Harga Wantex Pewarna Pakaian (Berbagai Merk)

No comment667 views

Seiring waktu dan pemakaian, pada pakaian memang akan luntur. Bahkan, warnanya akan cepat pudar, dan mungkin kusam, jika sering dicuci. Jika kondisinya masih bagus, memang sangat sayang jika akhirnya dibuang. Nah, untuk mengembalikan kusam pada pakaian, Anda bisa mencoba memakai wantex. Dijual dalam beberapa , pewarna pakaian ini ternyata sangat terjangkau.

Ilustrasi: Baju di Gantungan (credit: wellandgood)

Ilustrasi: Baju di Gantungan (credit: wellandgood)

Fungsi Warna untuk Pakaian

Dulu, fungsi utama pakaian adalah untuk menutupi bagian tubuh manusia serta menjaga tuhu tubuh dari cuaca dingin dan panas. Seiring waktu, dengan berkembangnya zaman, budaya, dan teknologi, fungsi sandang pun semakin luas, tidak hanya sebagai pelindung, melainkan juga dapat digunakan untuk menunjukkan ekspresi pribadi, nilai sosial atau status seseorang, menyatakan nilai ekonomi, dan lainnya.[1]

Fashion bisa menjadi etalase kecil tentang diri seseorang bagi orang lain. Gaya berpakaian atau berbusana merupakan salah satu bahan penilaian awal bagi banyak orang. Dalam perkembangan selanjutnya, fashion tidak menyangkut soal busana dan aksesori semacam kalung dan gelang, tetapi benda fungsional lainnya yang dapat mendongkrak penampilan si pemakai.[2]

Nah, salah satu yang akhirnya semakin diperhatikan dalam dunia fashion adalah warna. Warna tidak hanya untuk keindahan estetika, tetapi juga bisa mewakili mood atau suasana.[3] Misalnya, warna merah menggambarkan keadaan psikis yang berhubungan dengan semangat dan memiliki pengaruh pada produktivitas, kompetisi, dan keberanian. Selain dapat dilihat dengan mata, warna juga memengaruhi perilaku seseorang, memengaruhi penilaian estetis, dan turut menentukan suka dan tidaknya seseorang pada suatu benda atau objek yang mereka lihat.

Ilustrasi: Mewarnai Pakaian (credit: travelandleisure)

Ilustrasi: Mewarnai Pakaian (credit: travelandleisure)

Industri kreatif, seperti grafis, , hingga fashion, akhirnya menggunakan prang color wheel sebagai acuan dalam menerapkan warna yang dipakai dalam .[4] Mereka menerapkan teori warna tersebut guna mencari keseimbangan warna yang harmonis untuk keperluan penciptaan visual agar lebih menarik dan bisa dinikmati indera mata.

Karena itu, akhirnya muncul sejumlah istilah, salah satunya warna aksen. Ini dapat dikatakan sebagai penambahan suatu warna yang berbeda dari panduan-panduan warna, tetapi tidak merusak kesatuan warna. Warna aksen ditentukan setelah melihat warna domain yang digunakan. Tidak ada formula khusus untuk menggunakan warna aksen yang akan digunakan. Jika warna domain adalah warna netral, warna aksen yang dipilih bisa warna apa saja, karena tidak akan merusak komposisi harmonis warna yang dikombinasikan bersama dengan warna netral.

Baca juga  Update Harga Minyak Goreng 1 Liter dalam Berbagai Merek

Kemudian, ada skema warna monokromatik, yakni warna yang diperoleh dari hasil gradasi warna yang kita pilih terhadap warna gelap atau warna terang dari warna tersebut. Penggunaan warna monokromatik dikatakan lebih ‘aman’ karena dapat menghindari kesalahan pemilihan warna dan mempermudah dalam pemilihan komposisi warna, satu warna yang sama tetapi berbeda turunan warna (tints, tones, shades).

Di samping itu, terdapat pula istilah warna netral, antara lain hitam, putih, abu-abu, dan termasuk di dalamnya adalah warna cokelat, perak, serta emas. Warna-warna tersebut tidak dapat dikatakan sebagai warna utama dalam padu padan busana lantaran warna netral tidak akan pernah salah jika dikombinasikan ke semua hue yang ada dalam color wheel. Warna netral dapat berdiri sendiri dengan penerapan warna monokromatik, sehingga warna akan terlihat lebih harmonis dan menyenangkan di mata.

Penyebab Warna Pakaian Luntur

Seiring dengan waktu, warna pakaian yang Anda kenakan bisa luntur atau memudar. Ada banyak penyebab yang menjadikan warna baju pudar. Dilansir dari situs resmi Rinso, warna pakaian yang luntur bisa terjadi akibat proses pewarnaan baju yang dilakukan produsen tidak sempurna, pembuat pakaian menggunakan pewarna berkualitas rendah, atau memakai terlalu banyak pewarna agar pakaian tampak cerah saat dijual. Konon, pewarna merah dan oranye yang paling sering menimbulkan kelunturan ketika pakaian dicuci.

Ilustrasi: Mencuci Baju (credit: smallteaser)

Ilustrasi: Mencuci Baju (credit: smallteaser)

Durasi mencuci pakaian pun dapat menjadi salah satu faktor yang membuat warna kain baju cepat luntur. Menurut sebuah studi terhadap kain batik,[5] warna pada kain mengalami sedikit perubahan setiap kali dicuci, begitu juga dengan tekstur kain. Semakin sering pakaian dicuci, maka semakin besar risiko warna kain akan luntur, begitu pula sebaliknya.

