industri, kosmetik, makanan, obat, manfaat, botol, kulit

    Kemasan botol gliserin (youtube: Sooraj Mohan)

Manfaat Gliserin untuk Kulit Wajah

  • Mengembalikan kelembapan kulit.
  • Mengatasi masalah kulit, khususnya yang diakibatkan oleh bakteri.
  • Melindungi kulit dari sinar ultraviolet.
  • Menghilangkan flek hitam pada wajah.
  • Menjaga elastisitas kulit.
  • Membersihkan kotoran pada kulit.
  • Mencegah terjadinya alergi pada kulit.

Selain bermanfaat untuk sejumlah penggunaan di atas, gliserin juga disebut-sebut memiliki kegunaan lain. Misalnya saja untuk digunakan sebagai toner yang dapat menyegarkan kulit dan mengembalikan tingkat pH kulit, membuat telapak kaki bebas dari kulit pecah-pecah, membuat bibir tetap lembut, mengobati sariawan, mengatasi psoriasis dan eksim, mencerahkan kuku, dan masih banyak lagi.

Keberadaan gliserin belakangan ini menjadi semakin populer karena hampir sebagian besar beauty blogger, vlogger, dan sebagainya memamerkan aksi mereka menggunakan gliserin langsung sebagai bagian dari perawatan kulit wajah harian mereka. Jika Anda mencari di sejumlah situs berbagi video maupun media sosial, Anda akan dengan mudah menemukan sejumlah beauty blogger yang membagikan tips dan manfaat dari penggunaan gliserin.

Beberapa orang yang pernah mencoba gliserin untuk kulit mengatakan bahwa gliserin lebih cocok digunakan bagi mereka yang memiliki jenis kulit kering (dry). Cara pemakaian gliserin bagi setiap orang kemungkinan akan berbeda-beda, namun beberapa make up artist (MUA) menganjurkan gliserin dipakai dengan perbandingan 1:5, yakni 2 tetes gliserin dicampur dengan 10 tetes air, kemudian baru dioleskan ke seluruh wajah.

Ramuan gliserin tersebut juga kabarnya lebih cocok digunakan sebelum tidur, sebab jika digunakan pada siang hari, maka kulit wajah Anda akan terlihat ‘flaky’ atau mengeripik. Kemudian, pada pagi hari setelah bangun tidur dan dibilas, maka hasilnya menjadi lembut. Namun, hasil tersebut bisa berbeda-beda untuk setiap orang. Ada yang mengaku cocok menggunakan gliserin, namun ada pula yang mengaku kurang cocok dan kulit menjadi berjerawat. Sebelum memutuskan untuk mencoba bahan ini, Anda perlu menyimak tips berikut.

Ilustrasi: gliserin untuk perawatan wajah (sumber: metdaan.com)

Ilustrasi: gliserin untuk perawatan wajah (sumber: metdaan.com)

Tips Perawatan dengan Gliserin

  • Usahakan untuk mengencerkan gliserin dengan air terlebih dahulu sebelum diaplikasikan ke wajah, terutama jika Anda termasuk pemilik jenis kulit yang berminyak.
  • Jangan membiarkan gliserin terlalu lama diaplikasikan ke kulit, sebab akan mengakibatkan debu atau kotoran lain lebih cepat menempel di wajah Anda.
  • Jangan memakai gliserin dalam jumlah atau dosis yang banyak.
  • Usahakan membersihkan wajah dengan benar agar tidak ada kotoran yang tersisa.

Harga Gliserin

Gliserin biasanya banyak dijual secara eceran di apotek yang ada di berbagai kota seperti Apotek Kimia Farma dan sebagainya. Umumnya apotek menyediakan gliserin berbahan food grade yang dikemas dalam botol kecil sekitar 100 ml hingga yang paling besar botol berisi gliserin 1.000 ml alias 1 .

Di salah satu apotik, gliserin dalam kemasan botol kecil berukuran 8 ml sekarang dijual dengan harga hanya Rp4.000. Sementara, di beberapa situs jual beli online, gliserin kemasan 100 ml sekarang ditawarkan dengan harga mulai Rp10.000, sedangkan kemasan 120 ml dijual di kisaran harga Rp15.000 sampai Rp18.000. Jika Anda ingin membeli gliserin dengan ukuran 1.000 ml, harganya saat ini berkisar Rp50.000 sampai Rp96.000 per botol.

Harga di setiap apotik kemungkinan bisa berbeda-beda. Karena itu, Anda bisa langsung menanyakan ketersediaan dan harga gliserin di apotek-apotek terdekat jika hendak membeli gliserin. Apabila kesulitan mencari gliserin di sekitar daerah Anda, Anda juga bisa membeli gliserin secara online karena beberapa apotek ada yang melayani penjualan gliserin secara online.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Harga Berbagai Jenis Lipstik Maybelline Terlengkap dan Terbaru
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Manfaat dan Harga Terbaru Gliserin di Apotik dan Toko Online"