Info Terbaru Harga Jaring Ayam Murah (Meteran dan Roll)

Untuk menghemat modal, beberapa peternak ayam biasanya memakai jaring ayam sebagai bahan dinding kandangnya. Ini bertujuan untuk membatasi daerah kandang dan supaya ayam tidak kabur. Ada banyak jaring ayam dengan harga dan tidak hanya bisa dipakai untuk ternak ayam broiler, tetapi juga ayam jenis lainnya.

Ilustras: Jaring Ayam Kawat (credit: farmandfleet)
Ilustras: Jaring Ayam Kawat (credit: farmandfleet)

Fungsi Jaring Ayam

Seperti namanya, jaring ayam memang dibuat khusus sebagai salah satu peralatan untuk keperluan ternak ayam, di antaranya ayam pedaging, hias, dan petelur. Piranti ini diperlukan sebagai salah satu bahan untuk membuat kandang ayam. Selain dijadikan sebagai pelapis dinding, jaring ayam juga kerap dijadikan sebagai pembatas antara kandang ayam jantan dan betina sebelum dikawinkan.

Bacaan Lainnya

Sebagai dinding kandang ayam, jaring ayam atau biasa disebut dengan waring ini dijadikan sebagai pelapis bagian dalam kandang, lalu ditutup dengan terpal dari luar. Biasanya, dinding waring untuk kandang ayam dipasang dengan ketinggian 100 cm dari lantai kandang, sementara terpal akan dipasang dari dasar lantai hingga atap.[1]

Waring dipilih sebagai bahan untuk membuat kandang karena memiliki banyak lubang untuk dijadikan ventilasi. Selain itu, dengan lubang-lubang ini, jaring tidak mudah rusak saat dipatok ayam. Menurut review peternak, waring tidak hanya awet, tetapi juga anti-jamur dan bau, karena tidak menyerap air dan terbilang tahan dengan perubahan suhu di kandang.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Beberapa peternak juga menggunakan jaring ayam untuk ternak unggas lain, seperti burung, bebek, dan angsa. Untuk ternak unggas seperti ini, peletakan jaring ayam harus disesuaikan dengan bentuk kandang dan karakter aves. Jika Anda ingin beternak angsa atau burung, jaring harus dipasang setinggi mungkin dari dasar kandang hingga bagian atas, terutama bagi Anda yang ingin membuat kandang terbuka atau semi terbuka.

Sekadar informasi, meskipun angsa lebih suka berada di air dan darat, unggas putih ini bisa terbang dan mudah kabur dari kandang. Ini tentunya sangat merugikan peternak, apalagi jika Anda ingin memelihara angsa untuk diambil daging atau telurnya. Sementara itu, bagi Anda yang memelihara burung, Anda bisa memasang waring sebagai dinding untuk kandang atau rumah burung. Biasanya cara ini dipakai oleh mereka yang ingin budidaya burung kicau dan hias.

Selain bisa dimanfaatkan untuk beternak, beberapa orang memakai jaring ayam untuk merawat tanaman. Waring dikatakan mampu membantu untuk mengendalikan hama burung dan serangga. Biasanya ini dipakai untuk menutupi yang hampir atau ladang sayur dan buah.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Ada juga yang memakai jaring ayam untuk dijadikan sebagai bahan pengganti kaca saat membuat greenhouse. Bahan ini terbilang lebih aman, karena tidak berisiko pecah dan tanaman bisa menghirup udara dengan bebas tanpa harus lewat ventilasi udara pada kaca. Dengan memasang waring di area greenhouse, tumbuhan berbunga juga akan terhindar dari risiko rusak dan hama.

Bagi Anda yang membutuhkan jaring ayam untuk berbagai keperluan di atas, sebenarnya tidak sulit mendapatkan material ini. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di sejumlah toko peternakan. Selain itu, banyak juga yang menjualnya lewat berbagai situs jual beli online. Sebagai referensi, berikut kisaran harga jaring ayam saat ini.

Harga Jaring Ayam

Varian Jaring Ayam Spesifikasi Harga
Jaring Ayam 1 m Berat 300 gr, bahan nylon, panjang 25 m, size 3,5 inci, lebar 1 m, warna hitam Rp26.000 – Rp34.800
Jaring Ayam 2 m Berat 665 gr, material nylon, size 3,5 inci, panjang 22 m, lebar 2 m Rp45.600 – Rp52.000
Jaring Ayam 2,5 m Berat 830 gr, bahan nylon, panjang 22 m, lebar 2,5 m, size 3,5 m Rp47.500 – Rp55.000
Jaring Ayam 3 m Berat 990 gr, material nylon, lebar 3 m, panjang 22 m, size 4 cm Rp50.000 – Rp67.000
Jaring Ayam PE 2,5 m Berat 830 gr, bahan plastik PE, ukuran 2,5 m x 10 m, ukuran lubang 2 cm x 2 cm, warna hijau army Rp118.900
Jaring Ayam 4 m Berat 1,4 kg, bahan nylon, panjang 22 m, lebar 4 m, size 3,5 inci Rp120.000
Jaring Ayam 4,7 m Berat 1,7 kg, bahan nylon, panjang 22 m, size 3,5 inci, lebar 4,7 m Rp150.000
Jaring Ayam 1 roll Lebar 1,2 m, panjang 50 meter Rp157.705
Jaring Ayam 1 roll Kerapatan lubang 3 mm, lebar 1,2 m, panjang 100 meter Rp400.000 – Rp450.000
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Daftar Harga jaring ayam di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga waring ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun lalu jaring ayam 1 meter dijual dengan harga Rp29 ribuan, sedangkan harga jaring ayam 4 meter mulai Rp90 ribuan.

[Update: Panca]

[1] Nadzir, Ahmad Tusi, Agus Haryanto. 2016. Evaluasi Desain Kandang Ayam Broiler di Desa Rejo Binangun, Kecamatan Raman Utara, Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Teknik Pertanian Lampung Universitas Lampung, Vol. 4(4): 255-266.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *