Info Terbaru Harga Obat Cataflam (Tablet dan Drop)

Bagi Anda yang pernah mengalami sakit karena gigi berlubang atau kondisi lainnya, tentu sudah tak asing lagi dengan obat yang dinamakan Cataflam. Produk ini hampir selalu ada di setiap apotek karena memang banyak dicari oleh para penderita sakit gigi, salah satunya karena harga jualnya terjangkau.

Ilustrasi: Sakit Gigi yang Menyiksa (credit: olentangymoderndental)
Ilustrasi: Sakit Gigi yang Menyiksa (credit: olentangymoderndental)

Cataflam tergolong obat yang umum diresepkan untuk mengobati sakit gigi. Obat produksi Novartis ini memiliki logo lingkaran berwarna merah bergaris tepi hitam dengan huruf ‘K’ di dalamnya, yang menandakan bahwa obat ini termasuk jenis obat keras yang dapat diperoleh dengan resep dokter. Meskipun dikenal ampuh dan mujarab mengatasi sakit gigi, obat semacam Cataflam tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara sembarangan apalagi dikonsumsi dalam jangka panjang.

Bacaan Lainnya

Selain dikenal sebagai obat sakit gigi, Cataflam juga dikenal sebagai obat pereda rasa nyeri, obat gusi bengkak, dan sebagainya. Dalam Cataflam, mengandung kalium diklofenak yang memiliki indikasi sebagai berikut.

Indikasi Cataflam

  • Mengurangi rasa nyeri pada sendi, tulang, dan otot seperti keseleo, tendinitis, bursitis, dislokasi, dan sebagainya.
  • Mengendalikan rasa sakit serta untuk pasien pasca-operasi atau pencabutan gigi.
  • Mengatasi nyeri pada sakit kepala, migrain, sakit punggung, osteoarthritis, nyeri , asam urat, rematik, dan nyeri kronis pada kanker.
  • Mengobati inflamasi atau radang.
  • Membantu mengurangi rasa nyeri atau kram saat datang bulan atau menstruasi.

Obat Cataflam sendiri ada beberapa jenis, yakni Cataflam tablet 25 mg dan 50 mg, Cataflam D, Cataflam Fast, dan Cataflam Drop yang berbentuk cair. Cataflam tablet biasanya lebih cocok untuk dikonsumsi orang dewasa, sedangkan Cataflam Drop bisa dikonsumsi karena berbentuk cair sehingga lebih mudah ditelan.

Cataflam sebaiknya dikonsumsi setelah makan atau bersamaan dengan makan. Namun, jika ingin mengonsumsi Cataflam, tidak disarankan untuk menghancurkan obat ini terlebih dahulu, melainkan harus ditelan utuh dengan air. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk meminum obat ini pada jam yang sama untuk dosis keesokan harinya agar dosis yang Anda bisa tepat.

Dosis Cataflam Tablet

Untuk dewasa, disarankan mengonsumsi 100-150 mg per hari yang terbagi menjadi 2-3 dosis, misalnya tablet 50 mg dikonsumsi 2-3 kali sehari. Sementara, untuk anak-anak usia di atas 14 , disarankan mengonsumsi 75-100 mg per hari yang dibagi 2-3 kali dosis, misalnya tablet 25 mg dikonsumsi 3-4 kali sehari.

Ilustrasi wanita sakit gigi (sumber: clinicablasi.com)
Ilustrasi wanita sakit gigi (sumber: clinicablasi.com)

Dosis Cataflam Fast

Untuk dewasa awal, konsumsi 100-150 mg per hari, sedangkan pada kasus lebih dianjurkan konsumsi 50-100 mg per hari yang dibagi dalam 3 dosis. Sementara itu, untuk penanganan nyeri dan OA, dianjurkan tidak lebih dari 150 mg per hari. Penanganan AR dosisnya tidak lebih dari 225 mg per hari, penanganan Spondilitis ankilosa tidak lebih dari 125 mg per hari. Untuk anak-anak dan remaja di atas 14 tahun, dosisnya 50-100 mg per hari yang terbagi dalam 1-2 dosis, maksimal konsumsi 150 mg.

