Harga Bedak Salicyl Terbaru, Atasi Gatal dan Biang Keringat

Bedak salicyl adalah bedak yang mengandung asam salisilat sebagai zat aktifnya. Bedak ini pada umumnya digunakan untuk menghilangkan keluhan -gatal yang disebabkan oleh biang keringat dan kulit lainnya. Di , bedak salicyl dijual murah dengan cukup murah.

Masalah biang keringat merupakan ruam kecil warna merah dan menonjol yang menimbulkan sensasi yang menyengat pada kulit. Biasanya, biang keringat muncul pada anak maupun dewasa pada beberapa hari setelah terkena suhu panas. Kondisi yang menyebabkan terjadinya biang keringat pun beragam, mulai dari iklim tropis, kepanasan, aktivitas fisik tertentu, kelenjar keringat belum berkembang, hingga bedrest yang terlalu lama.

Salah satu produk Bedak Salicyl (sumber: Bukalapak)

Salah satu produk Bedak Salicyl (sumber: Bukalapak)

Meski dijual dengan harga terjangkau, namun jenis bedak ini diklaim memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan bedak salicyl.

Manfaat Bedak Salicyl

  • Bedak salicyl bermanfaat untuk mengatasi gatal-gatal yang disebabkan oleh biang keringat maupun masalah kulit lain yang bukan merupakan infeksi, meliputi alergi maupun penyakit kulit lain yang menyebabkan gatal. Hal ini dikarenakan sifat bakteriostatik dan fungisida asam salisilat pada bedak salicyl yang sangat membantu. Asam salisilat pada bedak salicyl dapat membantu mencegah kulit mati menutupi folikel rambut sehingga penyumbatan pori dapat dicegah. Selain itu, asam salisilat ini juga dapat melakukan penetrasi terhadap sebum (kandungan minyak pelembab kulit) yang telah menyumbat pori-pori kulit.
  • Bedak salicyl juga berguna untuk mengurangi kerutan dan kulit keriput. Hal ini dikarenakan asam salisilat yang ada dalam bedak salicyl memiliki kandungan Beta Hydroxy Acid (BHA) yang notabene berguna untuk mengurangi kerutan dan kulit keriput.
  • Asam salisilat yang terdapat dalam bedak salicyl juga berguna untuk kulit. Salah satunya adalah dengan membantu dalam pengelupasan kulit mati (keratin) yang dapat membuat kulit menjadi terlihat lebih segar dan tampak muda.
  • Mencegah terjadinya gangguan pada kulit yang mungkin saja dapat terjadi dan dapat digunakan setelah mandi maupun bercukur. Adanya kandungan asam salisilat ini juga dipercaya dapat mengatasi jerawat dan iritasi kulit. Selain itu, apabila Anda menggunakan bedak ini, maka kulit akan senantiasa terasa , segar, halus dan harum.

Jenis bedak salicyl dapat digunakan kapan saja ketika ada keluhan gatal-gatal yang terjadi pada kulit. Dosis umum penggunaan bedak ini adalah sebanyak 1-2 kali per hari, tergantung tingkat keparahan keluhan yang diderita dan jenis kulit penderita. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu menaburkan dan menggosokkan secara merata pada kulit yang mengalami gangguan.

Bedak salicyl pun dapat digunakan setelah mandi, bercukur atau kapanpun Anda mau guna melakukan pencegahan gangguan kulit. Meskipun demikian, yang perlu Anda perhatikan adalah bedak ini tidak dianjurkan untuk digunakan pada kulit kering, sensitif, maupun penderita yang mengalami riwayat alergi pada asam salisilat. Bedak ini juga tidak boleh digunakan pada anak di bawah usia dua tahun, jangan pula digunakan di sekujur tubuh maupun dalam jangka waktu yang lama.

