Update Harga/Biaya Pembuatan Jaket Kelas dan Komunitas

Jaket, selain digunakan sebagai pelindung tubuh dari udara dingin, juga dapat menggambarkan identitas kelompok, komunitas, bahkan kelas. Karena itu, tidak heran jika banyak ditemukan suatu grup mengenakan jaket dengan desain yang seragam. Untuk menggunakan jaket-jaket ini, Anda dapat melakukan pemesanan di berbagai konveksi maupun tukang sablon dengan biaya pembuatan yang tergolong murah.

Ilustrasi: jaket kelas (sumber: notjustsoccer.us)
Ilustrasi: jaket kelas (sumber: notjustsoccer.us)

Jaket sendiri bisa dikatakan sebagai baju luar yang panjangnya hingga pinggang atau pinggul, dipakai untuk menahan angin dan cuaca dingin. Bukaan jacket terletak di bagian depan dari leher ke bawah. Ritsleting, kancing, atau sabuk dipakai sebagai untuk membuka dan menutup bukaan jaket. 

Bacaan Lainnya

Dalam Bahasa Inggris, istilah jacket juga berarti jas, dan tidak hanya mencakup jaket menurut pengertian Bahasa Indonesia (jaket olahraga atau jaket kulit). Sementara, mantel lebih panjang dari jaket, biasanya panjang mantel mulai dari sekitar pantat hingga sampai di bawah lutut.

Berbeda dengan kemeja atau blus yang umumnya dibuat dengan kain tipis, jaket dibuat dari kain tebal dan sering diberi kain pelapis dan penghangat di bagian dalam seperti -bulu harus burung atau bulu angsa. Selain itu, tidak seperti kemeja atau blus, jaket tidak dipakai untuk langsung bersentuhan dengan kulit. Oleh karena itu, jaket tidak perlu dicuci atau tidak perlu sering dicuci. Sebagian besar jaket juga dibuat dari yang tidak dapat dicuci.

Baca juga  Update Harga Parfum Bvlgari Omnia Crystalline (Original dan KW)

Nah, sebagian dari Anda pasti pernah atau sedang mengalami masa-masa SMA atau SMP. Banyak yang bilang bahwa masa sekolah adalah masa yang paling indah dalam hidup seseorang dan ‘haram hukumnya’ jika tidak meninggalkan kenangan baik di masa-masa remaja ini. Untuk mengingat masa-masa sekolah yang penuh tawa ataupun sedih dengan teman-teman, banyak dari pelajar yang kemudian membuat jaket kelas.

Layaknya jaket club sepeda motor, jaket kelas ini bisa dikatakan sebagai identitas dari kelompok pelajar. Biasanya, jaket kelas memiliki desain yang dibuat semenarik mungkin, dengan highlight utama tentunya terletak pada identitas kelas yang bersangkutan. Di samping itu, sebagian jaket kelas juga diberi tulisan nama masing-masing siswa yang mendiami kelas tersebut.

Mirip dengan jaket kelas, jaket komunitas juga dipakai sebagai simbol atau penanda grup atau kelompok tertentu. Jaket ini biasanya digunakan oleh komunitas yang memiliki lebih dari sepuluh orang anggota, meski ada juga dengan anggota minim, untuk memperkenalkan komunitas mereka dan juga pengenal dari masing-masing anggota.

Untuk membuat jaket kelas atau jaket komunitas ini tidaklah sulit. Pasalnya, saat ini sudah banyak konveksi yang menyediakan jasa pembuatan jaket-jaket tersebut. Harga atau biaya membuat jaket tersebut bervariasi, tergantung model desain yang akan digunakan, jaket, maupun jumlah pesanan.

