Info Kandungan Nutrisi & Harga Konsentrat Itik Petelur 144

No comment 1078 views

untuk ternak merupakan hal yang sangat vital. Lewat pula kebutuhan nutrisi hewan yang diternakkan dapat tercukupi dengan baik dan menghasilkan telur atau daging yang berkualitas. Selain yang dibuat sendiri, hewan ternak seperti petelur juga membutuhkan konsentrat buatan pabrik yang dikenal memiliki komposisi nutrisi cukup lengkap.

harga, konsentrat, itik, petelur, 144, tahun, 2018, bebek, 2017, pedaging, tahun, pakan, terbaru, cara, membuat, Charoen Pokphand, cp, jual, beli, dimana, berapa, ternak, beternak, unggas, hasil, panen

Memberi pakan konsentrat untuk ternak itik

Pakan konsentrat untuk atau itik pedaging atau petelur dijual dengan yang sangat variatif, tergantung merek dan berat kemasan pakan itu sendiri. Sebagai contoh, konsentrat itik petelur merek Charoen Pokphand 144 dijual secara ecer sekitar Rp 12 ribu per 1 kg, kemudian konsentrat itik kemasan 15 kg harganya Rp 109 ribu, dan untuk kemasan 25 kg harganya berkisar Rp 175 ribuan.

Konsentrat itik petelur CP 144 produksi PT Charoen Pokphand diklaim memiliki sejumlah kandungan nutrisi seperti protein antara 37-39%, lemak min 2%, serat max 6%, abu max 35%, kalsium min 12%, phosphor min 1,2%, dan kadar max 12%.

Seperti yang sudah sering Anda dengar, pakan konsentrat merupakan pakan yang dapat dikombinasikan dengan bahan-bahan lain seperti jagung, dedak, atau sebagainya. Setiap peternak biasanya memiliki resep tersendiri yang belum tentu cocok untuk diterapkan oleh peternak lainnya. Beberapa sumber karbohidrat dan lemak yang sering digunakan oleh kalangan peternak antara lain dedak padi, kebi atau hasil poles , jagung, nasi aking, dan sebagainya.

Beberapa peternak biasanya menganjurkan untuk menggunakan bahan pakan yang ada di sekitar Anda yang mudah didapat dan ketersediaannya cukup. Pasalnya penggunaan bahan baku pakan yang berubah-ubah justru bisa menyebabkan itik stres dan produktivitas telur pun menurun. Oleh sebab itu sebaiknya gunakan bahan pakan dengan harga yang seekonomis mungkin, tetapi kualitasnya baik.

Menurut salah satu peternak, ransum untuk itik petelur yang ideal berasal dari perpaduan konsentrat pabrikan, dedak padi, dan mineral tambahan. Penggunaan dedak padi dalam ransum pakan itik kabarnya dapat menekan bau bila dibandingkan dengan ransum yang dicampur kepala atau tepung . Selain itu, penggunaan jagung yang tidak terjaga kekeringannya ketika disimpan juga dapat berpotensi menurunkan produktivitas telur itik.

Apabila Anda berencana memberikan ransum yang baru atau menambahkan bahan baku ransum, maka cara memberikannya harus dilakukan secara bertahap. Contohnya, pada hari pertama ransum baru dapat diberikan sekitar 5% dari total pakan harian. Baru secara bertahap jumlahnya ditambah pada hari-hari berikutnya.

Nah, membeli pur atau konsentrat itik petelur 144 pun kini tidak sulit. Sebab sudah banyak toko-toko perlengkapan ternak yang menjual konsentrat 144. Apabila Anda kesulitan menemukannya di sekitar tempat tinggal Anda, maka Anda juga bisa membelinya secara online melalui sejumlah situs jual-beli online.

Baca juga  Update Info Terbaru Harga Komoditas Cengkeh di Indonesia
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Kandungan Nutrisi & Harga Konsentrat Itik Petelur 144"