Update Harga Kue Lidah Kucing per Toples (Semua Varian)

Sebagian besar dari Anda tentu sudah pernah mencicipi kerenyahan dan kelezatan kering lidah kucing, bukan? satu ini juga termasuk favorit yang hampir selalu ada ketika momen . Meski bentuknya cukup sederhana, hanya berupa kue tipis berbentuk lonjong, nyatanya lidah kucing cukup digemari oleh berbagai kalangan berkat rasanya yang manis dan aroma menteganya yang khas. Bahkan, bila dibandingkan dengan kue-kue kering lainnya, kue lidah kucing juga relatif terjangkau.

Kue lidah kucing (sumber: dianabakery.id)

Kue lidah kucing (sumber: dianabakery.id)

Kue kering asal Belanda ini awalnya dinamai katetong, namun kemudian diartikan secara literal menjadi kue lidah kucing karena bentuknya yang memang menyerupai lidah kucing, tipis dan panjang. Kue tipis ini memiliki berat sekitar 4-5 gram dan mengandung kalori sekitar 18 kkal per buahnya. Meski kandungan kalorinya rendah, jika memakan kue lidah kucing setoples seorang diri, tentu saja akan membuat berat badan Anda bertambah.

Cara membuat kue kering lidah kucing relatif mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga hampir sama dengan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue-kue kering pada umumnya, yakni tepung terigu, gula, mentega, dan juga telur. Apabila Anda memiliki bakat memasak dan ingin mencoba membuat kue lidah kucing sendiri di , Anda bisa menyimak resep kue lidah kucing berikut ini.

Resep Kue Kering Lidah Kucing

  • 600 gram mentega
  • 350 gram gula halus
  • 1 sdt pasta vanili
  • 600 gram tepung terigu protein rendah
  • 50 gram susu bubuk full cream
  • 2 sdm gula pasir
  • 4 butir putih telur
  • 2 butir kuning telur

Cara Membuat Kue Lidah Kucing

Ilustrasi: membuat kue lidah kucing

Ilustrasi: membuat kue lidah kucing

  • Kocok mentega, gula halus, pasta vanili dengan mixer hingga berwarna putih pucat. Kemudian, tambahkan kuning telur dan kocok kembali sampai adonan mengembang.
  • Campur tepung terigu dan susu, ayak sambil dimasukkan ke dalam adonan telur.
  • Masukkan adonan putih telur secara bertahap ke dalam adonan kuning telur sambil diaduk hingga merata dengan spatula.
  • Tuangkan adonan yang sudah jadi ke dalam plastik segitiga yang telah dipasangi spuit motif polos di ujungnya, kemudian semprotkan secukupnya di atas cetakan lidah kucing. Panggang dalam oven bersuhu 160 derajat Celcius selama 20 menit.

Bagaimana? Sangat mudah bukan membuatnya? Anda bisa langsung berburu bahan-bahan yang dibutuhkan dan bereksperimen membuat kue lidah kucing sendiri di rumah. Namun sayang, meski bahan dan cara pembuatannya cukup mudah, masih banyak orang yang sering gagal membuat kue lidah kucing.

Permasalahan utama biasanya terletak di tingkat kematangan kue itu sendiri. Beberapa orang ada yang terlalu gosong saat memanggangnya di dalam oven dan sebaliknya, ada yang terlalu khawatir dengan gosong hingga bagian tengah kue lidah kucing yang sedang dipanggang ternyata belum matang seutuhnya.

Daripada Anda harus direpotkan dengan kegiatan kocok-mengocok adonan, mengukur takaran bahan, hingga menentukan suhu yang tepat, tidak ada salahnya jika Anda membeli kattetong alias kue lidah kucing yang sudah jadi. Biaya yang dikeluarkan mungkin akan sedikit lebih mahal dibandingkan membuat kue lidah kucing sendiri. Namun setidaknya, Anda tak perlu buang-buang waktu atau tenaga di dapur untuk menciptakan kue lidah kucing yang sempurna dan lezat.

Harga Kue Lidah Kucing

Harga, kue, lidah, kucing, per, toples, nastar, kastengel, putri salju, kering, murah, di, pasaran, resep, varian, coklat, vanilla, rainbow, kg, kattetong

Sajian kue lidah kucing untuk camilan (Instagram: @renych_)

Kue Lidah KucingHarga
Kue Lidah Kucing Keju Rp18.000 per toples
Kue Lidah Kucing CokelatRp18.000 per toples
Kue Lidah Kucing PandanRp18.000 per toples
Kue Lidah Kucing Deluxe Small PackageRp25.000 per toples
Kue Lidah Kucing Biskuit 250 grRp35.000 per toples
Kue Lidah Kucing Wijsman Rp40.000 per toples
Kue Lidah Kucing Green Tea (Matcha)Rp40.000 per toples
Kue Lidah Kucing Rainbow Rp70.000 per toples
Kue Lidah Kucing Wijsman 500 grRp80.000 per toples
Kue Lidah Kucing NegroRp95.000 per toples
Kue Lidah Kucing Chocolate Almond Size LRp100.000 per toples

Harga kue lidah kucing di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk kue serta jual beli online. Harga kue lidah kucing di atas tidak mengikat dan bisa berbeda-beda di masing-masing tempat. Patokan harga kue lidah kucing biasanya dipengaruhi oleh varian rasa, kelembutan tekstur, serta berat kue yang bersangkutan.

Memang, dibandingkan kue kering lainnya, kue lidah kucing saat ini banyak mengalami pengembangan. Selama ini, kita mungkin hanya mengenal kue lidah kucing rasa vanilla berwarna putih kekuningan saja. Namun ternyata, kini sudah banyak pedagang yang mengkreasikan resep kue lidah kucing menjadi berbagai macam varian seperti kue lidah kucing rainbow dengan warna pelangi yang menarik, kue lidah kucing matcha untuk para pencinta rasa green tea, hingga kue lidah kucing yang dikombinasikan dengan keju, meses, hingga cokelat.

Seperti disampaikan di atas, kandungan kalori kue lidah kucing memang lebih sedikit dibandingkan kue-kue kering khas Lebaran lainnya. Dengan kandungan kalori 18 kkal per buah, kue lidah kucing memiliki kalori lebih sedikit daripada kue nastar (25,6 kkal per buah), kastengel (20,3 kkal per buah), putri salju (22,5 kkal per buah), semprit keju (27 kkal per buah), dan cokelat (131 kkal per buah).

Meski demikian, Anda juga harus membatasi konsumsi kue lidah kucing. Pasalnya, apabila Anda makan terlalu banyak, kemungkinan besar bisa menambah bobot atau berat badan Anda. Seperti diketahui, orang yang kelebihan berat badan (obesitas) memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami berbagai gangguan kesehatan.

[Update: Panca]

Baca juga  Update Harga Cat Tembok Paragon (Semua Varian dan Kemasan)
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Harga Kue Lidah Kucing per Toples (Semua Varian)"