Baca juga  Update Kisaran Harga Groupset Shimano Deore 9 Speed

Harga Jaket Kelas & Komunitas

Ilustrasi: pesanan jaket kelas/komunitas (sumber: shopee)
Ilustrasi: pesanan jaket kelas/komunitas (sumber: shopee)
Varian Jaket Harga
Fleece Lokal + Aplikasi Bordir/Sablon Standar Rp100.000
Adidas/Diadora + Aplikasi Bordir/Sablon Standar Rp100.000
Ribstok Parasut + Furing Biasa +Sablon/Bordir Standar Rp120.000
Twill Drill + Furing Biasa+Bordir/Sablon Standar Rp125.000
Jet Black Tipis + Furing Dormeuil+ Sablon/ Bordir Standar Rp125.000
Ribstok Parasut + Furing Dormeuil +Sablon/Bordir Standar Rp130.000
American Drill + Furing Biasa + Bordir/Sablon Standar Rp135.000
Twill Drill + Furing Dormeuil + Bordir/Sablon Standar Rp135.000
Jet Black Tipis+ Furing Biasa+ Sablon/ Bordir Standar Rp135.000
Bebytery + Aplikasi Bordir/Sablon Standar Rp145.000
American Drill + Furing Dormeuil + Bordir/Sablon Standar Rp145.000
Nagata Drill + Furing Biasa+ Bordir/Sablon Standar Rp145.000
Taslan Milky+ Furing Biasa + Bordir/Sablon Standar Rp145.000
Ribstok Kain+ Furing Biasa  + Sablon/Bordir Standar Rp145.000
Nagata Drill + Furing Dormeuil +Bordir/Sablon Standar Rp155.000
Aston + Furing Biasa + Bordir/Sablon Standar Rp155.000
Taslan Milky + Furing Dormeuil+ Bordir/Sablon Standar Rp155.000
Ribstok Kain + Furing Dormeuil +Sablon/Bordir Standar Rp155.000
Aston + Furing Dormeuil+ Bordir/Sablon Standar Rp165.000
Jet Black A+ Furing Biasa+ Sablon/Bordir Standar Rp175.000
Jeans +Sablon / Bordir Standar Rp175.000
Jet Black A + Furing Dormeuil + Sablon/Bordir Standar Rp185.000
Jeans + Furing Dormeuil + Sablon/Bordir Standar Rp185.000

Harga jaket kelas atau komunitas terpantau mengalami perubahan hampir setiap tahun. Tercatat pada 2019, biaya pembuatan jaket kelas atau komunitas berkisar Rp125 ribuan hingga Rp165 ribuan tergantung yang digunakan. Lalu, biaya tersebut mengalami perubahan pada 2020 karena beberapa jenis bahan jaket naik harga, sehingga tarifnya dibanderol menjadi Rp140 ribu hingga Rp180 ribuan per potong.

Baca juga  Keunggulan dan Update Harga Peci Atlas Semua Ukuran

Memasuki 2021, biaya pembuatan jaket kelas/komunitas terpantau naik kembali dibandingkan 2020. Misalnya, untuk pembuatan jaket kelas berbahan mikro atau parasit tebal yang semula dibanderol mulai Rp150 ribuan, naik menjadi Rp155 ribuan per pcs. Begitu pula dengan harga jaket kelas/komunitas parka kanvas yang ikut naik dari harga Rp170 ribu menjadi Rp195 ribuan. Sedangkan biaya jaket dengan bahan fleece cotton naik dari harga Rp180 ribu menjadi Rp185 ribuan per potong.

Perubahan harga pembuatan jaket kelas dan komunitas kembali terjadi di tahun 2022. Pada tahun 2021, biaya pembuatan jaket kelas dan komunitas berkisar Rp152 ribu hingga Rp195 ribu, turun menjadi Rp100 ribu hingga Rp185 ribu per potong.

Perlu diingat, harga jaket kelas atau komunitas secara umum di atas tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu waktu. Untuk info lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi jasa atau usaha konveksi terdekat yang biasanya juga menerima pesanan pembuatan jaket dalam jumlah banyak.

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *