Info Harga Media Tanam Arang Sekam/Sekam Bakar di Pasaran

Media tanam untuk bercocok tanam saat ini sangat bervariasi dan tidak hanya terbatas pada saja. Ada beberapa metode yang memungkinkan Anda untuk bercocok tanam dengan menggunakan media tanam berupa gel dan ada pula yang masih lebih menyukai media tanam yang sudah sangat populer, yaitu arang sekam alias sekam bakar.

Sekam padi hasil pengolahan akan menjadi limbah dan menumpuk jika tidak dimanfaatkan. Padahal keberadaannya sangat melimpah, sehingga perlu adanya inovasi pemanfaatan sekam padi agar menjadi produk atau bahan yang lebih bermanfaat. Dalam pertanian sekam dapat dipakai sebagai campuran pakan, alas kandang, dicampur di tanah sebagai pupuk, dibakar, atau arangnya dijadikan media tanam.[1]

Ilustrasi: Arang Sekam Untuk Hidpronik (credit: Youtube/Wisnu Grahawitara)

Ilustrasi: Arang Sekam Untuk Hidpronik (credit: Youtube/Wisnu Grahawitara)

Pemilihan media tanam yang tepat untuk tiap memang cukup sulit, sebab Anda perlu mengetahui di mana asli suatu tanaman agar dapat menanamnya dengan sukses di rumah. Arang sekam sendiri dikenal sebagai salah satu media tanam terbaik. Sekam bakar terdiri dari bulir padi-padian (serealia) berupa lembaran yang kering, bersisik, dan tak bisa dikonsumsi. Sekam padi (kulit gabah) adalah hasil penggilingan dari gabah.

Baca juga  Update Harga Pisang Tanduk per Buah dan per Sisir

Arang sekam berasal dari sekam padi yang telah melalui proses pembakaran. Baik yang sudah dibakar atau tidak dibakar mempunyai tingkat porositas yang sama. Dengan memakai arang sekam sebagai media tanam, Anda tak perlu melakukan sterilisasi lagi, sebab mikroba patogen telah mati saat proses pembakaran. Di samping itu, arang sekam mengandung karbon (C) yang sangat tinggi, sehingga sangat baik untuk dijadikan media tanam yang gembur. Sayangnya media arang sekam ini cenderung mudah lapuk.

Meski demikian, arang sekam memiliki sejumlah kelebihan seperti mudah mengikat air, memiliki sumber kalium (K) yang dibutuhkan tanaman, tak mudah menggumpal atau padat sehingga memudahkan akar tanaman untuk tumbuh secara sempurna. Arang sekam yang berwarna hitam ini terdiri dari 85-98% karbon dan sisanya adalah abu atau benda kimia yang lain. Selain menjadi media tanam, arang sekam dapat dimanfaatkan sebagai pupuk atau bahan baku briket arang. Bahkan ada pula yang menggunakannya sebagai bekatul untuk pakan ternak.

Yang lebih menguntungkan, media arang sekam bisa dipakai hingga beberapa kali. Selai tidak kotor, arang sekam mampu menyimpan air yang lebih lama dibandingkan media dengan tanah biasa. Di pasaran sendiri media tanam arang sekam atau sekam bakar dijual dengan harga yang sangat bervariasi. Selain arang sekam murni, ada pula penjual yang menawarkan arang sekam campuran (mix) yang dikombinasikan dengan beberapa bahan seperti humus, cocopeat, pupuk kandang, dan tanah.

Baca juga  Harga Buah Tin Segar Terbaru di Pasaran (Semua Varietas)

Manfaat Arang Sekam

  • Dapat memperbaiki struktur fisik, kimia, dan biologi tanah.
  • Meningkatkan porositas tanah menjadi lebih gembur.
  • Dapat menekan jumlah mikroba patogen dan logam berbahaya dalam kompos.

Adanya arang sekam dapat berperan sebagai media yang baik bagi tumbuh dan berkembangnya organisme hidup. Terlebih secara kimia, arang sekam memiliki kandungan unsur hara penting, mulai dari nitrogen, kalium, kalsium, dan magnesium. Keasaman arang sekam terbilang netral sampai alkalis dengan kisaran pH 6,5 sampai 7. Lalu berapa harga arang sekam di pasaran saat ini?

Ilustrasi: Penggunaan Arang Sekam Untuk Media Tanam (credit: pertanianku)

Ilustrasi: Penggunaan Arang Sekam Untuk Media Tanam (credit: pertanianku)

Harga Arang Sekam

Jenis Arang SekamKisaran Harga (Rp)
Arang murni 250 gram2.500
Arang sekam campuran per 500 gr3.500
Arang murni 500 gram5.000
Arang sekam bakar kemasan 1 kg18.000
Arang sekam bakar per 3 kg30.000

Jika dibandingkan penjualan selama tiga tahun terakhir mulai 2017, harga arang sekam relatif stabil.  Harga arang sekam campuran ini dijual Rp3.000 per 500 gram. Sedangkan arang sekam murni dengan berat 250 gram dibanderol Rp2.500. Anda juga bisa membelinya secara dengan harga jual per 3 kilo kisaran Rp29 ribu.

Baca juga  Info Cara Budidaya dan Harga Aglonema Red Sumatra

Sementara itu menginjak 2021, harga arang sekam naik meski tidak signifikan dari 2020. Arang sekam bakar mengalami kenaikan dari harga Rp29 ribu menjadi Rp30 ribu untuk kemasan per 3 kilogram. Sedangkan arang campuran dengan kemasan 500g naik dari harga Rp3 ribu menjadi Rp3.500. Saat ini, Anda juga dapat membeli arang sekam bakar dengan kemasan seharga Rp18 ribuan.

Tak sulit menemukan arang sekam, Anda dapat membelinya di toko bunga atau pertanian terdekat. Untuk lebih praktis, dapat pula membeli secara online di berbagai situs e-commerce yang ada di Indonesia. Harga arang sekam dapat berbeda-beda di setiap tempat, tergantung kebijakan pihak penjual. Sebagai bahan referensi, Anda dapat mengakses sejumlah situs online untuk membandingkan harga pasaran.

[Update: Ditta]

[1] Nurlia, dkk. Mix Sekam Padi, Bonggol Jagung dan Tempurung Kelapa Sebagai Pestisida Alami (Jakarta:  CV Jejak (Jejak Publisher), 2020), hlm. 35

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Harga Media Tanam Arang Sekam/Sekam Bakar di Pasaran"