Baca juga  Harga Terbaru Viva Skin Food serta Manfaatnya untuk Wajah dan Tangan

Untuk mengetahui apakah satu baju kemungkinan akan luntur atau tidak, sebelum membeli pakaian tersebut, Anda bisa memeriksa label perawatan yang terdapat pada baju. Apabila tertera keterangan perawatan Color May Wash Down, Color Rubs Off, Do Not Use Detergent, Turn Inside Out to Launder, Wash Before Wear, atau Use Cold Water, kemungkinan warna pakaian tadi akan luntur saat dicuci, baik menggunakan tangan maupun mesin .

Meskipun sudah memeriksa label, tidak sepenuhnya menjamin baju yang Anda beli tidak akan luntur. Jadi, disarankan untuk selalu mencuci baju yang baru Anda beli terpisah dengan baju lainnya. Sehingga, kalaupun memang luntur, Anda dapat mengetahuinya tanpa mengorbankan baju-baju lainnya. Selain itu, Anda pun perlu selalu memilah cucian saat hendak mencuci dengan memisahkan pakaian dengan warna serupa dan pakaian berwarna putih.

Manfaat dan Cara Wantex Pakaian

Apabila warna pakaian Anda terlanjur luntur, Anda tidak perlu buru-buru panik. Pasalnya, Anda bisa memanfaatkan produk wantex untuk mengembalikan warna pakaian seperti sedia kala. Ini adalah produk pewarna pakaian yang telah digunakan sejak lama untuk mengembalikan warna pakaian yang luntur. Seiring waktu, wantex tidak hanya menjadi sebuah nama produk, melainkan juga metode mengembalikan warna baju.

Untuk melakukan proses ini, Anda membutuhkan -alat seperti panci besar, kompor, pengaduk dan sarung tangan, wantex atau pewarna, air secukupnya, serta penjepit pakaian atau jemuran. Anda juga perlu mengumpulkan semua pakaian yang ingin di-wantex, tetapi pisahkan setiap kain sesuai dengan warnanya, juga pisahkan jeans dengan pakaian biasa.

Ilustrasi: Bubuk Pewarna Pakaian (credit: dearhandmadelife)

Ilustrasi: Bubuk Pewarna Pakaian (credit: dearhandmadelife)

Masukkan air secukupnya ke dalam panci hingga kira-kira pakaian dapat terendam. Lalu, masukkan 1 atau 2 bungkus wantex ke panci yang sudah berisi air tersebut. Biasanya, 1 atau 2 bungkus wantex memerlukan setidaknya 3 liter air. Jangan lupa juga menyalakan api dan kompor, sebaiknya gunakan api yang tidak terlalu besar agar air bisa mendidih dengan lebih merata dan wantex bisa meresap dengan baik pada pakaian.

Baca juga  Info Terbaru Harga Tiket BNS (Batu Night Spectacular)

Saat merebus dengan wantex, jangan lupa untuk terus mengaduk dan membolak-balik baju dengan alat pengaduk agar pewarna bisa meresap sempurna dan merata pada tiap bagian pakaian. Saat sudah direbus selama 15 sampai 30 menit, Anda bisa mematikan kompor dan membiarkan airnya dingin. Dalam proses ini, jangan lupa untuk terus mengaduk pakaian agar warnanya bisa lebih merata.

Setelah air rebusan cukup dingin, Anda bisa membilas pakaian. Jangan lupa gunakan sarung tangan agar warna wantex tidak menempel di tangan Anda. Bilas pakaian dengan air bersih dan biasanya Anda harus melakukan proses ini sebanyak 5 sampai 6 kali agar warna wantex benar-benar hilang. Setelah membilas pakaian, Anda bisa langsung menjemurnya. Sebaiknya jemur pakaian tidak langsung di bawah terik agar warnanya tidak mudah pudar. Jemur pakaian di tempat yang teduh agar warna hasil wantex-nya bisa tetap awet.

Harga Wantex

 

Varian WantexHarga
Wantex Cap NilonRp1.200 – Rp2.000 per bungkus
Wantex Cap Padi GuntingRp2.000 – Rp5.000 per bungkus
Wantex Bulan SabitRp2.000 – Rp5.000 per bungkus
Wantex Dylon HitamRp19.000 – Rp39.000 per bungkus

[1] Maharani, Riesyanita dan John Martono. 2013. Aplikasi Teknik Arashi Shibori pada Jenis-Jenis Kain Sutra untuk Scarf. Jurnal Tingkat Sarjana Senirupa dan Desain Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB, Vol. 2(1).Selain per bungkus, banyak juga penjual yang menawarkan wantex per paket dengan harga berkisar Rp30 ribuan satu ikat isi 10 bungkus. Sementara, apabila membeli langsung 100 bungkus, harganya berkisar Rp195 ribu hingga Rp345 ribuan, tergantung kebijakan masing-masing pedagang. Perlu diingat bahwa harga wantex tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[2] Hendariningrum, Retno dan M. Edy Susilo. 2008. Fashion dan Gaya Hidup: Identitas dan Komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi UPN Veteran Yogyakarta, Vol. 6(2): 25-32.

[3] Meilani. 2013. Teori Warna: Penerapan Lingkaran Warna dalam Berbusana. Humaniora, Vol. 4(1): 326-338.

[4] Ibid.

[5] Piputri, Debrita Ayu. 2014. Pengaruh Frekuensi Pencucian dengan Menggunakan Lerak (Sapindus rarak De Candole) pada Ketajaman Warna Batik Dulit Gresik. Jurnal Tata Busana Fakultas Teknik UNESA, Vol. 3(1): 175.179.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Wantex Pewarna Pakaian (Berbagai Merk)"