Info Harga & Cara Membeli Pulsa Token Listrik di Alfamart

Sejak beberapa tahun belakangan, PT Perusahaan Negara () mulai gencar mempromosikan listrik dengan sistem prabayar (prepaid system) atau yang lebih dikenal dengan listrik token. Jika listrik pascabayar memakai sistem tagihan di akhir atau awal bulan, maka mengharuskan Anda untuk membeli pulsa token terlebih dahulu sebelum menggunakan listrik di rumah.

harga, token, listrik, di, alfamart, tarif, 2017, 2018, indomaret, alfamidi, terbaru, 100 ribu, rupiah, rp, jual, pulsa, cara, membeli, melalui, hp, beli, dimana, murah, berapa, biaya, tarif, administrasi, admin, kasir

Ilustrasi: listrik memberi penerangan

Dibandingkan listrik pascabayar, listrik prabayar disebut-sebut menawarkan berbagai kemudahan, misalnya bebas dari abonemen atau administrasi bulanan, penggunaan listrik yang bisa diatur secara mandiri oleh pelanggan, hingga tak adanya sistem ‘pencabutan’ meteran listrik seperti pada pelanggan pascabayar yang lama menunggak tagihan.

Pembelian token listrik PLN pun bisa dilakukan melalui berbagai macam cara, mulai dari counter-counter pulsa yang melayani PPOB dan pembelian token listrik prabayar, melalui internet banking, ATM bank, SMS banking lewat HP, hingga di minimarket seperti , Alfamidi, dan Indomaret. Harga token listrik yang berlaku di setiap mini market pun bisa saja berbeda-beda. Berikut informasi terbarunya.

Harga Token Listrik di Alfamart

Alfamart menyediakan pulsa token atau stroom listrik prabayar PLN dengan nominal mulai dari yang paling kecil atau paling rendah sebesar Rp 20 ribu, Rp 50 ribu, Rp 100 ribu, Rp 200 ribu, Rp 500 ribu, hingga nominal paling besar mencapai Rp 1 juta. Pada dasarnya harga token listrik di Alfamart sesuai dengan nominal token yang hendak Anda beli, jadi bila membeli token listrik Rp 20 ribu, harga yang berlaku di Alfamart pun Rp 20 ribu, demikian pula untuk nominal-nominal lainnya.

harga, token, listrik, di, alfamart, tarif, 2017, 2018, indomaret, alfamidi, terbaru, 100 ribu, rupiah, rp, jual, pulsa, cara, membeli, melalui, hp, beli, dimana, murah, berapa, biaya, tarif, administrasi, admin, kasir

Meteran listrik token (sumber: Kaskus)

Akan tetapi, pihak Alfamart mengenakan untuk setiap pembelian token listrik prabayar di seluruh gerai yang berada di Indonesia. Besaran tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Namun menurut informasi terbaru tahun 2018 ini, setiap pembelian token listrik prabayar di Alfamart akan dikenai sebesar Rp 3.500. Jadi, bagi Anda yang membeli pulsa token PLN dengan nominal Rp 50 ribu, maka total biaya yang harus Anda keluarkan adalah Rp 53.500, lengkap setelah dijumlah dengan biaya administrasinya.

Baca juga  Info Terbaru Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Museum Angkut di Batu

Anda bisa membeli token listrik sesuai kebutuhan untuk 1 bulan, misalnya hanya Rp 100 ribu atau mungkin Rp 50 ribu bagi Anda yang penggunaan listriknya tidak terlalu banyak. Namun bila Anda ingin berhemat, Anda juga bisa langsung membeli token listrik dalam nominal besar, misalnya saja Rp 200 ribu, Rp 500 ribu, atau bahkan Rp 1 juta. Sistem listrik prabayar memang sudah sedemikian pintar, sehingga apabila bulan ini ada kelebihan stroom atau kWh di meteran listrik prabayar Anda, sisa kWh tersebut tidak akan hangus dan masih bisa Anda gunakan hingga bulan berikutnya atau beberapa waktu ke depan. Asyik sekali bukan?

