Cara Merawat dan Harga Keladi Tengkorak

No comment191 views

Tak seperti keladi lainnya, keladi tengkorak atau alocasia silver memiliki jual yang tinggi di toko bunga. Tanaman hias yang satu ini juga terbilang populer di kalangan kolektor tanaman hias. Dengan harga jual yang berbanding lurus dengan jumlah konsumen, tak heran jika semakin banyak orang yang ingin memelihara dan membudidayakan keladi tengkorak.

Ilustrasi: Keladi Tengkorak (credit: borneo24)

Ilustrasi: Keladi Tengkorak
(credit: borneo24)

Cara merawat tanaman hias ini tidaklah sulit, karena masih dari golongan tanaman keladi. Tanaman keladi adalah jenis flora yang mampu bertahan hidup dan tumbuh di yang tercemar logam berat.[1] Dapat dikatakan, keladi seperti alocasia silver merupakan salah satu jenis tumbuhan dengan daya tahan hidup tinggi. Sebagai referensi cara merawat keladi tengkorak, Anda bisa melihat rincian berikut.

Cara Merawat Keladi Tengkorak

  • Biasanya, orang akan membeli keladi tengkorak dalam bentuk bibit daripada indukan, karena harganya yang lebih murah. Bagi Anda yang sudah membeli bibitnya, jangan lupa untuk memindahkannya ke dalam media tanam yang layak. Anda bisa memakai pot bunga atau polybag untuk menanamnya.
  • Siapkan pot atau polybag yang sudah dilubangi di bagian bawah dan disterilkan. Lubang ini berfungsi sebagai sumber pertukaran udara, sekaligus mencegah pengendapan air di permukaan media tanam, sehingga tidak tanaman mengalami busuk batang, daun, dan akar.
  • Siapkan media tanam berupa bambu yang diserut halus, sekam biasa, sekam bakar, dan tanah. Anda dapat mencampur semua bahan ini dengan perbandingan 1:1:1:1. Supaya lebih steril dan tidak terkena bakteri atau virus tanaman, Anda bisa mengukus bambu dan sekam.
  • Masukkan campuran bahan ini ke dalam pot atau polybag dalam kondisi kering dan sisakan sekitar 2 cm ruang bagian atas. Ini bertujuan agar tanah tidak tumpah saat Anda memindahkan pot atau polybag. Jangan lupa membuat lubang tanam di bagian tengah media.
  • Tanam bibit keladi tengkorak dengan posisi batang dan akar membentuk huruf 'L'. Lalu, padatkan bagian pinggir dan atas lubang tanam. Anda juga boleh menambahkan sedikit pupuk kompos di bagian atas lubang tanam untuk membuat tanah lebih subur dan terhindar dari tandus.
Ilustrasi: Cara Merawat Keladi Tengkorak (credit: herebutnot)

Ilustrasi: Cara Merawat Keladi Tengkorak (credit: herebutnot)

  • Dilansir dari POPMAMA, Anda harus meletakkan tanaman keladi tengkorak di ruangan dengan pencahayaan rendah. Alocasia seperti ini bisa tumbuh lebih subur di ruang tanpa pencahayaan langsung. Konon, tempat terbaik untuk meletakkan keladi tengkorak adalah di teras rumah atau di samping jendela yang ditutup gorden.
  • Keladi tengkorak di alam liar hidup di daerah yang basah dan lembap, tetapi Anda tidak perlu menanamnya di tanah berlumpur. Cukup dengan menyemprotkan air di atas permukaan tanah hingga lembap, maka keladi akan tumbuh subur. Hindari menyiram tanaman ini secara berlebihan. Anda boleh menyemprotkan air sebanyak satu hingga dua kali sehari pada tanaman.
  • Bagi Anda yang menanam keladi tengkorak di halaman rumah atau di lahan terbuka, Anda juga bisa menentukan waktu penyiraman berdasarkan cuaca. Jika musim kemarau tiba, Anda bisa menyiramnya sebanyak dua hingga tiga kali. Namun, jika cuaca sedang hujan, Anda hanya perlu menyiramnya sebanyak satu hingga dua kali atau tidak perlu jika tanah masih lembap.
  • Pemupukan harus dilakukan secara rutin jika Anda ingin memiliki keladi tengkorak yang subur dan cepat bertumbuh. Anda bisa mulai memupuknya saat tanaman atau bibit sudah berusia lima minggu. Pilihlah pupuk yang tepat dengan kandungan organik lengkap. Anda bisa memakai pupuk NPK, kompos, dan kandang.
  • Supaya keladi tengkorak Anda tidak mudah mati atau terjangkit hama dan virus, Anda harus membersihkan media tanam setiap hari. Anda juga perlu membersihkan serangga putih yang menempel pada tanaman. Beberapa orang menyarankan untuk memakai pestisida , seperti jus kunyit dan jahe, untuk mengatasi hama seperti ini.
Baca juga  Info Terbaru Harga Burung Selendang Biru (Jantan, Anakan, Gacor)

Mudahnya memelihara keladi tengkorak membuat sebagian orang tertarik membelinya. Jika Anda termasuk salah satunya, pastikan Anda mengetahui harga tanaman hias ini n. Sebagai referensi harga keladi tengkorak, Anda bisa melihat tabel berikut.

Ilustrasi: Harga Keladi Tengkorak (credit: radarcirebon)

Ilustrasi: Harga Keladi Tengkorak (credit: radarcirebon)

Harga Keladi Tengkorak

Varian Keladi TengkorakHarga
Keladi Tengkorak Bibit 2 DaunRp150.000
Keladi Tengkorak Hutan Kalimantan Bibit 2 DaunRp115.000
Keladi Tengkorak IndukanRp750.000
Keladi Tengkorak Bonggol BawahRp35.000
Keladi Tengkorak DragonRp1.000.000
Keladi Tengkorak Amazon BibitRp75.000

Harga keladi tengkorak di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Harga tanaman hias ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Anania, Apriana, Mukarlina, Riza Lind. 2017. Pertumbuhan dan Kandungan Pigmen Tanaman Keladi (Caladium bicolor Aiton Vent) pada Tanah yang Merkuri (HgCl2). Protobiont Universitas Tanjungpura, Vol. 6(3): 215-221.

Baca juga  Update Terkini Harga Cetakan Takoyaki (All Merek)
author

Leave a reply "Cara Merawat dan Harga Keladi Tengkorak"