Harga Vaksin MMR di Sejumlah Rumah Sakit & Klinik Kesehatan

Untuk mengeliminasi rubela (dan sindrom rubela kongenital), campak, dan gondong, seorang bayi, minimal berusia 12 bulan atau satu tahun, disarankan untuk menerima MMR (measles, mumps, rubel). ini dapat dilakukan di berbagai , klinik , atau laboratorium, dengan rata-rata ratusan ribu rupiah per .

Vaksin MMR di Klinik Kesehatan - www.shannonside.ie

Vaksin MMR di Klinik Kesehatan - www.shannonside.ie

Imunisasi atau vaksinasi telah terbukti merupakan intervensi pencegahan paling efektif dalam menekan angka kematian dan kesakitan. Di Indonesia sendiri, imunisasi ini telah berhasil membasmi penyakit cacar dan dinyatakan bebas cacar pada tahun 1974.[1] Kemudian, mulai tahun 1977, upaya imunisasi diperluas menjadi Program Pengembangan Imunisasi dalam rangka pencegahan penularan terhadap Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Imunisasi (PD3I), termasuk tuberculosis, difteri, pertusis, campak, polio, tetanus, serta hepatitis B.[2]

Nah, dari sekian banyak vaksin yang diberikan, salah satu yang diharapkan tidak terlewat adalah vaksin MMR. Ini adalah vaksin yang digunakan untuk melindungi tubuh dari tiga jenis penyakit, yaitu campak, gondongan, dan rubella. Dengan memberikan virus yang dilemahkan, akan memicu sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan antibodi guna melawan ketiga penyakit tersebut.

Dosis Vaksin MMR

Untuk -anak, MMR merupakan salah satu vaksin yang rutin diberikan sebagai bagian dari program imunisasi -anak. Dosis pertama vaksin MMR sebaiknya diberikan saat berusia 12-15 bulan, sedangkan dosis kedua diberikan saat berusia 4-6 tahun. yang baru mendapatkan satu dosis vaksin MMR, maka tubuhnya tidak terlindungi sepenuhnya dari risiko campak, gondongan, dan rubella.

Baca juga  Manfaat, Cara Mengonsumsi & Harga Terbaru Asam Gelugur

Untuk remaja dan dewasa yang belum pernah atau baru satu kali mendapatkan vaksin MMR, dianjurkan untuk melakukan dua suntikan vaksin MMR dengan jeda waktu satu bulan. Kelompok dewasa yang disarankan menerima vaksin MMR antara lain yang berencana hamil, orang yang akan berkunjung ke daerah yang sedang atau pernah mengalami wabah MMR, petugas kesehatan, dan orang-orang yang terpapar campak selama terjadi wabah.

Vaksin MMR

Malaise, demam, atau gatal dapat timbul satu minggu setelah imunisasi dan berlangsung dua hingga tiga hari. Informasi dalam brosur (leaflet) membantu orang tua bagaimana menurunkan demam (termasuk penggunaan parasetamol). Pembengkakan parotis kadang-kadang terjadi, biasanya dalam minggu ketiga setelah imunisasi. Efek samping biasanya lebih jarang timbul pada dosis kedua MMR dibandingkan pada dosis pertama.

Lalu, bagaimana dengan pendapat yang mengatakan bahwa vaksin MMR dapat membuat anak menderita autisme atau menyebabkan speech delay? Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sudah mengonfirmasi bahwa tidak ada bukti ilmiah antara vaksin MMR dengan autisme maupun speech delay. American Academy of Pediatrics (AAP), Institute of Medicine, dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) pun menyimpulkan bahwa tidak ada bukti hubungan antara imunisasi MMR dan timbulnya autisme.

Baca juga  Update Harga, Dosis, dan Efek Samping Obat Cacingan Combantrin

Opini tersebut muncul ketika Dr. Andrew Wakefield dan O’Leary melakukan penelitian pada tahun 2002 yang melaporkan bahwa 75 di antara 90 anak autisme ditemukan genom virus morbili di dalam jaringan biopsi usus mereka, dibandingkan hanya 5 di antara 70 anak yang bukan autisme.[3] Sejak riset ini diterbitkan, angka imunisasi MMR di Inggris pun menurun, yang merembet ke seluruh negara di dunia.

AAP secara berkesinambungan merekomendasikan para orang tua untuk memberikan vaksinasi penuh kepada anak-anaknya untuk mencegah penyakit berbahaya seperti campak. Sementara itu, American Medical Association (AMA) mendukung pendapat yang menyatakan bahwa autisme muncul lebih disebabkan faktor genetik, bukan karena vaksin MMR.[4]

Nah, dengan berbagai rekomendasi badan kesehatan terkemuka dunia, Anda sebagai orang tua tentunya tidak perlu lagi khawatir saat akan memberikan vaksin MMR kepada hati Anda. Anda dapat melaksanakan vaksin ini di berbagai rumah sakit maupun klinik kesehatan. Berikut kami sajikan informasi kisaran harga vaksin MMR di dalam negeri.

Vaksin MMR di Rumah Sakit - parenting.orami.co.id

Vaksin MMR di Rumah Sakit - parenting.orami.co.id

Harga Vaksin MMR

Nama Rumah Sakit & Klinik KesehatanHarga Vaksin MMR
Raisha Klinik Vaksinasi (Jalan Magelang KM 4,5, Kutu Dukuh No. 123, RT 6 RW 28, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta)Harga umum : Rp205.000
Harga rekomendasi : Rp185.000
Harga mitra : Rp165.000
VAXCORP Indonesia (Komp. Plaza Kelapa Gading. Ruko Inkopal Blok C No. 60, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading Barat, Jakarta UtaraRp415.000
Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak Harapan Bunda Bandung (Jalan Pluto Raya Blok C, Margahayu Raya, Margasari, Buabatu, Bandung)Rp450.000
Rumah Vaksinasi Bogor (Taman Yasmin Sektor VI, Jalan Pinang Raya No. 12, Bogor)Rp475.000
Baca juga  Update Terkini Daftar Harga Member Helios Fitness di Berbagai Kota

Harga vaksin MMR di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs resmi klinik kesehatan yang bersangkutan. Perlu diketahui, biaya vaksin MMR di klinik kesehatan yang lain kemungkinan berbeda, tergantung kebijakan klinik. Untuk informasi lebih jelas, Anda bisa datang ke rumah sakit atau klinik terdekat.

[1]Souvriyanti, Elsye, dkk. 2004. Hubungan Vaksin Measles, Mumps, Rubella (MMR) dengan Kejadian Autisme. Jurnal Sari Pediatri, Vol. 6(1): 2-9.

[2] Republik Indonesia, Keputusan Menteri Kesehatan. 2004. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1059/Menkes/SK/IX/2004 tentang Pedoman Penyelenggaraan Imunisasi.

[3]De Stefano, F. 2001. Vaccines and Autism. The Pediatric Infectious Disease Journal, Vol. 20: 887-8.

[4] Stratton, K. 2011. Immunization Safety Review Measles-mumps-rubella Vaccine and Autism. Washington: National Academies Press, hlm. 11-55.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Vaksin MMR di Sejumlah Rumah Sakit & Klinik Kesehatan"