Info Terbaru Kandungan Gizi, Manfaat, & Harga Kacang Kenari

Kacang kenari atau walnut adalah sebuah kacang dari berbagai bergenus Juglans (Keluarga Juglandaceae), yang sebagian besar adalah kacang kenari Persia atau Inggris, Juglans regia. Kacang tersebut digunakan untuk makanan setelah diproses ketika masih berwarna hijau untuk membuat makanan dengan rasa asam atau ketika sudah matang untuk diambil daging kacangnya. Kacang kenari dikenal kaya akan protein dan asam lemak esensial.

Dua spesies utama yang paling umum dari kacang kenari yang ditumbuhkan untuk diambil bijinya adalah kacang kenari Persia atau Inggris dan kacang kenari hitam. Kacang kenari Inggris (J. regia) berasal dari Persia, dan kacang kenari hitam (J. nigra) berasal dari bagian timur Amerika Utara.

Butiran kacang kenari

Butiran kacang kenari

Kacang kenari hitam memiliki rasa yang tinggi, namun karena kulitnya yang keras dan karakteristiknya yang rendah kelobot, tanaman tersebut tidak ditumbuhkan secara komersial untuk produksi kacang. Sejumlah kultivar kacang kenari dikembangkan secara komersial, yang semuanya merupakan hasil hibrida dari kacang kenari Inggris. Spesies lainnya meliputi J. californica, kacang kenari hitam California (biasanya digunakan sebagai sebuah stok akar untuk pembuahan komersial dari J. regia), J. cinerea (kacang mentega), dan J. major, kacang kenari Arizona.

Gizi Kacang Kenari

Berdasarkan US Department of Agriculture (USDA) National Nutrient Database, satu cangkir kenari organik 30 gram mengandung 200 kalori energi, 1 gram gula, 3, 89 gram karbohidrat, 2 gram serat, 5 gram protein, 20 gram lemak, 20 miligram kalsium, 0,72 miligram besi dan sumber mangan, tembaga, magnesium, fosfor, vitamin B6, dan besi yang membuat kacang kenari dinilai bermanfaat untuk tubuh.

Selain mengandung kadar lemak tak jenuh tunggal yang tinggi dan lemak tak jenuh ganda serta asam lemak omega-3, kacang kenari juga dianggap sumber protein yang baik. Seperti dilansir Halodoc, menurut The Encyclopedia of Healing Foods manfaat kacang kenari terletak pada konsentrasi nutrisinya tinggi dengan jumlah antioksidan dan Vitamin E yang mencukupi kebutuhan alami tubuh.

Manfaat Kacang Kenari

Melawan Kanker
Kacang kenari dipercaya mampu mengurangi risiko kanker prostat dan kanker payudara. Menurut sebuah penelitian, secara keseluruhan diet kacang kenari disebut-sebut dapat memperlambat pertumbuhan kanker prostat sekitar 30-40%.

Menyehatkan Otak
Kacang kenari juga memiliki kandungan sejumlah senyawa neuroprotektif termasuk vitamin E, folat, melatonin, omega-3, dan antioksidan yang dikenal dapat menunjang otak, termasuk meningkatkan penalaran. Konsumsi makanan yang kaya antioksidan diketahui bisa menurunkan stres dan meningkatkan fungsi kognitif serta motorik seiring dengan pertambahan usia.

Menurunkan Kolesterol
Dalam sebuah penelitian tahun 2010 silam, mengonsumsi kacang-kacangan, termasuk kacang kenari disebut berkhasiat menurunkan kolesterol apabila dikonsumsi setiap hari.

Menjaga Kesehatan Jantung
Kacang kenari memiliki kandungan asam amino l-arginine yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Asam alfa-linolenat omega-3 yang berbahan dasar nabatinya (ALA) yang anti-inflamasi dapat mencegah pembentukan gumpalan darah patologis, mengurangi risiko jantung koroner, dan mendukung kadar kolesterol . Akan tetapi, bagi Anda yang sedang dalam proses penyembuhan dari penyakit herpes kurang dianjurkan mengonsumsi kenari karena kadar arginine yang tinggi di dalamnya bisa memicu kambuhnya sakit herpes.

Mengontrol Berat Badan & Meningkatkan Kesehatan Reproduksi Pria
Memasukkan kacang kenari dalam menu diet ternyata dapat membantu Anda menjaga berat badan agar tetap ideal. Pasalnya, makan kacang kenari dinilai dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga baik untuk Anda yang tengah berupaya untuk mengontrol asupan makanan harian. Yang lebih menarik lagi, kacang kenari juga dikaitkan dengan kesuburan pria, terutama untuk urusan peningkatan kualitas sperma, seperti vitalitas, motilitas, dan juga morfologinya.

Kaya Antioksidan
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kacang kenari termasuk bahan makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan kerap dikaitkan dengan upaya untuk mencegah paparan radikal bebas. Yang lebih penting lagi, kacang kenari mengandung beberapa antioksidan unik yang hanya sedikit terdapat pada jenis makanan lainnya, misalnya saja quinone juglone, tanin tellimagrandin, dan flavonoid morin 8.

Kacang kenari cukup nikmat dijadikan cemilan sehari-hari atau bahkan diolah menjadi cookies yang menggugah selera atau bahkan diolah sebagai cake dan kudapan lainnya. Berikut ini informasi kacang kenari di .

Isi kacang kenari

Isi kacang kenari

Harga Kacang Kenari

KategoriHarga
Kacang kenari  mentah 1/2 kgRp50.000
Kacang kenari kulit mentah 1 kilogramRp95.000
Kacang kenari kupas mentah 1/2 kgRp65.000
Kacang kenari kupas mentah 1 kiloRp125.000 
Kacang kenari kupas oven 1/2 kgRp70.000
Kacang kenari kupas oven 1 kgRp140.000
Kacang kenari hancur mentah 1/2 kg (500 g)Rp52.500
Kacang kenari hancur mentah 1 kiloRp115.000
Kacang kenari hancur oven 1/2 kg (500 gram)Rp50.000
Kacang kenari hancur oven 1 kgRp90.000
Kacang kenari bubuk mentah 1/2 kg (500 gr)Rp20.000
Kacang kenari bubuk mentah 1 kiloRp40.000

Harga kacang kenari dibandingkan tahun lalu mengalami kenaikan harga pada beberapa varian. Misalnya, kacang kenari kupas mentah 1 kilo yang dijual seharga Rp120 ribu kini menjadi Rp125 ribuan. Sedangkan untuk yang oven juga mengalami kenaikan harga dari Rp135 ribu menjadi Rp140 ribuan per kg. 

Informasi harga kacang kenari di atas diperoleh dari berbagai sumber yang ada di internet. Perlu Anda ketahui bahwa harga kacang kenari bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga kacang kenari yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung kualitas atau penawaran pihak penjual.

Kacang kenari dijual di pasar

Kacang kenari dijual di pasar

Apabila saat ini Anda sedang mencari kacang kenari, Anda bisa membelinya di sejumlah pusat perbelanjaan besar seperti supermarket atau lainnya. Namun jika kesulitan menemukan kacang kenari di toko-toko terdekat, tak ada salahnya untuk membeli kacang kenari secara online melalui internet atau berbagai situs e-commerce terkemuka yang ada di Indonesia.

[Ditta]

Baca juga  Harga Kacang Macadamia di Indonesia (250 gr, 500 gr, 1 kg)
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terbaru Kandungan Gizi, Manfaat, & Harga Kacang Kenari"