Terbaru, Harga Pakan Konsentrat 511 untuk Ayam Ternak

Bagi Anda yang bergerak dalam bisnis budidaya ternak ayam pedaging atau petelur, tentunya sudah paham bahwa pakan atau voer atau yang juga kerap disebut pur adalah kebutuhan yang sangat mendasar. Pakan yang baik seharusnya mempunyai kandungan bermacam-macam gizi seperti vitamin, mineral, karbohidrat, dan protein.

Terlebih bagi ayam yang baru saja menetas, pastinya membutuhkan pakan yang kandungan gizinya lengkap dan dikhususkan untuk perkembangan alat pencernaan. Karena itu, pakan yang mengandung protein memegang peranan cukup penting. Fase starter atau periode awal pada ayam adalah 1-5 minggu. Pada periode tersebut, ayam membutuhkan protein 17% dan energi 2.600 Kkal dalam setip kilogram ransumnya. Sementara, ternak ayam yang akan dipasarkan menjadi ayam potong atau pedaging sebaiknya diberi pakan sejak DOC (Day Old Chick) hingga umur 1 bulan menggunakan konsentrat starter khusus ayam pedaging dari pabrik seperti BR1 atau 511 yang biasanya memiliki kadar protein antara 22-24%.

harga, konsentrat, 511, 511b, 511 b, bravo, pt Charoen Pokphand, indonesia, ayam, ternak, pedaging, potong, petelur, pur, voer, voor, per, karung, sak, terbaru, 2017, 2018, daftar, malindo, berapa, jual, beli, dimana, kiloan, kilogram, kg, ecer, eceran

Peternak memberi makan ayamnya

Sebagai , konsentrat adalah pakan yang mengandung nilai protein cukup tinggi, sekitar 32%, dengan pemakaiannya tinggal ditambahkan jagung, bekatul, dedak padi, polar jagung, atau bahan lainnya, sehingga diperoleh campuran pakan siap konsumsi yang cocok untuk ayam ternak. Berbeda dari pakan konsentrat yang wajib dicampur dengan jagung atau sebagainya, pakan jadi penggunaannya tak perlu dicampur apa-apa lagi karena dianggap sudah lengkap kebutuhan nutrisinya.

Pakan konsentrat adalah pakan penguat untuk ternak yang terdiri dari satu atau campuran bahan pakan. Biasanya bahan pakan tersebut berasal dari limbah industri seperti mi instan afkir, roti afkir, dan sebagainya, atau limbah pertanian seperti bekatul maupun tumpi jagung, hasil samping olahan bahan pangan seperti tepung ikan, dedak, bungkil kedelai, maupun bermacam biji-bijian.

Pakan konsentrat starter untuk ayam pedaging umumnya diberikan dalam berbagai bentuk dan disesuaikan dengan peruntukannya. Bentuk ransum yang dikenal baik untuk ayam ternak biasanya berupa crumble atau butiran kecil. Pemberian pakan untuk tahap awal atau starter sebaiknya dilakukan secara berkelanjutan. Jadi, apabila tempat makan ayam sudah mulai terlihat kosong, sebaiknya segera diisi kembali agar ayam-ayam ternak tidak kelaparan dan kekurangan gizi.

Salah satu produsen atau pabrikan yang terkenal dengan produk pakan konsentrat 511-nya adalah PT Charoen Pokphand Indonesia. Pakan 511 Pokphand terdiri dari 2 jenis, yakni pakan 511 untuk starter ayam broiler yang per sak dijual dengan sekitar ratusan ribuan rupiah dan pakan 511 Bravo yang juga untuk starter ayam broiler yang dibanderol dengan tidak jauh berbeda.

