Harga Tusen Klep Plastik di Pasaran

No comment879 views

Foot klep atau klep tusen adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menahan dalam jalur pipa hisap agar tidak kembali meluncur jatuh ke sumur atau bak tanam. Dengan begitu, tindakan memancing mesin pompa agar bisa dihisap dan dipompa keluar dari dalam sumur atau bak tanam, hanya perlu dikerjakan satu dan pertama kali saja. Selanjutnya, akan langsung keluar setiap kali mesin pompa dinyalakan.

Harga, tusen, klep, plastik, kuningan, jenis, material, bahan, di, pasaran, murah, fungsi, pompa, air, sumur, bak, aliran, pipa, PVC, paralon, fiber, resin, tekanan, fisik, ciri, penampungan, kinerja, saringan, klep tusen, foot klep, mesin, pegas, per, aliran, beban, kekuatan, kebocoran, ruang,

Ilustrasi: pompa air dengan tusen klep (youtube: cityofwindsor)

Letak posisi klep tusen harus berada di bagian pipa yang terendam di bawah permukaan air sumur/bak penampungan. Tidak mutlak harus di ujung pipa, yang penting harus di bawah permukaan air. Perhitungkan juga tinggi permukaan air sumur di kala sedang surut. Usahakan posisi klep tusen tetap berada di bawah permukaan air.

Tusen klep sendiri menggunakan pegas (per) yang berfungsi membuka-tutup aliran air untuk masuk ke dalam pipa hisap saat pompa dinyalakan. Dengan begitu, ada sebagian kekuatan mesin pompa yang terpakai ‘hanya’ untuk menarik pegas agar dapat dilalui air. Jika di bagian mulut pipa hisap ditambahkan dengan saringan, berarti terdapat dua beban yang harus diatasi oleh kekuatan pompa saat mengisap air, yakni menarik pegas tusen-klep agar terbuka dan mengatasi halangan saringan yang terpasang.

Dengan tanpa saringan terpasang di mulut pipa hisap, maka kerja tambahan pompa hanya terjadi untuk menarik pegas tusen-klep saja. Kinerja pompa menjadi sedikit lebih ringan dan jumlah air yang berhasil dihisap menjadi sedikit lebih banyak. Tingkat kerapatan saringan yang digunakan akan sangat menentukan besar-kecilnya beban penghalang kekuatan pompa menghisap air.

Baca juga  Update Harga Cat Motif Marmer untuk Pilar Bangunan

Namun, jika ditujukan untuk menyaring debu dan air, seberapa besar manfaat memasang saringan dengan tingkat kerapatan yang kasar? Sedangkan, bila menggunakan saringan dengan tingkat kerapatan yang halus, beban pompa menghisap air akan bertambah berat. Belum lagi ditambah saat saringan sudah penuh dengan kotoran. Cukup banyak tambahan pekerjaan yang harus dilakukan di kemudian hari hanya dengan terpasangnya saringan kotoran di mulut pipa hisap.

Semua itu bisa diatasi dengan mudah dengan cara membelokkan mulut pipa hisap ke arah atas. Dengan cara seperti itu, tidak ada lagi tambahan beban pada pompa saat menghisap air dan tidak perlu ada tindakan membersihkan saringan dari kotoran.

Jika dirunut ke efek yang ditimbulkan, keluaran air pompa yang lebih banyak akan mengurangi waktu yang kita gunakan untuk pemakaian air. Tanpa menggunakan saringan di mulut pipa hisap, waktu pompa menyala akan berkurang. Jumlah listrik yang dipakai untuk menyalakan pompa pun turut berkurang. Artinya, secara akan terjadi sebuah keadaan penghematan pemakaian listrik oleh pompa dengan tidak menggunakan saringan kotoran di mulut pipa hisap.

Ilustrasi: instalasi pompa air tanam (sumber: city-of-data.com)

Membelokkan mulut pipa hisap juga memberikan solusi untuk bisa menghisap air dalam jumlah lebih banyak, khususnya untuk air di bak penampungan (bukan sumur). bak penampungan air yang dibuat tertanam dalam tanah, memiliki bentuk (umumnya) seperti kolam renang mini. Tidak terlalu dalam, namun memiliki bidang permukaan air yang luas. Berbeda dengan bentuk sumur yang seperti , dengan bidang permukaan air yang relatif sempit.