Anak-anak usia lebih dari 6 tahun disarankan mengonsumsi 2 mg per kilogram berat badan (BB) dalam sehari yang terbagi menjadi 2-3 dosis. Sementara, dosis Cataflam untuk mengobati gangguan penyakit lainnya berikut.

Dosis Cataflam Drop

  • Untuk menghilangkan rheumatoid arthritis, dosis yang dianjurkan antara 150-200 mg per hari, setara dengan tablet 50 mg diminum sebanyak 3-4 kali dalam sehari.
  • Untuk mengobati dismenore primer atau nyeri karena haid/menstruasi, dosis yang dianjurkan yaitu tablet cataflam 50 mg diminum sebanyak 3 kali sehari
  • Untuk menghilangkan osteoarthritis, dosis yang dianjurkan adalah 100-150 mg per hari, setara dengan tablet 50 mg yang dikonsumsi sebanyak 2-3 kali sehari.

Seperti obat-obatan pada umumnya, konsumsi Cataflam juga bisa menimbulkan sejumlah efek samping. Efek samping ringan dan umum yang mungkin Anda alami setelah meminum obat ini adalah mengantuk, pusing, , hidung tersumbat, keringat berlebih, dan sakit kepala. Sementara, efek samping yang tergolong berat dari obat ini, sebagai berikut.

Efek Samping Cataflam

  • Reaksi alergi seperti pembengkakan, kulit kemerahan, dan sesak napas.
  • Pemakaian jangka panjang dapat menyebabkan anemia.
  • Dapat mengganggu siklus menstruasi normal.
  • Gangguan pada saluran pencernaan berupa mual, muntah, , diare, sembelit, nyeri pada perut, dan dyspepsia.
  • Gangguan terhadap organ hati yang ditandai dengan nafsu makan berkurang, ulu hati terasa sakit, urine berwarna gelap, dan sakit kuning yang timbul setelah pemakaian jangka panjang.
  • Pendarahan pada lambung yang ditandai dengan feses berwarna hitam serta batuk atau muntah darah.
  • Dari segi kesehatan mental dapat menyebabkan perasaan mudah cemas dan marah, serta mimpi buruk.
  • Gangguan pada ginjal yang ditandai dengan produksi urine yang sedikit atau bahkan tidak kencing sama sekali, serta pembengkakan pada pergelangan kaki.

Obat Cataflam bisa Anda beli di sejumlah apotik terdekat per 1 strip atau per tablet. Perlu diingat bahwa harga Cataflam di setiap apotek atau toko obat kemungkinan bisa berbeda-beda. Namun biasanya, harga yang diterapkan antara satu apotek dengan apotek lainnya tidak terpaut terlalu jauh. Berikut ini informasi lengkap seputar harga Cataflam.

Cataflam Tablet, Cataflam Drops, & Cataflam Fast
Cataflam Tablet, Cataflam Drops, & Cataflam Fast

Harga Cataflam

Varian Obat CataflamHarga
Cataflam 25 mg tabletRp4.342 per tablet
Cataflam 50 mg tabletRp9.957 per tablet
Cataflam D 50 mg tabletRp8.136 per tablet
Cataflam Fast 50 mg tablet 9sRp11.452 per tablet
Cataflam Drop 15 mlRp64.849 per botol

Harga obat Cataflam di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs dagang online. Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga obat Cataflam tahun 2021 ada yang naik dan turun, tetapi sedikit naik di tahun 2022.

Sebagai contoh, Cataflam Drop 15 ml yang dijual dengan harga Rp55 ribu per botol tahun 2020, naik menjadi Rp64 ribuan per botol tahun 2021 dan 2022. Sementara itu, Cataflam 25 mg tablet yang dibanderol Rp5 ribu tahun 2020, sedikit turun menjadi Rp4.303 tahun 2021, tetapi sedikit naik menjadi Rp4.342 per tablet tahun 2022.

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *