Update Harga Tiket Bus Jakarta-Malang (VIP, Executive, Platinum)

Apabila Anda berdomisili di Jakarta dan ingin liburan ke Malang, sebenarnya sudah ada banyak transportasi umum yang dapat Anda gunakan. Anda bisa menumpang pesawat atau kereta api. Selain itu, tersedia pula sejumlah perusahaan otobus (PO) yang menyediakan armada untuk melayani relasi Jakarta-Malang. Harga tiket tentu saja bervariasi, tergantung moda transportasi yang Anda pilih.

Ilustrasi: Barisan Bus di Terminal Kota Malang (credit: Okezone)
Ilustrasi: Barisan Bus di Terminal Kota Malang (credit: Okezone)

Nah, jika Anda kebetulan lebih memilih menggunakan bus, Anda dapat naik bus antar-kota dari Terminal Lebak Bulus, Terminal Pulogadung, atau Terminal Rawamangun. Tersedia pula bus eksekutif yang melayani langsung trayek Jakarta-Malang lewat jalur utara alias pantura.[1] Berikut sejumlah PO yang melayani relasi Jakarta ke Malang.

Bacaan Lainnya

PO Pahala Kencana

Pahala Kencana didirikan tahun 1976 oleh Hendro Tedjokusumo di Kota Kudus, Jawa Tengah. Sejak awal, mereka sudah menjadi salah satu warga Kota Kudus dan sekitarnya serta Kota Solo untuk menuju Jakarta. Seiring waktu dan tingginya permintaan, Pahala Kencana menambah trayek yang menjangkau banyak kota besar dan kecil di Pulau Jawa, Madura, Bali, Lombok, bahkan Pulau Sumatera. Mereka lantas mengembangkan kembali perusahaan jasa transportasinya dengan membangun Jasa Titipan Pahala Kencana.

Baca juga  Update Tarif Tol Cikampek (Jakarta-Cikampek)

Bicara soal pelayanan dan armada yang digunakan, bus ini memiliki kekuatan armada mencapai 300-an unit bus, yang diisi oleh dua merk raksasa Mercedes-Benz (1521, 1525, 1526, 1626, dan 1830) dan Hino (RK8, RG). Selain itu, penumpang juga dapat memilih kelas mulai dari kelas bisnis, VIP, Executive, hingga Super Executive. Fasilitas yang dapat Anda nikmati antara lain Wifi, snack, air mineral, toilet, AC, bantal, selimut, stop kontak, lemari pendingin, dan tempat khusus merokok, tentunya dengan harga tiket yang berbeda, tergantung kelas pilihan.

Armada bus Pahala Kencana (sumber: mobilkomersial.com)
Armada bus Pahala Kencana (sumber: mobilkomersial.com)

PO Kramat Djati

Kramat Djati Jakarta didirikan pada tahun 1994 yang melayani penumpang ke berbagai tujuan di Pulau Jawa dan Sumatera. Layanan transportasi Kramat Djati meliputi bus malam, bus charter, logistik, dan paket liburan. Tak jauh berbeda dengan PO Pahala Kencana, Kramat Djati menawarkan kelas ekonomi AC, VIP, dan Executive. Perusahaan ini memakai armada bus buatan Hino dengan tipe Hino RK8 dan Hino RN, Mercedes-Benz, MAN, dan Scania.

Baca juga  Wahana & Harga Tiket Saloka Park Semarang

Selain melayani perjalanan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), bus Kramat Djati juga menyediakan charter bus untuk menemani perjalan wisata Anda. Untuk bus pariwisata, Kramat Djati sudah menyiapkan armada ukuran besar dan medium. Fasilitasnya tak jauh berbeda dengan bus reguler, yakni AC, toilet, bantal, selimut, snack, air mineral, dan reclining seat.

Ilustrasi: PO Kramat Djati Malang - Jakarta (credit: travelerbase)
Ilustrasi: PO Kramat Djati Malang – Jakarta (credit: travelerbase)

PO Lorena

PO Lorena didirikan oleh GT. Soerbakti pada 1970-an. Trayek Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) bus ini mulai beroperasi untuk rute Bogor-Jakarta via Cibinong pada 1973. Sementara itu, trayek AKAP jarak pendek, seperti Jakarta-Bandung, baru beroperasi pada 1975. Bus ini telah memperoleh sertifikat ISO 9001:2000. Lorena menyediakan bus kelas executive, VIP, dan bisnis dengan fasilitas yang ditawarkan seperti AC, audio video, selimut, bantal, smoking area, toilet, dan reclining seat.

Ilustrasi: PO Bus Lorena (credit: redbus.id)
Ilustrasi: PO Bus Lorena (credit: redbus.id)

PO Medali Mas

Ini adalah salah satu PO yang meramaikan trayek bus jurusan Malang-Surabaya PP. Didirikan pada tahun 1971 di Malang, Jawa Timur, Medali Mas pertama kali beroperasi menggunakan armada Mitsubishi Colt T 100. Selanjutnya, mereka melayani perjalanan AKAP dan AKDP dengan sekitar 80 unit armada dengan berbagai ukuran. Fasilitas standar yang ditawarkan meliputi AC, toilet, snack selama perjalanan, dan perlengkapan tidur seperti selimut dan bantal.

Baca juga  Pilihan dan Harga Tiket Bus Malang-Jogja
Bus Medali Mas (sumber: mobilkomersial.com)
Bus Medali Mas (sumber: mobilkomersial.com)

Harga Tiket Bus Jakarta-Malang

Nama Bus Harga Tiket
PO Handoyo VIP : Rp245.000
Executive : Rp290.000
Super Executive : Rp350.000
PO Tiara Mas Executive : Rp300.000
PO Pahala Kencana Executive : Rp300.000 – Rp340.000
PO Medali Mas Executive : Rp310.000
PO Kramat Djati Executive : Rp320.000
Damri Executive : Rp320.000
Royal Class : Rp370.000
PO Gunung Harta Executive : Rp340.000
Green Platinum : Rp400.000
PO Haryanto Executive : Rp340.000
PO Harapan Jaya Executive : Rp341.000
PO Lorena Super Executive : Rp400.000

Informasi harga tiket bus Jakarta-Malang di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs resmi PO yang bersangkutan. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harga tiketnya memang cenderung naik. PO Lorena misalnya, awalnya mematok tarif Rp390 ribu untuk relasi Jakarta ke Malang, sekarang menjadi Rp400 ribu. Sementara itu, harga tiket PO Gunung Harga rute Jakarta-Malang yang semula Rp330 ribu, saat ini naik menjadi Rp340 ribuan untuk kelas executive.

[Update: Panca]

[1] Koesomo, Asita Djojo. 2013. Menyambut Pagi di Bromo, Melepas Penat di Raja Ampat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm. 13.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.