Update Harga Telur Puyuh di Berbagai Kota di Indonesia

Telur puyuh atau quail egg adalah telur dari burung puyuh yang belum menetas dan sering diolah menjadi berbagai bahan makanan di kawasan Asia, Eropa, hingga Amerika. Menariknya, beberapa orang mengatakan bahwa mengonsumsi 3-5 telur puyuh setara dengan 1 butir telur ayam, tetapi harga yang Anda keluarkan untuk membeli telur puyuh lebih murah dibandingkan membeli telur ayam. Tak heran jika kemudian telur puyuh menjadi komoditas yang cukup disukai oleh masyarakat.

Telur puyuh (sumber: ayobandung.com)
Telur puyuh (sumber: ayobandung.com)

Secara fisik, telur puyuh memang berukuran lebih kecil dari telur ayam. Namun, siapa sangka, selain bisa diolah menjadi makanan-makanan yang lezat, ternyata telur puyuh juga dikenal mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Di antaranya sebagai obat penyembuh alami untuk berbagai penyakit seperti asma, demam, batuk, maag, hingga beberapa masalah kulit.

Bacaan Lainnya

Selain itu, telur puyuh disebut-sebut mengandung 13 persen protein, lebih tinggi dari telur ayam yang hanya mengandung 11 persen protein. Tak cukup sampai di situ, kandungan vitamin B1 pada telur puyuh diklaim 140 persen, lebih banyak dibanding telur ayam yang hanya memiliki kandungan vitamin B1 sebesar 50 persen. Kemudian, telur puyuh juga mengandung kolin yang tinggi dan dianggap memengaruhi otak. Karena itu, beberapa orang menganjurkan ibu hamil mengonsumsi telur puyuh demi mendukung tumbuh kembang otak janin yang ada dalam kandungan.

Baca juga  Update Harga Premaston & Obat Penguat Kandungan Lainnya

Untuk mencari telur puyuh pun tak sulit, sebab hampir di sebagian besar kota yang ada di menjual telur puyuh. Namun, dari sekian banyak tempat, Kota Blitar dikenal sebagai kota pemasok telur puyuh terbesar di Jawa Timur. Tak heran jika sebagian besar pengepul telur puyuh biasanya berasal dari kota kelahiran salah satu proklamator kemerdekaan Indonesia, Ir. Soekarno, tersebut.

Selain dikonsumsi sendiri, Anda mungkin juga bisa mencoba berbisnis berjualan telur puyuh. Namun, pastikan Anda membeli telur puyuh langsung dari distributor agar bisa memperoleh harga yang lebih murah. Nah, sebagai bahan perbandingan, simak informasi update daftar harga telur puyuh terbaru di berbagai daerah di berikut ini.

Harga Telur Puyuh

Gambar Telur Puyuh (sumber: mygazeta.com)
Gambar Telur Puyuh (sumber: mygazeta.com)
Kota/Kabupaten Harga Telur Puyuh Kg
Semarang Rp32.000
Serang Rp33.000
Lampung Rp35.000
Padang Rp35.000
Palembang Rp35.000
Bandung Rp36.000
Jakarta Rp36.000
Makassar Rp36.000
Denpasar Rp36.000
Tasikmalaya Rp38.000
Banjarmasin Rp40.000
Pontianak Rp40.000
Samarinda Rp40.000
Pekanbaru Rp40.000
Surabaya Rp42.000
Rp45.000
Balikpapan Rp45.000
Malang Rp49.000
Medan Rp50.000
Batam Rp68.000

Jika dibandingkan dengan penawaran sebelumnya, harga telur puyuh di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, penjualan telur puyuh di daerah Jakarta yang semula hanya sekitar Rp35 ribu, sedikit naik menjadi Rp36 ribu kg. Tak jauh berbeda dengan harga telur puyuh di daerah Tasikmalaya yang naik dari harga Rp33 ribu menjadi Rp38 ribu per 1 kg.

Baca juga  Review dan Update Harga Ayam Bakar Wong Solo Malang

Daftar harga telur puyuh di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk data di pasar tradisional dan situs jual beli online. Harga telur puyuh tersebut tidak mengikat dan bisa berbeda-beda di masing-masing wilayah. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa menanyakan langsung harga telur puyuh kepada pedagang di pasar tradisional, toko, ataupun supermarket terdekat di kota Anda.

Cara Mengonsumsi Telur Puyuh

Ilustrasi: Telur Puyuh Rebus di Dalam Wadah Panci (credit: barbecuebible)
Ilustrasi: Telur Puyuh Rebus di Dalam Wadah Panci (credit: barbecuebible)

Telur puyuh sendiri bisa Anda konsumsi dalam beberapa cara. Cara pertama adalah merebus telur puyuh, dengan memanaskan panci kecil yang terisi air pada 2/3 bagian menggunakan kompor, tunggu hingga mendidih. Setelah itu, letakkan tiga atau empat telur puyuh pada sendok kuah atau sendok pasta, masukkan telur-telur tersebut ke dalam panci secara perlahan. Karena berukuran kecil, waktu merebus telur payah memang relatif sebentar untuk bisa matang. Rebus selama dua menit untuk tekstur yang lembut dengan kuning telur yang basah, rebus selama dua setengah menit untuk tekstur yang lembut, rebus selama tiga menit untuk telur yang cukup matang, atau rebus selama empat menit untuk telur yang benar-benar matang.

Selain direbus, Anda juga dapat mencoba menggoreng telur puyuh. Tuangkan 2 sendok makan (30 ml) goreng pada wajan anti lengket. Gunakan panci berukuran kecil atau sedang. Nyalakan kompor dengan api sedang-besar dan tunggu hingga minyak mengeluarkan asap. Tusuk bagian atas kulit telur puyuh dengan pisau, namun jangan menusuk terlalu dalam, cukup kurang lebih 1 cm saja, agar Anda tidak merusak tekstur kuning telur. Kulit telur puyuh sedikit lebih keras daripada kulit telur ayam, namun tekstur kuning telur puyuh sangat mudah rusak.

Baca juga  Update Harga Jigsaw Ryu (Ryu RJS65-1E)

Masukkan satu satu telur ke dalam wajan. Berikan ruang tersendiri pada setiap telur. Biarkan telur hingga putih telurnya benar-benar matang dan tepi putih telurnya terlihat mulai kecokelatan. Proses ini mungkin hanya akan memakan waktu selama satu menit. Hidangkan telur puyuh goreng segera dan sajikan bersama roti panggang, bruschetta, atau sajian lainnya.

Meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi para ahli menyarankan agar konsumsi telur, termasuk telur puyuh, bisa Anda batasi. Batas aman konsumsi telur utuh yang dianjurkan dokter gizi adalah satu sampai dua butir hari. Apabila Anda tidak ingin mengonsumsi kuning telur dan mau yang putih saja karena sedang program pembentukan otot, dianjurkan untuk mengonsumsi telur sebanyak enam butir per hari.

Pasalnya, kebutuhan tubuh akan protein sendiri ada batasannya, 15 sampai 20 persen dari total kalori hari. Misalnya, kebutuhan kalori kita adalah 2.000 kalori, 20 persen dari jumlah itu dalam bentuk protein. Kalau berlebih, akan diubah menjadi sumber kalori dan tidak lagi berfungsi sebagai fungsi protein (dari telur) yang dapat membentuk sel, daya tahan tubuh, dan memperbaiki sel yang rusak.

[Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.