Update Harga Insto Obat Mata Semua Varian (Biru & Hijau)

Mata dan merah adalah gejala mata kering yang harus segera diatasi supaya tidak menjadi iritasi. Untuk mengobatinya, Anda bisa menggunakan obat mata merk Insto yang dijual bebas di apotek. Obat ini memiliki dua varian dengan kemasan biru dan hijau yang dijual dengan harga relatif terjangkau.

Menggunakan Insto untuk mata kering (sumber: deamerina.com)
Menggunakan Insto untuk mata kering (sumber: deamerina.com)

Obat mata adalah sediaan medis yang dipakai untuk mengatasi mata seperti mata kering, kemerahan, dan infeksi.[1] Khusus untuk obat mata Insto yang memiliki dua jenis, memiliki indikasinya masing-masing dan tidak hanya sebatas untuk mengatasi mata tersebut. Untuk lebih jelas mengenai varian Insto, Anda bisa melihat ulasan berikut.

Bacaan Lainnya

Insto Regular

Insto Regular (sumber: shopee)
Insto Regular (sumber: shopee)

Varian obat mata Insto yang lumayan sering dicari orang adalah Insto reguler atau Insto hijau. Dikemas dalam kotak kardus berwarna hijau, produk ini tergolong obat bebas terbatas yang artinya hanya dijual di apotek dan toko obat berizin, tetapi bisa Anda dapatkan tanpa resep dokter.

Insto Reguler tersedia dalam dua varian kemasan, yakni kemasan botol plastik tetes isi 7,5 ml dan 15 ml. Anda bisa membelinya sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda membutuhkannya hanya untuk pengobatan, mungkin Anda bisa membeli kemasan 7,5 ml. Sementara itu, untuk penggunaan harian, disarankan membeli yang ukuran 15 ml.

Baca juga  Info Harga Kopi Radix di Pasaran

Tergolong sub kategori obat dekongestan, anestesi dan antiinflamasi mata, Insto Regular memiliki indikasi untuk mengatasi mata perih, mata karena iritasi (debu, asap, angin, air, zat kimia), terlalu banyak membaca, pedih akibat menatap layar gadget, dan terkena air kolam renang. Selain itu, untuk kebutuhan harian, obat ini dipakai untuk mengatasi mata lelah.

Tentunya, semua indikasi Insto Regular tidak lepas dari komposisinya. Dalam satu tetesnya, obat ini mengandung 0,05% tetrahidrozolin hcl dan 0,01% benzalkonium chloride. Meskipun mengandung bahan yang aman dan ringan untuk golongan obat mata, sediaan medis ini tidak bisa dipakai sembarangan, apalagi bagi pasien yang memiliki riwayat hipertensi dan glaukoma.

Selain itu, Anda tidak disarankan untuk memakai obat mata ini secara berlebihan atau tidak sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Ada beberapa efek samping yang bisa muncul jika Anda tidak memperhatikan hal ini, antara lain mata perih, sensasi panas, dan hiperemia. Dilansir dari K24Klik, obat ini memiliki dosis sehari tiga hingga empat kali dua hingga tiga tetes setiap mata per hari.

Baca juga  Update Biaya Operasi Lasik Mata Silinder dan Efek Sampingnya

Insto Dry Eyes

Insto Dry Eyes (sumber: ekaaprilya.com)
Insto Dry Eyes (sumber: ekaaprilya.com)

Varian Insto lainnya adalah Insto Dry Eyes atau biasa disebut dengan Insto Biru, karena dikemas dalam botol bertutup biru. Meskipun begitu, kemasan kartonnya berwarna hijau muda dengan gambar mata berwarna kebiruan. Sama seperti varian Insto sebelumnya, ini adalah obat bebas terbatas yang bisa Anda beli tanpa resep dokter di apotek terdekat.

Termasuk golongan obat antiinfeksi dan antiseptik mata, Insto Dry Eyes memiliki indikasi untuk memberikan efek pelumas seperti air mata, mengatasi gejala kekeringan pada mata, dan meringankan iritasi mata akibat kekurangan air mata. Selain itu, produk ini bisa dijadikan sebagai sediaan medis untuk menghidrasi softlens atau pelumas mata palsu.

Tersedia dalam satu varian kemasan isi 7,5 ml, Insto Dry Eyes mengandung 3 mg/ml hydroxypropyl methylcellulose dan 0,1 mg/ml benzalkonium Cl. Dengan kandungannya yang cukup ringan sebagai obat tetes mata, Anda dianjurkan memakai obat ini dengan dosis tiga kali sehari sebanyak satu hingga dua tetes pada tiap mata.

Meskipun bisa dipakai untuk harian, Anda tidak dianjurkan memakai obat ini lebih dari satu bulan. Dikhawatirkan, ada beberapa efek samping yang bisa muncul jika produk yang sudah dibuka selama satu bulan lebih dipakai, antara lain iritasi menetap, sakit kepala, sakit mata, dan penglihatan. Selain itu, sediaan farmasi ini tidak dianjurkan untuk ibu dan menyusui.

Baca juga  Dosis & Harga Obat Mycostatin Terbaru

Bagi Anda yang membutuhkan Insto untuk keperluan harian sekaligus untuk mengobati mata yang iritasi, pastikan Anda mengetahui harganya. Sehingga, Anda bisa memperkirakan anggaran yang dibutuhkan.

Harga Insto Biru dan Hijau

Varian Insto Harga
Insto Regular Hijau 7,5 ml Rp14.785
Insto Dry Eyes Biru 7,5 ml Rp16.491
Insto Regular Hijau 15 ml Rp22.436

Harga Insto di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk apotek online. Harga Insto tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga Insto biru dan hijau tahun 2022 tidak mengalami banyak perubahan. Sebagai contoh, Insto Regular Hijau 7,5 ml yang dibanderol Rp14.772 tahun 2021, naik menjadi Rp14.785 tahun 2022.

[Update: Almas]

[1] Kurniawansyah, Insan Sunan, dkk. 2018. Penggunaan Obat Mata yang Rasional di Desa Cilayung Kecamatan Jatinangor. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Padjadjaran, Vol. 2(1): 41-43.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.