Harga Vicks Inhaler Pelega Hidung Tersumbat

Pilek merupakan suatu kondisi ketika lapisan hidung mengalami peradangan sehingga memproduksi banyak lendir. Pilek sendiri disebabkan oleh berbagai hal, misalnya infeksi seperti flu, alergi, paparan zat tertentu yang mengiritasi, akibat makanan yang beraroma pedas atau panas, perubahan cuaca, dan akibat berbagai kondisi medis yang lain.

Hidung tersumbat karena pilek

Hidung tersumbat karena pilek

Dilansir dari laman Alodokter, masa inkubasi penyebab pilek biasanya berlangsung selama 2-3 hari. Masa inkubasi adalah waktu yang diperlukan oleh untuk menimbulkan setelah menginfeksi tubuh. Kebanyakan akan merasakan gejala-gejala pilek yang parah dan sangat mengganggu setelah 2-3 hari kemunculannya (selepas masa inkubasi).

Balita cenderung mengalami gejala pilek lebih lama dibandingkan anak-anak yang berusia di atasnya atau orang dewasa. Pilek pada balita bisa berlangsung sepuluh hari hingga dua minggu, sedangkan pada anak-anak usia di atas lima tahun atau orang dewasa biasanya berlangsung seminggu sampai sepuluh hari (terkecuali untuk gejala batuk yang bisa berlangsung 2-3 minggu).

Anak-anak lebih rentan dan lebih sering terkena pilek dibandingkan orang dewasa. Diperkirakan anak-anak bisa mengalami sebanyak 8-12 kali dalam setahun, sedangkan orang dewasa hanya 2-4 kali.

Penyebab Pilek

Human rhinovirus (HRV) adalah kelompok virus yang paling banyak menyebabkan pilek. Selain virus tersebut, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh coronavirus, adenovirus, human parainfluenza virus (HPIV), dan respiratory syncytial virus (RSV).

Virus masuk ke tubuh manusia melalui hidung, mulut, atau bahkan mata sebelum berinkubasi dan menimbulkan gejala. Masuknya virus bisa terjadi ketika tanpa disengaja menghirup percikan liur penderita pilek di udara yang dikeluarkan melalui bersin atau batuk. Selain itu, virus juga bisa masuk ketika seseorang memegang badan penderita pilek atau permukaan benda yang telah terkontaminasi percikan liur yang mengandung virus pilek, kemudian tangan memegang hidung, mulut, atau mata sendiri.

Baca juga  Info Terbaru Biaya & Iuran Bulanan BPJS Kesehatan

Berikut ini sejumlah faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena pilek, di antaranya:

  • Berada di tengah keramaian orang-orang (di pasar, sekolah, kantor, atau kendaraan umum)
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah
  • Memiliki riwayat penyakit kronis
  • Usia anak-anak
  • Merokok
  • Udara dingin

Pilek

Pilek merupakan infeksi virus yang tergolong ringan. Saat mengalami pilek, seseorang atau anak-anak dianjurkan untuk beristirahat dengan cukup, mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dan rendah lemak, serta minum banyak air putih untuk mengganti yang hilang dari tubuh akibat hidung yang terus-menerus mengeluarkan ingus atau badan yang sering berkeringat.

Sakit flu dan pilek

Sakit flu dan pilek

Tidak jarang, pilek yang dialami juga menyebabkan hidung mampet sehingga nafas jadi terganggu. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut bisa dilakukan dengan pemberian inhaler. Tujuannya agar bisa meredakan hidung mampet. Inhaler dapat ditemukan dengan mudah di , namun inhaler khusus pilek berbeda dengan inhaler bagi penderita asma.

Vicks Inhaler Untuk Redakan Hidung Mampet

Vicka merupakan salah satu merek inhaler yang cukup terkenal di pasaran. Vicks Inhaler mengandung zat aktif menthol dan camphor yang bagus untuk membantu melegakan hidung tersumbat karena pilek. Vick Inhaler sangat mudah digunakan dengan cukup menggunakannya hanya pada posisi tegak. Hirup dalam-dalam melalui tiap lubang hidung untuk membuat bernapas terasa lega dan sejuk. Gunakan setiap kali diperlukan.

