Harga Velg Enkei Ring 17 untuk Sepeda Motor

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan velg. Sering pula ditulis pelek, ini adalah komponen pada kendaraan bermotor, baik itu mobil atau sepeda motor, yang berguna untuk memasangkan ban pada roda atau sebagai dudukan ban kendaraan. Di pasaran, sudah ada banyak merk velg yang beredar, dan salah satu yang cukup adalah Enkei. Hadir dalam berbagai ukuran, termasuk ring 17, harga velg Enkei memang dapat dikatakan cukup mahal.

Apa Itu Velg?

Velg Enkei untuk sepeda motor (sumber: bmspeed7.com)
Velg Enkei untuk sepeda motor (sumber: bmspeed7.com)

Setiap sepeda pasti memiliki ban yang berfungsi untuk menyangga beban, meneruskan daya dorong dan pengereman, kontrol arah kendaraan, serta meredam getaran dari permukaan jalan.[1] Namun, ban tidak dapat terpasang pada roda jika tidak ada komponen bernama velg. Biasanya terbuat dari bahan logam, velg dapat dikatakan sebagai komponen vital untuk estetika kenyamanan dan keselamatan bagi pengendara.

Bacaan Lainnya

Secara singkat, velg adalah tepi luar roda yang menahan ban.[2] Komponen ini membentuk desain lingkaran luar roda, tempat tepi bagian dalam ban dipasang pada kendaraan seperti mobil dan motor. Misalnya, pada roda sepeda, velg adalah lingkaran besar yang menempel di ujung luar jari-jari roda yang menahan ban dan tabung. Pada penampang, velg berada jauh di tengah dan dangkal di tepi luar, sehingga membentuk bentuk ā€˜Uā€™ yang menopang manik-manik selubung ban.

Baca juga  Kisaran Biaya Ganti Aki Motor Matic

velg dapat ditelusuri dari ban pneumatik pertama untuk sepeda berbentuk tabung sederhana yang diikatkan pada permukaan kayu lingkar luar yang cekung dengan lem dan tekanan udara yang menekan ban tersebut. Sayangnya, permukaan untuk menerima tabung tidak terlalu aman sehingga menyebabkan ban terkadang lepas dari pelek.

Kemudian, pabrikan dan penemu sepeda, Thomas B. Jeffery, mengembangkan ban yang ditingkatkan yang memiliki kawat yang tertanam di karet ban, dan kawat itu bisa dikencangkan ke pelek. Patennya pada tahun 1882 sering disebut menjadi nenek moyang semua ban penentu, desain yang ditemukan pada sepeda dan mobil modern. Ban clincher modern memiliki kabel yang tertanam di kedua manik-manik ban sehingga kabel pas di dalam tepi pelek untuk menahan ban di tempatnya saat dipompa penuh.

Jenis Velg

Khusus untuk sepeda motor, secara umum velg dapat dibedakan menjadi dua jenis. Jenis pertama adalah cast wheel atau sering pula disebut velg racing. Velg cast wheel adalah lingkar roda sepeda yang dicetak langsung dengan bahan logam tertentu. Velg ini umumnya sudah menyatu antara velg jari-jari dan tromol, sehingga semakin simpel.

Baca juga  Update Harga Honda CRF125F Edisi 2023

Sementara itu, spoke wheel atau velg jari-jari, seperti namanya, adalah velg yang memiliki jari-jari yang terbuat dari kawat logam yang kokoh dengan pola tertentu untuk menghubungkannya dengan tromol. Velg ini sebenarnya paling banyak dikembangkan oleh pabrikan sepeda motor. Namun, velg jari-jari semakin ditinggalkan, salah satunya karena punya tampilan yang dianggap kuno, sedangkan cast wheel dianggap lebih modern.[3]

Kelebihan Velg Enkei

Velg Enkei Ring 17 (sumber: shopee)
Velg Enkei Ring 17 (sumber: shopee)

Di pasaran sendiri, sudah ada banyak perusahaan yang merilis velg model cast wheel, salah satunya Enkei. Enkei Corporation adalah roda sepeda dan mobil penumpang asal Jepang untuk balapan maupun penggunaan harian. Sudah eksis sejak tahun 1950 slam, Enkei pun menjadi produsen roda OEM untuk kendaraan produksi, terutama roda aluminium untuk model sporty.

Menurut review sejumlah pengguna, velg Enkei punya tampilan yang sporty sekaligus kece, sehingga bisa menambah cantik tampang sepeda motor Anda. Selain itu, bahan yang dibuat juga sangat berkualitas, membuat velg Enkei cocok diajak menerabas berbagai jalanan, solid, serta tahan lama alias awet.

Lalu, bagaimana dengan harganya? Karena bisa dikatakan sebagai merk premium untuk produk velg, harga velg Enkei pun tidak bisa dikatakan murah. Di pasaran dalam negeri, velg Enkei rata-rata dijual dengan harga mencapai jutaan rupiah. Sebagai referensi, berikut kisaran harga velg Enkei ring 17 untuk sepeda motor.

Baca juga  Update Biaya Ganti Kampas Kopling Mobil

Harga Velg Enkei Ring 17

Velg Enkei Harga
Velg Enkei 505s Ring 17 MX King Rp1.800.000 per set
Velg Enkei 525 Ring 17 Jupiter Z, MX King Rp2.125.000 per set
Velg Enkei 511 Ring 17 F1ZR, MX King Rp2.250.000 ā€“ Rp2.500.000 per set

Informasi harga velg Enkei ring 17 untuk sepeda motor di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk otomotif dan sejumlah online shop. Perlu Anda catat bahwa harga velg Enkei ring 17 tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing penjual bisa saja berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

[1] Handoyo, Yopi. 2014. Analisis Performance Ban dengan Alat Drum Test. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Universitas Islam Bekasi, Vol. 2(1): 17-26.

[2] Jewel, Elizabeth. 2006. The Pocket Oxford Dictionary and Thesaurus. Oxford University Press.

[3] Irawan, Andi Husni, R. Bagus S. Majanasastra, R. Hengki Rahmanto. 2016. Analisis Kekuatan Velg Cast Wheel Sepeda Motor dengan Perangkat Lunak Berbasis Metode Elemen Hingga. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Universitas Islam 45 Bekasi, Vol. 4(2): 57-66.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *