Update Harga Cat Kiloan di Pasaran 

No comment16684 views

Bagi Anda yang ingin merenovasi tempat tinggal, salah satu langkah yang umum dilakukan adalah dengan mengecat ulang dinding hunian. Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, kini telah hadir berbagai macam merk yang ditawarkan di banyak toko , baik offline maupun online, dengan harga bervariasi. Namun, untuk Anda yang hanya memiliki bujet terbatas, tidak ada salahnya jika Anda membeli cat kiloan.

Ilustrasi: Mengecat Tembok (credit: refinohomes)

Ilustrasi: Mengecat Tembok (credit: refinohomes)

Pengertian Cat Tembok

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan cat. Ini merupakan suatu cairan yang digunakan untuk melapisi permukaan suatu bahan dengan tujuan memperindah (decorative), memperkuat (reinforcing), atau melindungi (protective) bahan tersebut. Setelah digunakan pada permukaan dan mengering, cat akan membentuk lapisan tipis yang melekat kuat dan padat pada permukaan tersebut.

Berdasarkan jenis pelarut yang digunakan, cat dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori, yaitu cat minyak, cat thinner, dan cat air. Cat minyak adalah cat yang menggunakan bahan pelarut minyak rantai panjang (oil based paint), cat thinner menggunakan thinner sebagai bahan pelarut utama (solvent based paint), sedangkan cat air memakai air sebagai bahan pelarut utama (water based paint).

Selain itu, dikenal juga cat tembok, yaitu, produk cat yang digunakan khusus untuk tembok atau dinding dan karenanya tidak dapat digunakan untuk mengecat bahan-bahan lainnya. Cat tembok ini memiliki pengaruh yang besar terhadap keindahan rumah. Rumah yang tadinya terlihat suram, akan tampak lebih segar dan ceria jika menggunakan cat dengan warna yang fresh atau pemilihan warna yang tepat.

Setelah dilapiskan pada permukaan dan mengering, cat tersebut akan membentuk lapisan tipis yang melekat kuat pada permukaan. Proses pelekatan cat ke permukaan ini dapat dilakukan dengan beragam , antara lain diusapkan, dilumurkan, dikuaskan, atau disemprotkan. Teknik penyemprotan dikatakan lebih praktis karena tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga.

Ilustrasi: Harga Cat Tembok (credit: handy)

Ilustrasi: Harga Cat Tembok (credit: handy)

Sayangnya, tidak semua cat yang dijual di sanggup melindungi tembok dengan sempurna, terutama dari serbuan air. Seperti diketahui, jika dinding terlalu sering terpapar air, akan menimbulkan lumut dan jamur, sehingga membuat cat mengelupas dan warnanya tidak elok. Selain itu, dinding yang kerap terkena air akan lebih mudah keropos.

Nah, sebagai solusi, sejumlah produsen kemudian merilis produk cat yang diklaim tahan air. Biasanya, cat tahan air ini diberi embel-embel waterproof dalam kemasannya. Cat ini adalah cat pelapis yang tahan air dan bisa digunakan di dalam rumah Anda, khususnya di , ruang bawah , dan beberapa ruangan yang mudah lembap. Sementara, untuk penggunaan di luar rumah, bisa diaplikasikan untuk perahu, birdbaths, atau tangki air. Cat ini biasanya dibuat dengan bahan lateks, minyak, atau concrete base yang bisa memberikan seal serat tahan air yang kuat.

Di pasaran sendiri, cat tembok tahan air atau waterproof sudah hadir dalam banyak merk. Beberapa yang populer, sebut saja No Drop, Nippon Paint Elastex, Welproof, Bitadur, Bitacem 120, Dulux Aquashield, Jotun Jotaplast, Aquaproof, serta Propan DLI 480 Decorlotus. Harganya bervariasi, mulai Rp40 ribuan sampai jutaan rupiah, tergantung dan kemasan.

