Update Harga/Biaya Pembuatan Jaket Kelas dan Komunitas

Jaket, selain digunakan sebagai pelindung tubuh dari udara dingin, juga dapat menggambarkan kelompok, , bahkan . Karena itu, tidak heran jika banyak ditemukan suatu grup mengenakan jaket dengan desain yang seragam. Untuk menggunakan jaket-jaket ini, Anda dapat melakukan pemesanan di berbagai konveksi maupun tukang sablon dengan pembuatan yang tergolong murah.

Ilustrasi: jaket kelas (sumber: notjustsoccer.us)

Ilustrasi: jaket kelas (sumber: notjustsoccer.us)

Jaket sendiri bisa dikatakan sebagai baju luar yang panjangnya hingga pinggang atau pinggul, dipakai untuk menahan angin dan cuaca dingin. Bukaan jaket terletak di bagian depan dari leher ke bawah. Ritsleting, kancing, atau sabuk dipakai sebagai alat untuk membuka dan menutup bukaan jaket. Dalam Bahasa Inggris, istilah jacket juga berarti jas, dan tidak hanya mencakup jaket menurut pengertian Bahasa Indonesia (jaket olahraga atau jaket kulit). Sementara, mantel lebih panjang dari jaket, biasanya panjang mantel mulai dari sekitar pantat hingga sampai di bawah lutut.

Berbeda dengan kemeja atau blus yang umumnya dibuat dengan tipis, jaket dibuat dari tebal dan sering diberi pelapis dan penghangat di bagian dalam seperti bulu-bulu harus burung atau bulu angsa. Selain itu, tidak seperti kemeja atau blus, jaket tidak dipakai untuk langsung bersentuhan dengan kulit. Oleh karena itu, jaket tidak perlu dicuci atau tidak perlu sering dicuci. Sebagian besar jaket juga dibuat dari yang tidak dapat dicuci.

Nah, sebagian dari Anda pasti pernah atau sedang mengalami masa-masa SMA atau SMP. Banyak yang bilang bahwa masa sekolah adalah masa yang paling indah dalam hidup seseorang dan ‘haram hukumnya’ jika tidak meninggalkan kenangan baik di masa-masa remaja ini. Untuk mengingat masa-masa sekolah yang penuh tawa ataupun sedih dengan teman-teman, banyak dari pelajar yang kemudian membuat jaket kelas.

Jaket Komunitas - www.pitoeclothing.com

Jaket Komunitas - www.pitoeclothing.com

Layaknya jaket club sepeda motor, jaket kelas ini bisa dikatakan sebagai identitas dari kelompok pelajar. Biasanya, jaket kelas memiliki desain yang dibuat semenarik mungkin, dengan highlight utama tentunya terletak pada identitas kelas yang bersangkutan. Di samping itu, sebagian jaket kelas juga diberi tulisan nama masing-masing siswa yang mendiami kelas tersebut.

Mirip dengan jaket kelas, jaket komunitas juga dipakai sebagai simbol atau penanda grup atau kelompok tertentu. Jaket ini biasanya digunakan oleh komunitas yang memiliki lebih dari sepuluh orang , meski ada juga dengan minim, untuk memperkenalkan komunitas mereka dan juga pengenal dari masing-masing .

Untuk membuat jaket kelas atau jaket komunitas ini tidaklah sulit. Pasalnya, saat ini sudah banyak konveksi yang menyediakan jasa pembuatan jaket-jaket tersebut. Harga atau biaya membuat jaket tersebut bervariasi, tergantung desain yang akan digunakan, bahan jaket, maupun pesanan. Sebuah konveksi di Yogyakarta mematok harga mulai Rp125 ribuan per potong untuk jaket berbahan mikro atau parasit tebal, Rp150 ribuan per potong untuk bahan kanvas, Rp130 ribuan per potong untuk bahan drill, dan Rp165 ribuan per potong untuk jaket dengan bahan fleece cotton.

[Update: Dian]

Baca juga  Info Terkini Review, Harga, & Pilihan Warna Wardah Long Lasting Lipstik
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga/Biaya Pembuatan Jaket Kelas dan Komunitas"