Info Terbaru Harga Karung Plastik 40 x 70 cm (Polos & Laminasi)

Beras hingga kini masih menjadi komoditas pangan utama yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Selain harga yang murah, beras juga termasuk yang mengenyangkan. Nah, beras dalam jumlah besar biasanya dikemas dalam karung plastik atau karung goni. Ukuran karung beras pun bervariasi, namun beberapa pabrik biasanya membuat karung beras laminasi untuk kemudian dilabeli dengan merek tertentu.

 Karung Plastik 40 x 70 cm (sumber: www.tokopedia.com)
Karung Plastik 40 x 70 cm (sumber: www.tokopedia.com)

Karung beras dari plastik biasanya lebih disukai karena mampu menyimpan beras secara lebih awet dibandingkan dengan karung goni. Selain itu, karung beras dari plastik juga bisa menjaga beras di dalamnya agar tidak mudah basah atau terkena air. Jahitan karung beras dari plastik pun umumnya lebih kuat, sehingga beras yang dimuat di dalamnya tidak mudah bocor atau berceceran ketika dikemas atau hendak dibawa.

Bacaan Lainnya
Baca juga  Update Kisaran Harga Minyak Kelapa Sawit per Liter & per Kg

Nah, untuk menancapkan produknya, banyak perusahaan yang memberikan label pada karung beras produksi mereka. Beberapa pabrik karung plastik biasanya melayani laminasi karung untuk merk-merk beras seperti Pak Tani, Bunga, Super, Bianglala, Cendrawasih, Putri Agri, Tomat Cherry, Kepala Singa, Aprikot, dan sebagainya. Namun, pembelian karung plastik untuk beras biasanya hanya dilayani untuk pembelian dalam jumlah besar (grosir) seperti 1.000 lembar, 5.000 lembar, atau jumlah lainnya yang disepakati.

Tipe karung beras laminasi setidaknya ada dua, ada yang hanya dilaminasi 50 persen, yakni di satu sisi, namun ada pula 100 persen laminasi dengan laminasi bolak-balik (bagian depan dan belakang). Namun biasanya, karung beras laminasi dijual dengan harga lebih mahal dari karung beras plastik polos. Ukuran karung plastik yang ditawarkan juga sangat bermacam-macam, tergantung berapa kilogram beras yang hendak dijual. Sebab, ukuran karung biasanya menyesuaikan dengan beras.

Jika Anda termasuk produsen beras atau penjual beras, tidak sulit menemukan karung plastik untuk menjual beras Anda. Di pasaran, sudah tersedia beragam tipe dan ukuran karung plastik, mulai dari yang hingga yang besar, mulai yang model polos hingga laminasi. Harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung tipe yang Anda beli.

Baca juga  Info Terbaru Harga Meteran 50 Meter dan 100 Meter
Ilustrasi: Pembuatan Karung Beras Plastik (credit: Youtube/Ratnanto Ratnanto)
Ilustrasi: Pembuatan Karung Beras Plastik (credit: Youtube/Ratnanto Ratnanto)

Harga Karung Plastik 40 x 70 cm

Untuk karung plastik polos ukuran 40 x 70 cm misalnya, yang biasanya untuk mengemas beras 20 kg, harganya tahun 2022 mulai Rp1.050 per lembar, tetapi ada juga yang menjualnya dengan harga Rp2.000 per lembar. Nilai jual karung plastik tersebut masih sama dengan tahun 2021. Jika Anda membeli per pack, karung plastik warna hitam dengan merek Laris sekarang ditawarkan dengan harga mulai Rp35.000 tahun 2022, naik dari Rp31.500 per pack di tahun 2021.

Lalu, berapa harga karung plastik yang telah diberi laminasi? Harganya memang agak mahal daripada karung plastik polos, meskipun tidak berbeda jauh. Untuk karung plastik laminasi 50 persen (satu sisi), harganya tahun 2022 mulai Rp2.550, naik dari Rp2.200 per lembar tahun 2021. Sayang, banyak penjual yang tidak menyediakan karung plastik laminasi 100 persen (dua sisi).

Harga karung plastik tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada tahun 2019, harga karung plastik polos ukuran 40 x 70 cm berkisar Rp1.000 hingga Rp24.000 per lembar, sedangkan untuk plastik yang telah dilaminasi harganya Rp2.400 per lembar. Sementara itu, tahun 2020, harga karung plastik polos ukuran 40 x 70 cm berkisar Rp1.250 hingga Rp2.200 per lembar dan untuk plastik yang telah dilaminasi dibanderol mulai Rp2.700 per lembar.

Baca juga  Review & Info Terbaru Harga YSL Le Cushion Encre De Peau

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.