Specs dan Harga Traktor Yanmar Bromo Series

Di segmen alat atau mesin pertanian, salah satu merk yang cukup kondang di pasaran dalam negeri adalah Yanmar. Pasalnya, perusahaan ini telah merilis berbagai produk untuk kebutuhan pertanian, termasuk traktor. Selain model empat roda, Yanmar juga memiliki sejumlah traktor dua roda, termasuk Bromo Series. Diklaim lebih dinamis dan lincah, harga produk ini tentu saja jauh lebih terjangkau dibandingkan traktor menggunakan empat roda.

Traktor Yanmar Bromo (youtube: MESIN TRAKTOR)
Traktor Yanmar Bromo (youtube: MESIN TRAKTOR)

Fungsi Traktor

Untuk pertanian, traktor dikatakan memiliki banyak manfaat bagi petani. Salah satu keunggulan penggunaan traktor adalah dapat melakukan substitusi penggunaan kerja yang kian hari kian mahal dan langka, terutama untuk kegiatan persiapan lahan. Selain itu, traktor juga dapat mempercepat kegiatan persiapan lahan, sehingga memungkinkan petani untuk melakukan penanaman tepat waktu pada musim tanam.[1]

Bacaan Lainnya

Di pasaran sendiri, sudah ada banyak perusahaan yang merilis traktor, salah satunya Yanmar. Sudah berdiri sejak tahun 1912 silam dan berbasis di Jepang, nama Yanmar pertama kali digunakan pada tahun 1921. Awalnya menjual mesin minyak tanah, traktor tangan Yanmar kemudian resmi diluncurkan pada tahun 1996, kala itu seri YC dan YS.

Baca juga  Info Terkini Harga Kamera Nikon Coolpix L320 (Baru dan Bekas)

Seiring berkembangnya zaman, Yanmar pun melemparkan berbagai varian traktor tangan. Khusus untuk konsumen di pasaran Indonesia, perusahaan tersebut saat ini setidaknya sudah memiliki empat tipe traktor tangan, yakni Yanmar YK450RK-R, Yanmar Te550ex, Yanmar YM Series, dan Yanmar Bromo Series.

Review Yanmar Bromo Series

Memiliki nama mirip salah satu gunung terkenal di Jawa Timur, traktor tangan Yanmar tipe bajak Bromo Series dikatakan sebagai traktor yang kuat, ekonomis, dinamis, dan inovatif. Pasalnya, produk ini sudah didukung mesin diesel Yanmar bertenaga maksimal 8,5 PS dan transmisi dari casting serta desain gigi belok yang baru.

Tidak hanya itu, produk ini telah dilengkapi dengan gear case casting dengan konstruksi bertulang kokoh dan tahan banting, struktur shaft 5 tingkat penyaluran daya lebih ringan sehingga gear shaft lebih awet, serta oil seal yang mudah dilepas dalam penggantian dan tidak perlu membongkar transmisi. Traktor Yanmar Bromo Series pun diklaim lebih lebar, stabil, lincah, dan nyaman dalam pemakaian, punya stang panjang dan kopling belok ringan sehingga mudah dikendalikan, dan stabil dengan perlengkapan kerja modifikasi terbaru.

Baca juga  Kegunaan dan Update Harga Briket Batubara

Spesifikasi Yanmar Bromo Series

Traktor Yanmar Bromo (sumber: docplayer.info)
Traktor Yanmar Bromo (sumber: docplayer.info)
Dimensi dengan Roda Karet Panjang 2.640 mm, lebar 770 mm, tinggi 1.130 mm
Dimensi dengan Roda Besi Panjang 2.640 mm, lebar 1.176 mm, tinggi 1.265 mm
dengan Roda Karet 146,7 kg
dengan Roda Besi 182,7 kg
Sistem Transmisi Kombinasi roda gigi-rantai (gear-chain)
Tipe Gear Case Casting dual part system
Susunan Gear 5 tingkat
Tingkat Kecepatan Maju 1 (2 ganti jalur puli)
Sistem Kopling Utama (Jalan) Puli penegang tali sabuk (V-belt tension pulley)
Sistem Kopling Belok Gigi cakar (dog clutch)
Sistem Pengereman EBS (emergency brake system)
Tipe Motor Penggerak Motor diesel horizontal, 4-tak, pendingin air
Volume Silinder 493cc
Daya Maksimal 8,5 HP @ 2.200 rpm
Daya Kontinyu 7,5 HP @ 2.200 rpm
Sistem Pembakaran Pengabutan langsung (direct injection)
Sistem Pendingin Radiator
Starter Manual (engkol tangan)
Bahan Bakar Solar
Tangki Bahan Bakar 10,5 liter
Tangki Minyak 2,2 liter
Motor Penggerak 92 kg
Rangka Traktor + Motor Penggerak dengan Roda Karet 238,7 kg
Rangka Traktor + Motor Penggerak dengan Roda Besi 274,7 kg
Baca juga  Info Kegunaan, Dosis, Cara Pakai & Update Harga Insektisida Decis

Harga Yanmar Bromo Series

Apabila Anda tertarik menggunakan traktor Yanmar seri Bromo, tidak sulit mendapatkan produk tersebut. Anda bisa membelinya di berbagai toko peralatan pertanian atau memesan lewat situs jual beli online. Di pasaran dalam negeri, Yanmar Bromo Pro V2 sekarang dijual dengan harga Rp28.500.000 hingga Rp29.500.000. Namun, ada juga yang melepas traktor ini dengan harga Rp23,915 jutaan di platform e-commerce (belum termasuk ongkos kirim). Sementara itu, jika membeli produk bekasnya, harga Yanmar Bromo second sekarang mulai Rp11 jutaan, tergantung kondisi barang.

[1] Suyatno, Adi, Imelda, Komariyati. 2018. Pengaruh Penggunaan Traktor terhadap Pendapatan dan Penggunaan Kerja pada Usahatani Padi di Kabupaten Sambas. Agraris: Journal of Agribusiness and Rural Development Research, Vol. 4(2): 91-100.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.