Obat yang diproduksi oleh PT Darya-Varia Laboratoria Tbk ini dikemas dalam tube 0,5 ml. Tiap tube mengandung menthol 179 mg dan camphor 197 mg. Anda bisa menyimpan obat ini di tempat sejuk dan kering atau terlindung dari cahaya matahari.

Vicks Inhaler

Vicks Inhaler bisa dengan mudah ditemukan di toko obat, minimarket, supermarket dan apotik. Harga Vicks Inhaler pun cukup ekonomis. Di Apotek K24 misalnya, dijual dengan harga Rp15 ribuan. Dosis dari Vicks Inhaler digunakan sesuai kebutuhan, namun hasil dapat bervariasi antara individu tergantung berbagai faktor seperti usia, genetik, pola hidup, dan lainnya.

Efek Samping Penggunaan Vicks Inhaler

Inhaler didesain sedemikian rupa supaya mobat dalam bentuk aerosol dapat dihirup lewat hidung. Tujuannya agar sesak dapat diredakan segera. Obat akan langsung bekerja pada bronkus atau saluran napas yang tersumbat/menyempit sehingga mengurangi efek samping dibandingkan dengan obat yang digunakan dengan diminum. Namun banyak sekali penggunaan inhaler yang kurang tepat, akibatnya efek melegakan pernapasan dari inhaler menjadi kurang optimal.

Perlu diketahui, Vicks Inhaler mengandung menthol, camphor, dan minyak pinus yang sudah banyak digunakan untuk melegakan hidung tersumbat. Banyak orang tidak mengalami efek samping apapun setelah menggunakan produk ini. Anda mungkin dapat merasa tidak nyaman pada hidung jika Anda sering menggunakannya dalam satu waktu tertentu.

Kemasan Vicks Inhaler (sumber: Tokopedia)

Kemasan Vicks Inhaler (sumber: Tokopedia)

Sementara jika Anda ragu menggunakan produk ini, cara aman yang bisa dilakukan adalah dengan menghirup uap air yang panas untuk melegakan saluran pernapasan. Cara ini tidak memiliki risiko bagi saluran pernapasan dan kesehatan secara keseluruhan.

Beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan tanpa menggunakan inhaler flu, di antaranya:

  • Mandi dengan air hangat.
  • Mengonsumsi makanan atau minuman hangat.
  • Jaga kondisi ruangan tetap bersih dan bebas dari debu sehingga tidak memicu pilek lebih berat.
  • Gunakan semprot hidung yang mengandung garam saline yang dijual di apotek.
  • Jaga posisi kepala lebih tinggi saat tidur sehingga lebih nyaman saat bernapas.

Risiko Penggunaan Inhaler Flu

Penggunaan inhaler flu yang mengandung mentol dan camper terlalu sering sebaiknya dihindari pada anak karena dapat menimbulkan iritasi atau reaksi alergi jika berlebihan. Inhaler flu tidak boleh digunakan jika Anda alergi terhadap salah satu atau ramuannya. Mohon informasikan kepada atau apoteker jika sebelumnya pernah mengalami alergi.

Jika Anda merasa telah mengalami reaksi alergi, berhentilah menggunakan inhaler flu dan segera beritahu dokter atau apoteker. Hingga saat ini belum ada laporan mengenai efek samping penggunaan inhaler flu.

Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas di pasaran apabila dibutuhkan, misalnya paracetamol atau ibuprofen. Kedua obat ini dapat menurunkan demam dan mengurangi pegal-pegal. Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi antibiotik karena obat ini hanya berfungsi untuk membunuh bakteri, bukan membunuh virus sebagai penyebab flu.

Terdapat beberapa kelompok orang yang rentan mengalami komplikasi akibat flu, di antaranya adalah wanita hamil, lansia, orang yang kekebalan tubuhnya rendah, serta penderita penyakit serius (gagal jantung). Oleh karena itu, dokter biasanya akan memberikan obat antivirus terhadap mereka yang berisiko.

loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Harga Vicks Inhaler Pelega Hidung Tersumbat"