Info Resep & Harga Kue Kering Lidah Kucing per Toples

Sebagian besar dari Anda tentu sudah pernah mencicipi kerenyahan dan kelezatan kering lidah kucing bukan? satu ini juga termasuk yang hampir selalu ada ketika momen . Meski bentuknya cukup sederhana, hanya berupa kue tipis berbentuk lonjong, nyatanya lidah kucing cukup digemari oleh berbagai kalangan berkat rasanya yang manis dan aroma menteganya yang khas tersebut. Bahkan bila dibandingkan dengan kue-kue kering lainnya, harga kue lidah kucing juga relatif terjangkau.

Kue Kering Lidah Kucing - www.menuresepkue.com

Kue Kering Lidah Kucing - www.menuresepkue.com

Kue kering asal Belanda ini awalnya dinamai kattetong, namun kemudian diartikan secara literal menjadi kue lidah kucing karena bentuknya yang memang menyerupai lidah kucing, tipis dan panjang. Kue tipis ini memiliki berat sekitar 4-5 gram dan mengandung kalori sekitar 18 kkal per buahnya. Meski kandungan kalorinya rendah, jika memakan kue lidah kucing setoples seorang diri tentu saja akan membuat berat badan Anda bertambah.

Cara membuat kue kering lidah kucing relatif mudah. -bahan yang dibutuhkan juga hampir sama dengan yang dibutuhkan untuk membuat kue-kue kering pada umumnya, yakni tepung terigu, gula, mentega, dan juga telur. Apabila Anda memiliki bakat memasak dan ingin mencoba membuat kue lidah kucing sendiri di , Anda bisa menyimak baik-baik resep kue lidah kucing berikut ini!

Kue Kering Lidah Kucing - lampung.antaranews.com

Kue Kering Lidah Kucing - lampung.antaranews.com

Resep Kue Kering Lidah Kucing

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan:

  • 600 gram mentega
  • 350 gram gula halus
  • 1 sdt pasta vanili
  • 600 gram tepung terigu protein rendah
  • 50 gram susu bubuk full cream
  • 2 sdm gula pasir
  • 4 butir putih telur
  • 2 butir kuning telur

Cara Membuat:

  1. Kocok mentega, gula halus, pasta vanili dengan mixer hingga berwarna putih pucat. Kemudian tambahkan kuning telur dan kocok kembali sampai adonan mengembang.
  2. Campur tepung terigu dan susu, ayak sambil dimasukkan ke dalam adonan telur.
  3. Masukkan adonan putih telur secara bertahap ke dalam adonan kuning telur sambil diaduk hingga merata dengan spatula.
  4. Tuangkan adonan yang sudah jadi ke dalam plastik segitiga yang telah dipasangi spuit motif polos di ujungnya, kemudian semprotkan secukupnya di atas cetakan lidah kucing. Panggang dalam oven bersuhu 160 derajat celsius selama 20 menit.

Bagaimana? Sangat mudah kan membuatnya? Anda bisa langsung berburu bahan-bahan yang dibutuhkan dan bereksperimen membuat kue lidah kucing sendiri di rumah. Namun sayang, meski bahan dan cara pembuatannya cukup mudah, masih banyak orang yang sering gagal membuat kue lidah kucing. Permasalahan utama biasanya terletak di tingkat kematangan kue itu sendiri. Beberapa orang ada yang terlalu gosong saat memanggangnya di dalam oven dan sebaliknya, ada yang terlalu khawatir dengan gosong hingga bagian tengah kue lidah kucing yang sedang dipanggang ternyata belum matang seutuhnya.

Daripada Anda harus direpotkan dengan kegiatan kocok-mengocok adonan, mengukur takaran bahan, hingga menentukan suhu yang tepat, tidak ada salahnya jika Anda membeli kattetong alias kue lidah kucing yang sudah jadi. yang dikeluarkan mungkin akan sedikit lebih mahal dibandingkan membuat kue lidah kucing sendiri. Namun setidaknya Anda tak perlu buang-buang waktu atau tenaga di dapur untuk menciptakan kue lidah kucing yang sempurna dan lezat.

Kue lidah kucing biasanya dijual dalam kemasan toples bening yang cantik dan layak untuk disuguhkan kepada tamu. Para pedagang menyediakan kue lidah kucing dalam berbagai , mulai dari yang paling kecil 250 gram (1/4 kg), 500 gram (1/2 kg), hingga yang paling besar 1 kilogram.

Jangan khawatir soal harga, dibandingkan dengan kue nastar, kastengel, atau putri salju, harga kue lidah kucing ternyata masih relatif lebih murah. Jika nastar, kastengel, atau putri salju biasanya berkisar mulai Rp 30 ribuan, kue lidah kucing justru dijual mulai harga Rp 15 ribuan saja di pasaran. Namun jangan salah, ternyata tingkat kelezatan dan bahan yang digunakan juga menentukan harga dari kue lidah kucing itu sendiri. Apabila bahan-bahan yang digunakan adalah bahan premium dan rasanya sudah dijamin lezat, maka harga jualnya bisa mencapai Rp 100 ribuan per toples.

Di banding kue kering lainnya, kue lidah kucing juga saat ini banyak mengalami pengembangan. Selama ini kita mungkin hanya mengenal kue lidah kucing rasa vanilla berwarna putih kekuningan saja. Namun ternyata kini sudah banyak pedagang yang mengkreasikan resep kue lidah kucing menjadi berbagai macam seperti kue lidah kucing rainbow dengan warna pelangi yang menarik. Harga kue lidah kucing rainbow dibanderol mulai dari Rp 30 ribuan hingga Rp 80 ribuan setoples.

Baca juga  Difokuskan Untuk Kalangan Anak Muda, Harga Suplemen Enervon C Dianggap Terjangkau

Kemudian ada pula kue lidah kucing matcha untuk Anda para pecinta rasa green tea. Kue lidah kucing greentea harganya sekitar Rp 55 ribuan per toples. Selain itu ada pula kue lidah kucing rasa cokelat atau kue lidah kucing vanilla yang diberi kombinasi keju, meses, hingga choco chip di atasnya. Harganya tentu lebih mahal dari yang biasa, yakni berkisar antara Rp 40 ribuan hingga Rp 75 ribuan.

Namun harga tersebut bisa saja berbeda-beda, tergantung di mana Anda membelinya. Apabila Anda ingin lebih ekonomis, Anda juga bisa membeli kue Lebaran secara paket yang biasanya menawarkan beberapa varian kue kering sekaligus seperti nastar, kastengel, putri salju, hingga lidah kucing. Bila dihitung-hitung totalnya akan lebih hemat dibanding membeli secara ecer.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Resep & Harga Kue Kering Lidah Kucing per Toples"