Jumlah listrik atau kWh yang Anda dapatkan pun bisa saja berbeda-beda untuk setiap wilayah. Namun sebagai gambaran, untuk nominal token listrik Rp 50 ribu biasanya akan mendapatkan isi ulang listrik sebanyak 31,9 kWh. Namun untuk lebih jelasnya, sebaiknya tanyakan pada petugas atau kasir Alfamart saat hendak bertransaksi membeli token listrik.

Baca juga  Update Fasilitas, Cabang, dan Tarif Hotel Fiducia

Cara Membeli Pulsa Token Listrik di Alfamart

harga, token, listrik, di, alfamart, tarif, 2017, 2018, indomaret, alfamidi, terbaru, 100 ribu, rupiah, rp, jual, pulsa, cara, membeli, melalui, hp, beli, dimana, murah, berapa, biaya, tarif, administrasi, admin, kasir

Kartu listrik pintar (sumber: lapor.go.id)

  1. Catat dulu nomor ID PLN atau nomor meteran listrik di tempat tinggal Anda. No ID Pelanggan ini berguna untuk proses pengisian pulsa token di Alfamart kelak.
  2. Kunjungi Alfamart terdekat dari rumah Anda dan langsung menuju kasir untuk melakukan pembelian token listrik PLN.
  3. Sebutkan nominal token listrik yang hendak Anda beli, apakah Rp 20 ribu, Rp 50 ribu, 100 ribu, Rp 200 ribu, Rp 500 ribu, atau bahkan Rp 1 juta. Pihak kasir Alfamart nantinya akan menanyakan ID PLN yang telah Anda catat sebelumnya.
  4. Kemudian kasir Alfamart akan memproses pembelian token listrik Anda dan menyebutkan jumlah harga token listrik yang harus Anda bayar.
  5. Nah, bila Anda telah melunasi pembayaran token listrik prabayar, kasir akan memberikan struk yang berisi nomor token listrik untuk mengisi meteran prabayar Anda di rumah. Ingat, struk itu harus Anda simpan baik-baik agar nantinya bisa diisikan di meteran listrik prabayar Anda di rumah sesuai dengan angka-angka yang tertera di struk.
  6. Sebelum meninggalkan Alfamart, periksa baik-baik struk token listrik yang Anda dapatkan dari kasir Alfamart tadi. Periksa, apakah semua angka bisa terbaca dengan jelas atau tidak. Jika ada angka yang tak dapat terbaca secara jelas, sebaiknya segera tanyakan pada kasir Alfamart agar tulisan pada struk bisa diperjelas atau dicetak ulang.
Baca juga  Update Harga Anchor Bolt Sanko M12 (Semua Ukuran)

Tips bagi Anda yang ingin membeli token listrik di Alfamart, sebaiknya jangan lakukan pembelian token listrik di jam-jam yang terlalu malam. Pasalnya, tidak semua Alfamart buka selama 24 jam. Selain itu, karena pembelian token listrik juga kabarnya tidak bisa dilakukan selama 24 jam, sebab jam 23.00 (11 malam) sampai jam 01.00 (dini hari) server PLN sedang dalam kondisi offline, sehingga pembelian pada jam-jam tersebut biasanya akan bermasalah atau pulsa token Anda tidak bisa segera masuk.

Jadi sebaiknya belilah pulsa token listrik di luar jam-jam tersebut, entah pagi hari sebelum berangkat kerja, siang hari pada jam istirahat, atau mungkin sore dan malam hari setelah Anda pulang kerja. Selain itu, sering-seringlah melihat promo token listrik yang ditawarkan oleh Alfamart maupun Indomaret. Biasanya kedua gerai mini market ini menawarkan promo harga token listrik yang lebih murah daripada biasanya saat sedang ada promo.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Harga & Cara Membeli Pulsa Token Listrik di Alfamart"