Info Terkini Harga Kamera Nikon Coolpix L320 (Baru dan Bekas)

Berbicara mengenai kamera DSLR, salah satu nama yang tidak boleh terlewatkan adalah Nikon. Merk asal Jepang ini memang sudah tersohor sebagai kamera dan alat optik, sudah eksis sejak 100 tahun silam. Di pasaran dalam negeri, Nikon telah menghadirkan banyak model kamera DSLR, salah satunya varian Coolpix L320 yang dijual dengan harga cukup terjangkau di kelasnya.

Ilustrasi: kamera Nikon
Ilustrasi: kamera Nikon

Bagi mereka yang gemar fotografi, tentu sudah sangat familiar dengan kamera DSLR (Digital Single-Lens Reflex). Kamera tersebut begitu populer di kalangan penggemar fotografi berkat hasil jepretan dan juga kinerja yang cepat. Salah satu keunggulan dari kamera ini adalah memiliki sensor berukuran jauh lebih besar jika dibandingkan dengan kamera digital biasa. Dengan sensor yang besar, setiap piksel juga memiliki ukuran lebih besar sehingga kemampuan menangkap cahaya jauh lebih baik.

Bacaan Lainnya

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika membeli sebuah kamera tipe DSLR, dan salah satu kelebihannya adalah fleksibilitas. Kamera dengan jenis DSLR diklaim jauh lebih fleksibel, terutama untuk pertukaran berbagai lensa. Setidaknya, ada banyak macam lensa yang bisa kita gunakan pada kamera jenis DSLR.

Di samping untuk fotografi, kamera ini juga direkomendasikan apabila Anda hendak membuat video. Dalam sinematografi menggunakan DSLR, pengguna sebenarnya sudah dimudahkan secara kaidah fotografi karena adanya kesamaan aspek tertentu. Kesamaan fotografi dan sinematografi dengan DSLR terletak pada pemahaman aspek lensa dan efeknya, penggunaan iso, ukuran sensor, dan exposure.[1]

Baca juga  Update Daftar Harga Helm GIX di Pasaran (Semua Tipe)

Sebelumnya, pada awal perkembangan era digital, kamera kelas atas seperti Nikon dan Canon tidak langsung membuat kamera DSLR seperti sekarang, melainkan kamera DSLR dengan bentuk yang memiliki lensa mount, sama dengan lensa mount pada kamera film.[2] Secara teknis, mereka hanya mengganti penggunaan dengan sensor digital dan menyamakan ukuran sensor film 35mm untuk diaplikasikan menjadi sensor digital.

Review Nikon Coolpix L320

Sudah banyak pabrikan yang meluncurkan kamera DSLR untuk pasaran dalam negeri, dan nama yang tentu saja tidak boleh dilupakan adalah Nikon. Brand asal Negeri Sakura ini menghadirkan sejumlah tipe kamera DSLR untuk para penggemar fotografi Tanah Air. Nah, salah satu yang cocok untuk konsumen dengan modal pas-pasan adalah varian Coolpix L320.

Coolpix L320 pertama kali diluncurkan Nikon ke pasaran global sekitar tahun 2013 lalu. Merupakan produk lawas, memang agak sulit menemukan kamera ini dalam kondisi baru. Namun, apabila Anda mengidamkan perangkat tersebut, Anda masih bisa menemukan varian bekasnya di berbagai situs jual beli online terkemuka.

Secara tampilan, desain Coolpix L320 mirip dengan kamera DSLR kebanyakan. Hanya saja, produk ini mengusung lensa yang tetap alias tanpa bisa dicopot. Keseluruhan tombol pengoperasian berada di sebelah kanan seperti Delete, Menu, Ok, Timer, Exposure Compensation, Makro, Flash Scene, Play, dan Recording Video. Sementara, sebagian besar bagian belakang kamera memiliki layar LCD sebesar 3 inch diagonal dengan tipe TFT-LCD with 5-level brightness adjustment beresolusi 230,000-dots.

