Update Info Manfaat, Komposisi, Dosis, & Harga Zamel Drop

Setiap orang tua di dunia ini pasti ingin yang terbaik untuk anaknya, terutama untuk urusan kesehatan. Sebagian besar orang tua berusaha mencukupi kebutuhan anak dengan memberikan makanan yang mengandung nutrisi, dan beberapa kalangan juga memberi tambahan konsumsi suplemen untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Ilustrasi: Anak-Anak Sehat dan Aktif (credit: healthsourcechiro)

Ilustrasi: Anak-Anak Sehat dan Aktif (credit: healthsourcechiro)

Menurut Jennifer Crain, seorang ahli akupuntur, herbalis serta ahli gizi pemberian suplemen untuk anak memang boleh-boleh saja, namun bila anak dalam kondisi sehat maka sebaiknya pemberian suplemen dilakukan seminim mungkin. Kesehatan sang buah hati bisa ditunjang pula dengan asupan makanan yang bervariasi dan juga sehat, serta didukung dengan aktivitas fisik yang cukup setiap hari. Pasalnya konsumsi vitamin dan suplemen saja tak bisa menggantikan tenaga yang dikeluarkan ketika anak beraktivitas. Agar tidak salah dalam memilih, berikut ini beberapa panduan yang bisa Anda simak sebelum memutuskan memilih suatu produk suplemen untuk buah hati.

Cara Memilih Suplemen yang Tepat untuk Anak

  • Pastikan suplemen apa yang dibutuhkan oleh anak Anda.
  • Pilihlah suplemen yang khusus diformulasikan untuk anak, bukan suplemen yang diperuntukkan bagi semua usia. Sebaiknya suplemen itu memiliki rasa yang enak serta mudah untuk dikonsumsi.
  • Pilihlah suplemen yang berdosis kecil. Vitamin larut lemak dalam suplemen tertentu bisa tertimbun di jaringan tubuh apabila diberikan dalam dosis besar.
  • Komposisi suplemen harus sesuai dengan standar. Perhatikan pula label , dosis, cara penyimpanan, dan peringatan pemakaian produk tersebut.
  • Pastikan kalau suplemen tersebut sudah terdaftar di Badan POM Departemen Kesehatan. Bila ada yang kurang jelas mengenai vitamin atau suplemen, tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi pada dokter.
  • Apabila si kecil tengah mengidap suatu penyakit, pastikan kalau suplemen tersebut takkan menyebabkan kontraindikasi dengan penyakit si anak. Diskusikan hal ini dengan dokter.

Nah, bila saat ini Anda sedang bingung mencari produk suplemen atau multivitamin yang cocok untuk buah hati, Anda mungkin bisa mempertimbangkan produk Zamel Drop. Zamel Drop merupakan suplemen makanan dengan bentuk obat sirup sebagai bentuk pencegahan dan pengobatan defisiensi vitamin serta mineral anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Dalam Zamel Drop diklaim mengandung Vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, C, D3, E, Biotin, Zinc, dan Asam Pantotenat. Dengan kemasan 16 ml, obat sirup Zamel Sirup 16 ml ini mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang memiliki manfaat untuk memenuhi asupan multivitamin serta mineral si kecil yang penting bagi tumbuh kembangnya.

Ilustrasi: Varian Produk Vitamin Zamel (credit: Shopee)

Ilustrasi: Varian Produk Vitamin Zamel (credit: Shopee)

Zamel Drop ini diperuntukkan bagi anak-anak dan dewasa dengan aktivitas sehingga jarang mendapatkan vitamin dan mineral yang sebenarnya penting untuk tubuhnya. Dengan kandungan Vitamin A sebanyak 2.000 IU, Thiamine sebanyak 5 mg, dan masih banyak lagi, membuat obat sirup ini dapat dikonsumsi sebagai suplemen tambahan. Zamel Drop mengandung vitamin dan mineral untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral pada anak-anak yang dalam masa pertumbuhan. Zamel Drop juga diklaim dapat mempercepat masa penyembuhan penyakit anak.