Sayangnya penjelasan mengenai perbedaan antara pakan CP 511 dan 511 B tidak dijabarkan lebih lanjut. Menurut penjelasan di forum-forum, pakan 511 Bravo tingkatannya berada di bawah 511 Hi Provit, oleh sebab itu harganya pun dibanderol lebih murah dari pakan CP yang 511. Pakan ternak starter 511 ini biasanya diberikan pada ayam pedaging usia 1-21 hari atau umur 8-21 hari. Bentuk pakan 511 dari Pokphand sendiri adalah crumble. Pakan 511 dari Pokphand diklaim memiliki kandungan yang meliputi protein kasar 21-23%, lemak 5-8%, serat kasar 3-5%, hingga abu 4-7%.

harga, konsentrat, 511, 511b, 511 b, bravo, pt Charoen Pokphand, indonesia, ayam, ternak, pedaging, potong, petelur, pur, voer, voor, per, karung, sak, terbaru, 2017, 2018, daftar, malindo, berapa, jual, beli, dimana, kiloan, kilogram, kg, ecer, eceran

ayam usia sekitar seminggu (sumber: kukutarijir.blogspot.com)

Produk pakan Charoen Pokphand sendiri bukan hanya jenis 511 saja, tetapi juga ada pakan untuk ternak lain seperti pre-starter, finisher, pakan untuk ayam petelur pada fase grower, laying phase, hingga pakan untuk hewan ternak lainnya seperti ayam pembibit turunan, itik, ayam kampung, ayam aduan, burung puyuh, hingga pakan untuk sapi dan babi. Produk pakan ternak dari Charoen Pokphand ditawarkan sesuai dengan kebutuhan nutrisi pada setiap masa pertumbuhannya.

Harga Pakan Konsentrat 511

Untuk mencari konsentrat 511 sendiri tidak sulit, pasalnya hampir setiap agen atau distributor pakan ternak biasanya menyediakan jenis pakan satu ini. Selain menjual per karung, beberapa pedagang biasanya juga menjual konsentrat 511 dalam kemasan repack atau ecer untuk memudahkan para peternak skala kecil yang hanya membutuhkan pakan dalam jumlah sedikit.

Berdasarkan penelusuran dari beberapa situs jual beli yang ada di Indonesia, pakan Charoen Pokphand 511 ecer kemasan 1 kg dijual dengan harga sekitar Rp12 ribuan saja, sedangkan pakan Charoen Pokphand 511 Bravo harganya relatif lebih murah, hanya sekitar Rp9 ribu hingga Rp11 ribuan per 1 kg atau Rp5 ribuan per 500 gram. Sementara, apabila Anda membutuhkan lebih banyak, bisa membeli kemasan karung 50 kg dengan harga Rp470 ribu hingga Rp500 ribuan.

Membuat Konsentrat Starter

Pakan-pakan buatan pabrikan rata-rata memang cukup mahal karena memakai embel-embel ‘medicated’ atau telah disertai dengan obat-obatan tertentu yang dijanjikan dapat membuat ayam-ayam ternak Anda lebih sehat. Nah, jika Anda ingin mencoba peruntungan atau menghemat pengeluaran, Anda juga bisa mengasah keterampilan Anda dengan membuat konsentrat starter sendiri.

harga, konsentrat, 511, 511b, 511 b, bravo, pt Charoen Pokphand, indonesia, ayam, ternak, pedaging, potong, petelur, pur, voer, voor, per, karung, sak, terbaru, 2017, 2018, daftar, malindo, berapa, jual, beli, dimana, kiloan, kilogram, kg, ecer, eceran

Pur pakan konsentrat ayam petelur (sumber: Bukalapak)

Untuk membuat sekitar 50 kg konsentrat starter untuk ayam pedaging dibutuhkan sejumlah bahan baku yang terdiri dari premix 0,25 kg, tepung bulu unggas 2 kg, bungkil biji kapuk 0,5 kg, tepung daun pepaya 1 kg, bungkil kelapa 2,5 kg, tepung gaplek 1 kg, tepung ikan 6,75 kg, tepung darah 1,5 kg, dan kedelai sebanyak 1,5 kg.

Jika seluruh bahan baku sudah terkumpul, Anda bisa menggiling semua bahan tersebut secara halus untuk dijadikan tepung. Kemudian tepung hasil penggilingan tadi bisa Anda campurkan dengan jagung sebanyak 30 kg dan bekatul sebanyak 1 kg. Nah, konsentrat starter buatan Anda pun sudah siap diberikan pada ayam ternak pedaging.

(Panca)

Baca juga  Update Harga Beras Merah per Kilogram (All Merek)
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Terbaru, Harga Pakan Konsentrat 511 untuk Ayam Ternak"