Info Terbaru Kisaran Harga Batu Intan Mentah

Batu intan atau batu mentah adalah batu berlian yang belum dipotong dan diasah oleh ahli berlian. Biasanya, setelah ditambang, berlian mentah yang memiliki kualitas cukup tinggi dan akan dijadikan perhiasan dan dijual dengan harga relatif mahal. Sementara itu, berlian mentah yang berkualitas rendah lebih sering digunakan dalam industri karena sifat fisik mereka.

Batu intan mentah (sumber: mldspot.com)
Batu intan mentah (sumber: mldspot.com)

Selama ini, Anda mungkin lebih mengenal berlian dengan potongan-potongan cantik yang sudah dalam wujud perhiasan yang indah dan berkilauan. Namun, berbeda dari berlian perhiasan, batu intan mentah kabarnya jarang dipakai sebagai perhiasan lantaran memiliki bentuk yang kalah cantik dari berlian. Karena itu, harga batu intan mentah umumnya cenderung lebih murah dibanding berlian yang sudah diolah.

Bacaan Lainnya

Keunggulan Batu Intan

  • Sumber investasi baik sebagai perhiasan.
  • Diklaim membantu meningkatkan suasana hati.
  • Dipercaya mendatangkan keberuntungan bagi pemakainya.
  • Meningkatkan kepercayaan diri.
  • Dipercaya dapat menangkal energi negatif.

Kualitas berlian dapat dilihat melalui berbagai faktor, mulai dari potongan berlian (cut), tingkat kejernihan (clarity), besaran karat (carat), dan juga (). Batu intan perlu diolah dan dipotong hingga menjadi berlian bukan karena semata agar tampilannya makin cantik, tetapi agar mempunyai bentuk yang lebih proporsional dan lebih maksimal dalam memantulkan cahaya. Proses pengolahan itulah yang membuat berlian yang dipotong tampak lebih berkilau dibandingkan berlian mentah atau batu intan.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Setelah dipotong, berlian juga masih haru dipoles supaya tampilannya lebih berkilauan. Biasanya, berlian yang mempunyai permukaan kasar akan cenderung mempunyai cahaya yang lebih terang. Namun sayang, berlian semacam itu memiliki tampilan yang kurang cemerlang, sehingga kurang begitu maksimal dalam memancarkan kilaunya.

Untuk mewujudkan keempat kriteria berlian yang berkualitas tersebut, para ahli potong berlian biasanya akan berupaya untuk memotong satu atau lebih batu berlian yang menghasilkan tingkat kejernihan tinggi, memiliki proporsi ideal, dan berukuran sebesar mungkin. Namun, untuk menghasilkan berlian kualitas terbaik yang memenuhi kriteria-kriteria tersebut, terkadang begitu sulit untuk dilakukan. Karena itu, para ahli potong berlian kadang terpaksa mengorbankan salah satu faktor agar dapat menghasilkan berlian dengan kualitas yang lebih baik.

Sebagai , apabila ingin meningkatkan tingkat kejernihan suatu berlian, maka sepotong berlian kasar terpaksa harus dikurangi ukurannya supaya dapat menghapus cacat yang terlihat. Atau, bisa juga jika ingin clarity yang tinggi, batu berlian terpaksa dipotong dengan proporsi yang kurang ideal untuk memaksimalkan ukurannya.

Faktor Penentu Kualitas Batu Intan Mentah

Lalu, bagaimana dengan berlian atau batu intan mentah yang masih belum diolah? Tak jauh berbeda dengan berlian, batu intan mentah yang berkualitas juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya saja tingkat kejernihan atau clarity. Seperti halnya berlian, batu intan mentah juga dilihat kualitasnya dari tingkat kejernihan. Apabila batu intan mentah semakin jernih, maka kualitasnya pun dianggap semakin tinggi.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Faktor berikutnya adalah warna. Batu intan mentah yang ditambang biasanya mempunyai warna kuning atau kecokelatan. Apabila warna itu semakin kuat, maka semakin rendah kualitasnya. Sebaliknya,, apabila intan mentah tidak berwarna, maka nilainya dianggap semakin tinggi. Namun, hal ini tidak berlaku bagi batu intan mentah dengan warna yang sangat langka. Jadi, meski berwarna, berlian mentah itu dianggap berkualitas dan bernilai tinggi.

Nilai karat atau ukuran berat berlian (1 karat berlian = 200 mg) juga ikut memengaruhi kualitasnya. Suatu berlian dinilai memiliki kualitas tinggi apabila bobotnya semakin berat. Namun, hal itu tak berlaku untuk berlian kasar atau batu intan. Intan dengan jumlah karat lebih besar ternyata tidak selalu mempunyai kualitas yang tinggi. Bongkahan berlian mentah yang bobotnya berat kualitasnya akan kalah dengan berlian mentah yang jumlah karatnya lebih tetapi lebih bersih.

Hal yang berpengaruh terkait dengan bentuk potongannya. Ini menentukan apakah bila intan mentah tersebut dipotong dan dipoles oleh ahli perhiasan nantinya, dapat menghasilkan berlian dengan ukuran berat lebih besar atau lebih kecil. Di pasaran saat ini sudah banyak pedagang yang menjual batu intan mentah dalam berbagai besaran karat. Berikut daftar harga batu intan mentah yang ada di pasaran.

Batu berlian mentah (sumber: lucapa.com)
Batu berlian mentah (sumber: lucapa.com)

Harga Batu Intan Mentah

Kategori Batu Intan Mentan Harga
Intan berlian mentah 0.26 ct Rp280.000
Intan berlian mentah 0,38 ct Rp997.000
Intan berlian mentah 0.60 ct Rp1.500.000
Intan berlian mentah 1.15 ct Rp4.000.000
Batu intan berlian mentah 0.90 ct Rp4.100.000
Intan berlian mentah rough diamond 1.20 ct Rp4.500.000
Intan berlian mentah 1.30 ct Rp4.500.000
Intan buntat mentah 1.25 ct Rp4.500.000
Intan berlian mentah rough diamond.99 ct Rp6.500.000
Berlian mentah 1.08 ct Rp8.500.000
Intan berlian mentah 2.35 crt Rp8.750.000
Intan berlian mentah 2.68 ct Rp9.000.000
Intan mentah 1.87 ct Rp10.000.000
Intan mentah 1.22 ct Rp11.000.000
Intan berlian mentah rough diamond 1.60 ct Rp11.500.000
Rough diamond 2.02 ct Rp15.000.000
Intan berlian 5.25 ct Rp22.500.000
Intan mentah 3.30 ct Rp25.000.000
Intan mentah 2.12 ct Rp35.000.000
Intan mentah 8.38 ct Rp35.000.000
Intan mentah 12 ct Rp400.000.000
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Informasi harga batu intan mentah di atas diperoleh dari sejumlah sumber yang ada di internet. Jika dibandingkan tahun lalu, harganya saat ini tidak jauh berbeda. Namun, perlu diketahui bahwa harga batu intan mentah di antara satu tempat dengan yang lain bisa berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

[Update: Panca]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. Saya punya Batu mirip dengan intan mentah, dalam bongkahan seperti lumpur vulkanik, asal nya dari papua, apakah asli intan atau bukan