Info Terbaru Harga Tuna Kaleng di Indomaret, Alfamart, & Superindo

Di dalam pasar kalengan, ikan tuna dan spesies sejenis tuna, termasuk cakalang dan yellowfin, sangatlah mendominasi. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian ditemukan banyak produk ikan tuna di berbagai pasar swalayan, seperti Superindo, Indomaret, dan Alfamart, bahkan situs jual beli online, dengan harga yang biasanya cukup terjangkau.

Tuna Kalengan (sumber: superfoodsrx.com)
Tuna Kalengan (sumber: superfoodsrx.com)

Seperti dikutip dari CNN, ikan tuna dianggap sebagai sumber makanan yang cukup melimpah. Setidaknya, ada 40 spesies ikan tuna yang terdapat di Samudera Atlantik, Samudera Hindia, Samudera Pasifik, dan Mediterania. Ikan tuna lantas menjadi salah satu jenis ikan yang sangat penting secara ekonomi bagi maju dan negara berkembang.

Bacaan Lainnya

Masih menurut sumber yang sama, sebuah baru-baru ini mengatakan bahwa ikan tuna mengandung mineral selenium yang dikenal dengan selenoneine. Ikan ini juga mengandung 20 persen fosfor dan 10 persen magnesium. Selain itu, ikan tuna juga mengandung vitamin A dan B untuk mencegah atherosclerosis. Hanya saja, ikan ini tidak mengandung vitamin C.

Di dalam pasar kalengan, tuna dan spesies sejenis tuna, termasuk cakalang dan yellowfin, sangatlah mendominasi. Sementara, di pasar sushi dan sashimi, ikan tuna berlemak, tuna sirip biru, dan juga big eye lebih disukai. Namun, ikan tuna sirip biru adalah pilihan utama untuk pasar sushi dan sashimi, yang sebagian besarnya akan dijual ke Jepang.

Baca juga  Harga Snack Sabena (Semua Varian Rasa)

Banyak orang yang menganggap jika ikan tuna kalengan sangat praktis untuk dikonsumsi karena bisa dimasak kapan saja dan bisa menjadi lauk yang nikmat. Pakar kesehatan dari The Environmental and Occupational Health Sciences Institute, Michael Gochfeld, MD, Ph.D, menyebutkan jika konsumsi ikan tuna kalengan setiap hari sebenarnya cukup aman. Namun, ia mengingatkan adanya risiko keracunan merkuri yang berasal dari daging ikan ini.

Hampir senada, pakar kesehatan dari University of Sydney, Leona Victoria Djajadi, MND, menyebutkan bahwa meskipun cukup aman, konsumsi ikan tuna kalengan sebaiknya tidak terlalu sering. Ia merekomendasikan konsumsi ikan tuna sebanyak 150 gram dalam dua hingga tiga kali dalam seminggu saja, sehingga kita akan menyerap banyak nutrisi baik dari ikan tuna tanpa berisiko mengalami dari kandungan merkuri di dalamnya.

Namun yang unik, Food and Drug Administration, justru menyebutkan jika kandungan merkuri ikan tuna kalengan jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan ikan tuna segar. Hal ini berarti, kita justru akan banyak mendapatkan nutrisi baik dari ikan tuna layaknya vitamin A, vitamin B6, asam folat, hingga asam lemak Omega 3 yang akan sangat baik bagi kesehatan dan perkembangan anak. Hanya saja, pertimbangkan juga apakah produk ikan tuna kalengan ini memakai bahan pengawet atau tidak.

Baca juga  Update Tarif Call Center Halo BCA

Tidak susah mendapatkan produk ikan tuna kalengan karena sudah ada beragam jenis dan merek. Anda bisa membeli produk ini di berbagai pasar swalayan, minimarket, dan bahkan situs jual beli online. Nah, berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga tuna kalengan di populer seperti Indomaret dan Alfamart.

Ilustrasi: Tuna dalam Kemasan Kaleng (credit: nbcnews)
Ilustrasi: Tuna dalam Kemasan Kaleng (credit: nbcnews)

Harga Tuna di Indomaret, Alfamart, dan Superindo

Nama Ritel Merk Tuna Harga (Rp)
Indomaret Ayam Brand Tuna Chunks In Water 185g 28.900
Ayam Brand Tuna Chunks In Oil 150G 28.900
Alfamart Maya Tuna Vegetable Oil 185 gr 20.800
Superindo Super Indo 365 Tuna Potongan Dalam Air Garam

185 g

22.900
Super Indo 365 Tuna Potongan dalam Minyak Sayur

185 g

24.900

Berbagai produk tuna kaleng rupanya mengalami perubahan harga hampir setiap tahun. Pada penjualan 2019 tercatat Ayam Brand Tuna kemasan 150 gr di Indomaret dijual sekitar Rp25.400 dan Sun Bell Tuna Chunk in Vegetables Oil seharga Rp16.500. Namun, kedua produk tersebut mengalami kenaikan harga pada 2020. Ayam Brand Tuna kemasan 185 gram yang dijual sekitar Rp25.400 tahun 2019 menjadi Rp26.300 di tahun 2020. Sedangkan Sun Bell Tuna Chunk in Vegetables Oil dari harga Rp16.500 di tahun 2019 menjadi Rp18 ribu di tahun 2020.

Harga Tuna Kaleng - www.blanja.com
Harga Tuna Kaleng – www.blanja.com

Tahun 2021 dan 2022, beberapa merek produk kembali mengalami perubahan harga dibandingkan 2020. Misalnya, Ayam Brand Tuna Chunks In Oil 150 gr di Indomaret yang ditawarkan seharga Rp26.300 tahun 2020, naik menjadi Rp28.300 di tahun 2021, naik lagi menjadi Rp28.900 di tahun 2022. Sementara itu, Sun Bell Tuna Chunk in Vegetables Oil yang ikut naik sedikit dari Rp18 ribu di tahun 2020 menjadi Rp19.500 di tahun 2021, tetapi sold out di tahun 2022.

Harga tuna kaleng siap makan di Indomaret dan Alfamart tersebut kami rangkum dari situs resmi masing-masing minimarket. Harga tuna kaleng di Indomaret dan Alfamart di atas tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, silakan mengunjungi outlet Indomaret dan Alfamart terdekat di Anda.

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.