Pendaftaran & Biaya Pondok Pesantren Tapak Sunan Jakarta TA 2020/2021

Tapak Sunan merupakan lembaga pendidikan berbasis yang berlokasi di kawasan Condet Balekambang, Jakarta Timur. Untuk pendidikan formal, pondok pesantren tersebut menyelenggarakan jenjang Raudhatul Athfal (RA), Taman Pendidikan Al Quran (TPA), Madrasah Diniyah (MD), Sekolah Dasar (SDI), Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah, dengan biaya yang terbilang terjangkau.

Profil Pondok Pesantren Tapak Sunan

Pondok Pesantren Tapak Sunan Jakarta (sumber: infotapaksunan.blogspot.com)

Pondok Pesantren Tapak Sunan Jakarta (sumber: infotapaksunan.blogspot.com)

Dikutip dari situs resminya, Pondok Pesantren Tapak Sunan berlokasi di RT 003/05, Kelurahan Balekambang, Kramat Jati, Condet, Jakarta Timur. Ini adalah pondok pesantren yang berdiri di tengah perkampungan dan lingkungan yang heterogen, baik dari sisi mata pencaharian maupun dari sisi kebudayaan.

Sebelum menjadi pondok pesantren seperti sekarang ini, lembaga ini berawal dari kelompok pengajian di langgar atau musala di wilayah DKI Jakarta yang dipimpin oleh KH Drs. Muhammad Nuruddin Munawwar, dalam bentuk majelis taklim di bawah naungan Yayasan Ittihadul Anwar. Karena kala itu belum memiliki tempat untuk menampung jamaah, maka yayasan ini melaksanakan kegiatan pengajian bulanan dengan menyewa Gedung Bamus Betawi.

Seiring dengan waktu, didirikan pondok pesantren yang berlokasi di daerah Condet. Pondok ini lantas diberi nama ‘Tapak Sunan’, karena kawasan Condet konon dulunya merupakan wilayah yang sering dilalui sunan atau wali lewat Sungai Ciliwung. Di samping itu, pemberian nama ‘Tapak Sunan’ juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para santri agar bisa mengikuti jejak para sunan yang memiliki tekad kuat dalam menyebarkan ajaran Islam.

Program Pondok Pesantren Tapak Sunan

Seperti diungkapkan sebelumnya, pondok pesantren ini menyelenggarakan pendidikan formal untuk jenjang Raudhatul Athfal (RA), Taman Pendidikan Al Quran (TPA), Madrasah Diniyah (MD), Sekolah Dasar Islam (SDI), Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah. Di samping itu, diselenggarakan pula pendidikan Salafiyah berbasis pesantren menggunakan kitab-kitab salaf dan Madrasah Islamiyah Salafiyah (MIS) yang mengelola pengajian santri.

Dikutip dari situs resminya, biaya pendidikan di pondok pesantren ini mencakup biaya tes masuk, biaya daftar ulang, dan uang SPP bulanan, dengan besaran yang bisa dikatakan cukup terjangkau. Jika dibandingkan tahun 2018/2019 lalu, memang ada sedikit kenaikan. Berikut kami sajikan rincian lengkap biaya studi di Pondok Pesantren Tapak Sunan untuk tahun akademik 2020/2021, yang kami kutip dari Facebook resmi pesantren.

Biaya Pondok Pesantren Tapak Sunan

(Ilustrasi) Belajar Mengaji - www.maringngerrang.com

(Ilustrasi) Belajar Mengaji - www.maringngerrang.com

KomponenBiaya
Formulir Tes MasukRp300.000
Daftar UlangRp9.000.000
SPP BulananRp700.000
  • Biaya daftar ulang atau santri baru meliputi SPP bulan Juli 2020, tiga setel seragam dan jas almamater, lemari, kasur, biaya ekstrakurikuler selama 1 tahun, biaya perpustakaan selama 1 tahun, MOS (masa orientasi santri), pengembangan pendidikan, kegiatan madrasah selama 1 tahun, LKS, kitab Salafiyah, ulangan harian, kegiatan Qurban, kegiatan Ramadan, haflah, dan study tour.
  • Uang SPP bulanan meliputi syariah madrasah, , dan makan dua kali (siang dan sore).

Syarat Pondok Pesantren Tapak Sunan

  • Melunasi dan mengisi formulir pendaftaran.
  • Menyerahkan formulir pendaftaran dengan melengkapi berkas seperti fotokopi ijazah yang sudah dilegalisir, fotokopi SKHUN yang telah dilegalisir, fotokopi rapor terakhir, fotokopi NISN, fotokopi Akte Kelahiran, dan fotokopi Kartu Keluarga.
  • Mengikuti dan lulus tes seleksi, yang mencakup tes tulis (pengetahuan agama seperti Quran, hadis, fiqih, akhlak, serta pengetahuan umum seperti matematika, IPA, IPS), tes praktik (membaca Al Quran, menulis huruf Arab, praktik wudhu dan salat), wawancara.
  • Jika santri sudah dinyatakan lulus seleksi dan diterima, wajib membawa perlengkapan harian untuk mandi (sabun, pasta gigi, sikat gigi, sampo, ember, gayung), makan (piring, gelas, sendok), tidur (bantal, selimut, guling, dll), baju kegiatan (sarung, kopiah, baju koko), serta baju harian (bebas, selain baju dan celana ketat).
  • Pesantren tidak menerima siswa pindahan.
Masjid Pondok Pesantren Tapak Sunan Jakarta (facebook: Pondok Pesantren Tapak Sunan)

Masjid Pondok Pesantren Tapak Sunan Jakarta (facebook: Pondok Pesantren Tapak Sunan)

Tata Tertib Santri Pondok Pesantren Tapak Sunan

Jika diterima bersekolah di pondok pesantren ini, para santri diwajibkan mengikuti segala peraturan dan tata tertib yang telah ditetapkan oleh pesantren. Selain itu, juga diwajibkan mengikuti segala kegiatan sebagaimana telah diatur dalam program kegiatan pesantren (formal maupun informal), menjalankan tugas-tugas harian, mingguan, dan bulanan, serta berakhlak mulia dan hormat terhadap pembimbing dan .

Untuk larangannya, setiap santri dilarang meningkatkan kewajiban rutin tanpa ada alasan yang jelas, melanggar tata tertib pondok, pulang ke rumah tanpa izin dari pondok, dan menggunakan ponsel (baik di rumah maupun di pondok) selama menjadi santri. Jika larangan ini dilanggar, ada beragam sanksi yang menanti, mulai teguran dan nasihat hingga dikeluarkan dari pondok.

Jadwal Pendaftaran Pondok Pesantren Tapak Sunan 2020/2021

KegiatanJadwal
Pendaftaran1 Februari 2020 – 3 April 2020
Tes Seleksi4 April 2020

Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lengkap, bisa datang langsung ke Kantor Sekretariat PPDB/MA Tapak Sunan di Jalan Kayu Manis AMD 28 No. 39, RT03/05, Condet Balekambang, Jakarta Timur. Selain itu, bisa menghubungi nomor telepon (021) 8013940, nomor ponsel 0813 1829 9602, 0896 4418 4478, atau email di alamat [email protected]

[Update: Panca]

Baca juga  Jadwal Pendaftaran & Kisaran Biaya SMA Labschool Cibubur 2020/2021
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Pendaftaran & Biaya Pondok Pesantren Tapak Sunan Jakarta TA 2020/2021"