Ilustrasi: gangguan kulit gatal (sumber: health.com)

Ilustrasi: gangguan kulit gatal (sumber: health.com)

Bedak salicyl yang kerap ditemukan di sejumlah ini tersedia dalam bentuk bedak tabur. Dengan komposisi yang terdiri dari asam salisilat sebesar 2% sebagai zat aktifnya, dan talek sebesar 98% sebagai bahan dasar bedaknya. Kandungan asam salisilat tersebut pada umumnya relatif aman dan dapat ditoleransi dengan baik oleh tubuh manusia. Namun, seseorang terhadap suatu obat dapat berbeda-beda satu sama lainnya. Jadi, masih bisa menimbulkan efek samping.

Beberapa efek samping bedak salicyl yang pernah dilaporkan terkait penggunaannya yang berlebihan antara lain kulit yang ditaburi mengalami iritasi, kulit yang ditaburi menjadi lebih kering, muncul sensasi rasa nyeri dan terbakar pada kulit, kulit menjadi memerah, dan mengelupas, serta kulit menjadi semakin gatal.

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam penggunaan bedak salicyl. Berikut adalah hal yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan dengan bedak salicyl.

  • Anda harus berhati-hati dalam penggunaan bedak salicyl bersamaan dengan produk lain yang mengandung alkohol, sabun abrasif, obat jerawat yang mengandung benzoil peroksida atau sulfur, dan yang dapat membuat kulit kering.
  • Hati-hati juga penggunaan bedak salicyl pada area genital terutama pada daerah kewanitaan.
  • Sebaiknya, bedak salicyl tidak digunakan untuk jangka waktu yang lama.
  • Sebaiknya digunakan pada area yang sakit dan tidak digunakan secara luas pada tubuh.
  • Segera hentikan pemakaian apabila timbul efek samping.

Harga Bedak Salicyl

Jenis Bedak SalicylHarga
Nellco Salicyl 60 gramRp9.500
Bedak tabur Salicyl 60 gramRp7.300
Salicyl KF 60 gramRp10.000
Happy Salicyl Non-Menthol 60 gramRp10.000
Happy Salicyl Menthol 60 gramRp10.000
Bedak Salicyl Cap GajahRp10.405
Bedak Salicyl Menthol Cap GajahRp10.543
Bedak Salicyl IkaRp15.600
Salicylfresh 60gRp16.900
Bedak Salicyl Menthol IkaRp18.000

Harga bedak salicyl di atas tentunya tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Pada tahun 2019 lalu, harga bedak salicyl di atas berkisar Rp6 ribuan hingga Rp17 ribuan per .

Bedak Salicyl - (Sumber: deseretnews.com)

Bedak Salicyl - (Sumber: deseretnews.com)

Di masyarakat, sering timbul pertanyaan seputar manfaat bedak salicyl. Apakah bedak salicyl bisa digunakan untuk bayi berusia di bawah 2 tahun? Jawabannya adalah tidak dianjurkan. Pasalnya, struktur kulit bayi yang masih tipis, sehingga menjadi rentan terhadap iritasi ataupun infeksi. Kandungan bedak salicyl yang berupa asam salisilat bisa menimbulkan efek samping berupa kulit kering dan iritasi pada kulit bayi.

Apabila ada indikasi terjadi biang keringat pada bayi, maka bedak salicyl boleh digunakan, namun hanya sebatas si kecil sedang terserang gatal-gatal karena biang keringat. Untuk penggunaan setiap hari, tidak dianjurkan. Apabila bayi terlalu mudah mengalami biang keringat, maka usahakan untuk menjaga kondisi bayi tidak terlalu panas. Gunakan baju yang tipis dan menyerap keringat serta mandikan anak 2 kali sehari untuk meminimalkan terjadinya biang keringat.

[Almasshabur]

Baca juga  Info Lengkap Harga Terbaru Produk Cream Wajah Rifskin
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Harga Bedak Salicyl Terbaru, Atasi Gatal dan Biang Keringat"