Kelebihan Cat Kiloan

Sayangnya, tidak semua konsumen mampu membeli cat tembok bermerk seperti yang sudah disebutkan di atas. Nah, sebagai alternatif yang lebih murah, kini banyak ditawarkan cat tembok kiloan.  Cat tembok kiloan memang sering dijadikan pilihan para konsumen yang memiliki anggaran tidak banyak untuk mewarnai dinding rumahnya, baik untuk kebutuhan renovasi tempat tinggal maupun sedang mendirikan bangunan baru. Harga jual yang lebih terjangkau menjadi alasan utama konsumen memilih cat kiloan ini, selain kualitas produk yang tidak jarang mendekati kualitas cat-cat dengan merek ternama.

Sebenarnya, cat kiloan ini memiliki komposisi bahan yang hampir menyerupai cat merk-merk terkenal pada umumnya. Namun, karena diproduksi oleh perorangan atau unit usaha kecil tanpa menggunakan brand terdaftar dan tanpa mengejar kualitas yang benar-benar mumpuni, maka produk cat ini sering dijual dengan sistem curah per kilogram sesuai dengan permintaan konsumen.

Harga Cat Kiloan

Seperti dijelaskan sebelumnya, selain cat tembok dengan merek-merek terkenal, saat ini sudah banyak pedagang atau toko bangunan yang menjual cat tembok kiloan, baik secara offline maupun online. Di salah satu situs jual beli online misalnya, cat tembok kiloan sekarang dijual dengan harga mulai Rp7.000 hingga Rp15 ribuan untuk kualitas standard (setara Vinilex Pro 1000). Sementara, yang diklaim punya kualitas super, ditawarkan dengan harga Rp20 ribu sampai Rp48 ribuan per kilo.

Kemasan cat kiloan warna-warni (sumber: Tokopedia)

Kemasan cat kiloan warna-warni (sumber: Tokopedia)

Sebagai perbandingan, pada tahun sebelumnya, cat ini dilepas dengan harga Rp7.500 sampai Rp13.000 per kg, dan hadir dalam varian warna, seperti ungu, merah, oranye, biru, kuning, dan cokelat. Salah satu toko bangunan dalam situs resminya juga ada yang menawarkan cat kiloan dengan harga mulai Rp10.000 per kilogram untuk warna standard dan Rp20.000 per kilogram untuk warna khusus.

Jika Anda rajin menelusuri situs jual beli online, Anda juga dapat menemukan pedagang yang menawarkan cat tembok kiloan dengan harga Rp30.000 yang ditempatkan dalam sebuah ember. Sementara itu, cat tembok kiloan yang diklaim water shield dan anti-noda, sekarang ditawarkan dengan harga berkisar Rp40 ribu sampai Rp50 ribuan.

Karena memiliki harga yang tergolong hemat, kualitas cat kiloan memang banyak diragukan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa menyiasati kekurangan tersebut jika tahu tentang trik atau cara tepat mengecat rumah dengan cat kiloan ini. Berikut kami sampaikan trik khusus agar warna cat tembok kiloan berharga murah tidak lekas pudar.

Tips Mengecat Tembok Kiloan

Cat seluruh tembok rumah dengan warna sesuai selera. Untuk proses pengecatan ini, disarankan Anda menggunakan kuas roll agar hasilnya merata. Pasalnya, jika Anda menggunakan coating dan banner, maka akan terlihat belang. Selain itu, usahakan cat awal memiliki warna yang lebih muda dari warna yang diinginkan nantinya. Karena, setelah melewati proses coating, warna akan berubah menjadi lebih tua.

Setelah dinding dicat dengan merata dengan warna idaman, tunggu cat tersebut sampai kering. Langkah selanjutnya adalah tinggal melapisi dinding tersebut dengan coating dan banner. Campurkan coating dan banner dengan perbandingan 1 banding 2, lalu aduk hingga merata. Setelah rata, Anda tinggal melapisi cat dinding dengan campuran coating dan banner tadi menggunakan kuas. Jika dirasa masih kurang, maka lakukan pelapisan dua sampai tiga kali setelah coating sebelumnya agak mengering.

[Update: Panca]

Baca juga  Harga Besi Kanal H Beam (per Kg dan per Batang)
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Cat Kiloan di Pasaran "