Baca juga  Harga Gilingan Daging Manual dan Elektrik (Semua Tipe)

Dengan mulut pipa hisap dipasang tegak lurus, maka jarak ideal antara ujung mulut dengan dasar sumur/bak penampungan adalah 30 cm. Tujuannya agar kotoran yang mengendap di area dasar supaya ‘agak’ sulit untuk ikut terhisap oleh pompa.

Apabila cara itu diterapkan pada sumur, maka hampir 90% air dalam sumur dapat dihisap keluar. Namun, tidak sama halnya jika diterapkan pada bak penampungan. Air dalam bak penampungan, hanya akan dapat dihisap keluar sebanyak 80% saja. Penyebabnya karena bentuk fisik ruang dan luas bidang permukaan air bak penampungan yang lebih besar dibanding sumur.

Dengan kondisi mulut pipa hisap yang bengkok, posisinya bisa diletakkan sedekat mungkin dengan dasar bak penampungan tanpa terlalu khawatir kotoran yang mengendap di sekitar mulut pipa akan ikut terhisap lebih banyak. Karena, area air yang dihisap cenderung mengarah dari atas ke bawah, bukan dari dasar ke atas. Pemasangan mulut pipa hisap yang umumnya harus menggantung dan berjarak minimal 30 cm di atas dasar bak penampungan, bisa diperpendek menjadi hingga 10 cm. Jadi, ada situasi tertentu di mana membelokkan mulut pipa hisap ke atas dapat menambah efektivitas dan efisiensi kinerja pompa menghisap air.

Fungsi Tusen Klep

Berbeda dengan jenis pompa celup atau submersible yang mana tidak memerlukan foot valve karena bukan merupakan pompa permukaan, dan tidak bekerja menghisap melainkan mendorong air. Sebagaimana sebuah klep atau katup, fungsi teknisnya adalah membuka dan menutup menyesuaikan dengan kinerja yang diperlukan.

Tusen klep dalam berbagai (sumber: Bukalapak)

Pada pipa hisap sebuah mesin pompa air, tusen klep berfungsi sebagai penahan aliran air yang telah berada pada pipa agar tidak kembali turun ke bawah. Sedangkan ketika mesin pompa bekerja menghisap air, maka klep akan terbawa aliran sehingga dapat terbuka dan bertumpu pada dudukannya sampai mesin berhenti menghisap kemudian klep menutup kembali dengan sempurna. Kebocoran pada tusen klep dapat mengakibatkan ruang impeller menjadi kosong dan memerlukan upaya pengisian secara manual (dipancing) agar lebih cepat mencapai titik vakum di dalam ruang pipa hisapnya.

Baca juga  Info Harga Berbagai Merek Benang Sulam di Pasaran

Untuk jenis pompa yang masih mengandalkan pressure switch sebagai kontrol on off-nya, maka adanya kebocoran pada komponen foot valve bisa memicu otomatis pompa sering berbunyi akibat tekanan yang tidak bisa padat sepenuhnya.

Perbedaan Tusen Klep Kuningan dan Plastik

Foot klep atau klep tusen dapat kita temukan di pasaran terbuat dari dua bahan dasar, yaitu kuningan dan plastik keras. Meskipun memiliki fungsi yang sama, tentunya akan berbeda untuk daya tahan serta presisinya yang mana tusen klep kuningan lebih dianjurkan untuk jenis pompa yang memiliki tekanan tinggi.

Kalau dilihat dari fisiknya, bahan dasar plastik keras yang dipakai mirip dengan fiber/resin. Jika benar bahan seperti itu yang dipakai, maka klep tusen ini memiliki batas umur pemakaian lebih pendek dibanding umur pipa PVC/paralon.

Tusen Klep

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tusen klep yang ada di pasaran saat ini tersedia dua jenis, dilihat dari material yang digunakannya yakni berbahan kuningan dan plastik. Harga tusen klep plastik disebut-sebut lebih murah, yakni berkisar Rp13 ribu hingga Rp45 ribu. Sementara tusen klep kuningan ditawarkan dengan harga mulai Rp36 ribu hingga Rp80 ribu.

loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Harga Tusen Klep Plastik di Pasaran"