Baca juga  Keunggulan dan Update Harga Juicer Philips HR 1823

Pabrikan membekali Coolpix L320 dengan lensa fitur 26x Optical Zoom yang dirancang dengan glass ED. Nikon membangunnya dengan 12 elemen dalam 9 groups dan punya diafragma  f/3.1-5.9. Memang, zoom akan lebih panjang, tetapi diafragma sangat terbatas. Namun, Nikon sudah menghadirkan fitur VR (Vibration Reduction) untuk stabilizer guna membuat hasil foto lebih stabil.

Punya efektif piksel mencapai 16,1 MP, Nikon juga menyematkan sensor jenis CCD dengan ukuran fisik sekitar 1/2,3 inch, yang tentu saja memberi keleluasaan bagi Anda untuk memberikan foto besar berkualitas baik. Nikon Coolpix L320 dapat dioperasikan sepenuhnya dengan mode Auto. Meski demikian, perusahaan juga menghadirkan sejumlah Scene Mode yang cocok bagi pemula.

Sementara, untuk kepekaan cahaya atau ISO, memiliki angka minimal 80 dan maksimal 1600. Ini patut disayangkan karena angka 800 ke atas sudah memiliki noise sangat mengganggu. Untuk keseimbangan warna, pengguna bisa mengatur White Balance secara Auto, Cloudy, Daylight, Flash, Fluorescent, Incandescent, dan Preset Manual. Begitu lengkap dan memungkinkan Anda mendapatkan warna lebih baik.

Spesifikasi Nikon Coolpix L320

Kamera Nikon Coolpix L320 (sumber: shopee)
Kamera Nikon Coolpix L320 (sumber: shopee)
Resolusi Kamera 16,1 MP
Tipe Sensor CCD
Ukuran Sensor 6,17 x 4,55 mm
Optical Zoom 26x
Digital Zoom 4x
Minimum Focal Length 22,5 mm
Maximum Focal Length 585 mm
Focal Ratio f/3,1-5,9
Minimum Light Sensitivity ISO 80
Maksimum Light Sensitivity ISO 1600
Memory External SD. SDHC, SDXC
Built-in Flash Yes
USB USB 2.0
Imaging JPEG. RAW
Image Stabilization Yes
Sequential Shooting Mode 10 fps
Dimension 83,1 x 111,1 x 76,3 mm
Weight 430 gr
Batteries AA Model
Baca juga  Kelebihan dan Update Harga Pompa Air Submersible (Sibel)

 

Seperti disampaikan di atas, karena merupakan produk lama, agak sulit mendapatkan Coolpix L320. Bahkan, Nikon sudah menghapus model ini dalam situs resminya. Namun, jika Anda berburu di situs e-commerce, masih ada beberapa toko yang menawarkan Coolpix L320 dalam kondisi baru dan bekas. Lalu, berapa harga produk tersebut saat ini?

Harga Nikon Coolpix L320

Kondisi Nikon Coolpix L320 Harga
Nikon Coolpix L320 Baru Rp1.988.000 – Rp3.000.000
Nikon Coolpix L320 Bekas Rp700.000 – Rp1.700.000

Informasi harga kamera Nikon Coolpix L320 di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko kamera dan sejumlah situs jual beli online. Sebagai perbandingan, tahun sebelumnya, Nikon Coolpix L320 dalam kondisi baru dijual Rp1.510.000 hingga Rp2.888.000. Sementara, harga produk bekas perangkat ini pada tahun lalu berkisar Rp800 ribu sampai Rp1,8 juta, tergantung kondisi barang.

[1] Riyadi, Tunjung. 2014. Sinematografi dengan Kamera DSLR.  Humaniora, Vol. 5(2): 919-929.

[2] Hartono, Hendrie. 2011. Kinerja Kamera Digital Refleks Lensa Tunggal dengan Sistem Four Thirds. Humaniora, Vol. 2(1): 795-802.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.