Komposisi Zamel Drop

Per 5 ml Zamel Drop mengandung Vitamin A 2000 iu, thiamine 5 mg, riboflavin 2 mg, pyridoxine 5 mg, cyanocobalamin 2 mcg, nicotinamide 10 mg, folic acid 15 mcg, choline 5 mg, inositol 12 mg, biotin 100 mcg, vitamin E 5 iu, Fe 5 mg, Zn 2.5 mg, Mg 35 mg, copper 300 mcg, selenium 20 mcg, chromium 15 mcg, lysine 100 mg, L-glutamine 50 mg. Zat tambahan: Sorbitol, Citric acid, Sodium citrate 2H20, Disodium EDTA, Kalium sorbat, Magna sweet TP2, Sucralose, Xanthan gum, Gliserol, Flavour Orange, Flavour Tutty Fruity.

Indikasi Zamel Drop

Pencegahan dan pengobatan defisiensi vitamin/mineral pada anak atau bayi dalam masa pertumbuhan

Dosis Zamel Drop

  • Anak 1-3 tahun: 1 kali sehari 2,5 ml
  • Anak 4-6 tahun: 1 kali sehari 5 ml
  • Anak > 6 tahun: 1 kali sehari 7,5 ml

Obat ini dapat diberikan bersama makanan agar diabsorpsi lebih baik atau jika timbul rasa tidak nyaman pada saluran pencernaan.

harga, zamel, drop, syrup, sirup, buat, untuk, bayi, anak, dewasa, usia, umur, berapa, manfaat, khasiat, vitamin, suplemen, multivitamin, apialys, mims, ferriz, ferlin, produk, di, apotik, jual, beli, dimana, apotek, k24, kimia farma

Kemasan Zamel Drop (sumber: Bukalapak)

Efek Samping Zamel Drop

Semua Obat pasti memiliki efek samping, namun tidak semua orang akan mengalami efek samping tersebut. Belum ditemukan adanya efek samping yang membahayakan selama penggunaan Zamel Drop. Bila merasakan efek samping yang menetap atau bahkan memburuk, sebaiknya segera hentikan penggunaan Zamel Drop dan konsultasikan ke dokter.

Harga Zamel Drop

Zamel Drop merupakan produk yang bisa ditemukan dengan mudah di sejumlah apotik maupun toko obat. Harga Zamel Drop 16 ml pada 2020 di Apotek K24 dijual sekitar Rp53.009 per botol dan terbilang stabil dari penjualan tahun 2019. Namun, pada tahun 2021 harga Zamel Drop di Apotek K24 mengalami kenaikan menjadi Rp55.047 per botol untuk ukuran yang sama. Selain Zamel Drop, ada juga varian Zamel Sirup dengan harga terpaut sedikit lebih murah, yakni Rp52.260 per botol.

Selain di Apotek K24, Zamel Drop juga dijual di Kimia Farma dan apotek-apotek lainnya. Anda bisa membeli Zamel Drop di apotek-apotek terdekat yang ada di sekitar Anda.  Sedangkan, jika Anda membelinya di online seperti Tokopedia, harga yang ditawarkan pada 2020 sekitar Rp38 ribu dengan kemasan yang sama. Kemudian, pada 2021 harga Zamel Drop di Tokopedia sedikit turun, berkisar mulai Rp32 ribuan saja per botol isi 16 ml.

Perlu Anda ingat bahwa harga Zamel Drop bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, selain itu harga Zamel Drop yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda.

Agar kandungan produk tetap terjaga, sebaiknya simpan Zamel Drop pada tempat sejuk dan kering, serta terlindung dari cahaya. Efek yang dirasakan setiap anak saat mengonsumsi Zamel Drop bisa saja berbeda-beda. Oleh sebab itu, Anda perlu mengamati setiap gejala yang mungkin timbul setelah anak mengonsumsi Zamel Drop. Apabila tidak ada efek samping yang negatif, Anda bisa meneruskan pemakaian. Tetapi jika ada efek samping negatif, sebaiknya segera hentikan pemakaian dan periksakan ke dokter.

[: Dian]

Baca juga  Biaya Sunat Smart Klamp (Anak, Remaja, Dewasa)
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Info Manfaat, Komposisi, Dosis, & Harga Zamel Drop"