Harga Landak Mini Albino Dewasa dan Baby

Landak mini merupakan mamalia insektivora asal Afrika yang populer dijadikan peliharaan karena tidak berbahaya dan memiliki bentuk fisik yang imut. Terdiri dari banyak jenis, yang terbilang paling laris di pasaran adalah landak mini albino, meskipun harga jualnya tidak bisa dibilang murah.

landalandak mini albino (sumber: treehugger.com)k mini albino (sumber: wall.alphacoders.com)
landak mini albino (sumber: treehugger.com)

Karakteristik Landak Mini Albino

Landak mini albino mudah dikenali dari duri-durinya yang kecil di punggung dan rambut halus di perutnya. Landak mini albino memiliki ciri khas dari ujung kepala hingga ekor berwarna putih. Sementara itu, hidung, telinga, dan telapak kakinya berwarna dengan semburat merah muda.

Bacaan Lainnya

Seperti namanya, ini adalah mamalia mungil dengan ukuran tubuh hanya mampu mencapai 17-25 cm.[1] Ukuran tubuhnya yang mungil akan mempermudah Anda dalam memeliharanya. Terbilang cukup fleksibel, beberapa orang kerap membawanya -jalan. Ini juga karena landak mini albino terbilang sangat jinak dan ramah.

Meskipun termasuk mamalia, landak mini albino tidak bisa dipelihara di ruangan yang terlalu panas. Temperatur ideal untuk memelihara landak mini albino berkisar 23 derajat Celsius hingga 25 derajat Celsius. Usahakan agar temperatur kandang maupun ruangan tidak kurang dari 18 derajat Celsius.

Baca juga  Info Terbaru Harga Perawatan di Farina Beauty Clinic Karawang

Jika Anda ingin mengajak landak mini untuk -jalan di luar ruangan, pastikan Anda membawa box khusus. Beberapa orang ada yang membawa tas kecil sebagai wadah landak mini. Namun, ada juga yang membawanya dalam kantong, ini tidak terlalu disarankan jika cuaca di luar ruangan terlalu panas atau dingin.

Jika Anda memaksakan landak mini albino dibawa ke luar ruangan saat cuaca sedang panas, maka landak bisa terkena heat stroke. Jika itu tidak segera diatasi, landak bisa mati. Heat stroke pada landak mini albino adalah penyebab kematian yang paling umum. Gejala heat stroke pada landak mini bisa memicu gangguan jantung dan metabolisme pada tubuhnya. [2]

Perbedaan Landak Mini Albino dan Platinum

Meskipun terlihat mencolok dengan warna bulunya yang putih, banyak orang bingung membedakan landak mini albino dengan jenis lainnya seperti landak mini platinum. Dua jenis landak mini ini terlihat mirip, karena sama-sama mempunyai bulu berwarna putih. Lalu, apa yang membedakan keduanya?

Baca juga  Info Terkini Harga Mesin Kopi La Marzocco

Perhatikan lebih detail, maka Anda akan menemukan perbedaannya. Landak platinum memiliki duri yang mengilap saat terkena matahari, berbeda dengan landak albino. Selain itu, perhatikan matanya secara detail. Seperti albino pada umumnya, landak albino mempunyai mata berwarna merah terang tanpa ada pupil berwarna hitam. Ini berbeda dengan landak platinum yang bermata hitam. Bagian pinggir mata landak platinum berwarna keperakan, sementara albino putih dengan semburat merah muda.

Meskipun memiliki ciri fisik berbeda cara memelihara landak mini albino sama seperti landak mini platinum. Untuk lebih jelas, berikut cara memelihara landak mini albino.

landak mini albino (sumber: wall.alphacoders.com)
landak mini albino (sumber: wall.alphacoders.com)

Cara Memelihara Landak Mini Albino

  • Pilih lokasi pemeliharaan yang tidak terlalu panas atau dingin. Lokasi harus terlindung dari matahari secara langsung. Sebaiknya, Anda memilih di dalam rumah. Selain itu, pastikan lokasi terhindar dari polusi dan kendaraan.
  • Siapkan kandang khusus untuk memelihara landak mini. Anda bisa menggunakan akuarium berukuran besar atau kotak kayu. Pastikan media pemeliharaan cukup tinggi untuk melindungi landak mini dari serangan lain, seperti kucing, dan anjing.
  • Kandang harus dilengkapi dengan tempat makan, tempat minum, mainan khusus untuk landak mini, dan alas. Untuk alasnya, Anda bisa menggunakan serpihan kayu, jerami, pasir, atau cocopeat. Namun, lebih disarankan untuk menggunakan serpihan kayu karena mudah ditemukan dan awet.
  • Bersihkan kandang setiap hari sambil mengganti air minumnya dengan air yang jenis. Selain itu, pastikan Anda selalu memberikan pakan yang bergizi supaya landak tidak mudah stres.
Baca juga  Info Harga Ayam Ringneck Hijau (Anakan & Dewasa)

Pastikan Anda melakukan cara di atas supaya landak mini albino terhindar dari penyakit. Sementara itu, berapa harga landak mini albino saat ini?

Harga Landak Mini Albino

Kategori Harga Landak Mini Albino Harga (Rp)
Landak Mini Albino Baby Betina 120.000
Landak Mini Albino Baby Jantan 130.000
Landak Mini Albino Baby Jantan & Betina 220.000
Landak Mini Albino Indukan Betina 250.000
Landak Mini Albino Indukan Jantan 375.000
Landak Mini Albino Indukan Jantan & Betina 550.000

Harga landak mini albino di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Tentunya, harga landak mini bisa berubah sewaktu-waktu.

 

 

[1] Ramadita, Feni Rianti & Intan Maria Paramita. 2019. Heat Stroke pada Landak Mini Afrika (Atelerix albiventris). ARSHI InstitutPertanian Bogor, Vol. 3(2): 29-30.

[2] Ibid.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.