Harga Tepung Rose Brand di Indomaret & Alfamart Terupdate

Rose Brand menjadi salah satu produsen bahan pangan yang cukup . Produknya tidak hanya dan tepung ketan, ada juga tepung tapioka yang bisa dijadikan aneka tradisional. Anda bisa membeli semua jenis tepung merk Rose Brand di minimarket seperti Alfamart dan Indomaret, juga di platform e-commerce dengan harga relatif terjangkau.

Tepung untuk Aneka Kue - www.thepioneerwoman.com
Tepung untuk Aneka Kue – www.thepioneerwoman.com

Dilansir dari website resminya, ada tiga jenis tepung yang diproduksi oleh Rose Brand. Semua varian tepung ini dikatakan dibuat menggunakan bahan yang berkualitas dengan proses yang higienis, sehingga hampir semua produknya tidak berkutu dan tahan lama. Untuk lebih jelas mengenai jenis-jenis tepung dari Rose Brand, berikut ulasannya.

Bacaan Lainnya

Varian Tepung Rose Brand

Rose Brand Tepung Tapioka

Ini merupakan salah satu produk dari Rose Brand yang memiliki tekstur lembut dan sedikit berat. Tepung tapioka sendiri merupakan hasil olahan dari singkong atau ubi kayu yang memiliki amilopektin tinggi, sehingga bersifat lengket.[1] Tepung dari Rose Brand ini memiliki keunggulan pada warnanya yang putih. Meskipun warnanya tidak kekuningan, konon tepung tersebut tidak mengandung pemutih dan zat yang berbahaya, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Selain itu, tepung tapioka ini juga memiliki sifat yang lentur dan fleksibel. Jika dimasak dengan air, maka bentuknya mirip slime. Tepung seperti ini terbilang cocok dipakai sebagai bahan pangan yang bersifat lembek dan sedikit basah. Beberapa orang mencampurkan tepung ini untuk membuat jajanan tradisional seperti lapis.

Tepung tapioka Rose Brand juga diklaim memiliki tingkat kekakuan dan kekenyalan yang pas untuk mengubah tekstur bahan pangan olahan. Anda bisa mencampurnya dengan sedikit tepung terigu atau tepung beras yang dipakai untuk membuat otak-otak, pempek, nugget, kerupuk, cilok, cimol, dan cireng. Dari semua hidangan ini, beberapa orang suka membuat cilok karena rasanya yang lezat.

Membuat cilok tidaklah sulit, karena Anda hanya memerlukan 250 gr tepung tapioka, kaldu ayam, dan air secukupnya. Rasanya akan lebih lezat jika Anda menambahkan irisan bawang putih, daun bawang cincang, dan daging ayam cincang. Setelah itu, masukkan semua bahan ke dalam food processor dan nyalakan mesin dengan kecepatan sedang.

Adonan yang sudah tercampur rata dan berbentuk pasta bisa dikeluarkan dan siapkan panci dengan air sebanyak 500 ml. Masak air hingga mendidih dan cetak adonan dengan sendok berbentuk bulat, lalu masukkan ke dalam air. Biarkan adonan matang, dengan ciri mengambang dan berwarna gelap.

Cilok yang sudah jadi bisa diangkat dan dihidangkan selagi hangat. Beberapa orang ada yang menambahkan bumbu kacang, sambal, dan saus sebagai cocolan. Jika Anda lebih suka cilok berkuah, Anda juga bisa menambahkan kaldu ayam yang sudah dimasak ke dalam semangkuk cilok.

Ilustrasi: Tepung Tapioka Rose Brand (credit: Facebook/Rose Brand)
Ilustrasi: Tepung Tapioka Rose Brand (credit: Facebook/Rose Brand)

Rose Brand Tepung Beras

Varian tepung dari Rose Brand yang konon, tak kalah populernya adalah tepung beras atau biasa disebut dengan tepung beras putih. Tepung tersebut berbahan dasar beras putih yang sudah disortir dan dibersihkan dari bakteri yang menempel. Secara tekstur, tepung ini lembut dan tidak lengket seperti tepung tapioka. Produk ini juga memiliki tekstur yang cenderung padat setelah dimasak, dan tidak memiliki tingkat kekenyalan sebagus tepung tapioka atau ketan.

Saat dimasak, tepung beras Rose Brand terbilang bisa mengubah tekstur makanan sesuai dengan proses pengolahan. Anda bisa menggunakan tepung tersebut untuk membuat cookies yang keras dengan cara dipanggang atau membuat jajanan yang lembut dengan cara dikukus atau direbus.

Tepung beras tersebut juga diklaim memiliki warna yang putih dan berkualitas premium, karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya, seperti pengawet dan pewarna. Produk ini pun bisa dipakai untuk membuat kerupuk dengan tekstur padat dan tidak terlalu renyah atau bahan MPASI (Makanan Pendamping ASI).

Untuk membuat MPASI menggunakan tepung beras putih Rose Brand tidak sulit, karena Anda hanya memerlukan satu sendok makan tepung beras Rose Brand, sayur secukupnya, dan kaldu ayam secukupnya. Usahakan Anda membuat kaldu ayam yang sehat tanpa MSG dan tanpa pengawet.

Siapkan panci dan masukkan kaldu ayam ke dalamnya, lalu masak menggunakan api kecil. Sambil menunggu mendidih, siapkan sayur yang sudah dicuci dan cincang halus. Anda bisa menggunakan wortel, brokoli, dan bayam. Setelah mendidih, tuang tepung beras ke panci dan aduk hingga , lalu masukkan sayur cincang ke dalamnya dan aduk hingga matang.

Selain itu, beberapa orang ada yang menambahkan keju dan daging ayam cincang, supaya kandungan nutrisi bubur lebih . Setelah matang, biarkan bubur tersebut hingga suhunya turun atau menjadi hangat. Berikan bubur ini kepada si kecil untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya.

Ilustrasi: Tepung Beras Putih (credit: Facebook/Rose Brand)
Ilustrasi: Tepung Beras Putih (credit: Facebook/Rose Brand)

Rose Brand Tepung Ketan

Tak mau kalah saing dengan produsen pangan lainnya, Rose Brand juga mengeluarkan tepung ketan. Tepung ini memiliki tekstur yang agak berat dan sedikit sulit larut. Untuk melarutkannya, biasanya membutuhkan waktu lebih dari 2 menit di air dingin. Setelah dimasak, tepung ini terbilang lembut dan agak lengket, tetapi tidak selengket tepung tapioka.

Tepung tersebut biasanya dijadikan sebagai bahan campuran dalam membuat resep kue basah tradisional. Selain itu, banyak juga orang yang menjadikan tepung ini sebagai bahan campuran untuk membuat bubur. Bubur tepung ketan merupakan salah satu makanan tradisional yang rasanya legit dan lembut.

Untuk membuat bubur ketan atau biasa disebut dengan bubur sum-sum, Anda hanya perlu mencampur 50 gr tepung beras Rose Brand, santan 65 ml, dan garam secukupnya. Masukkan adonan ke dalam panci dan masak di atas api kecil sambil diaduk hingga mengental. Bubur yang sudah jadi bisa dihidangkan begitu saja atau dicampur dengan sirup dan air gula Jawa.

Di minimarket seperti Indomaret dan Alfamart, Anda akan menemukan dua varian tepung Rose Brand, di antaranya tepung beras putih dan beras ketan. Nah, bagi Anda yang penasaran, berikut kami sajikan info perbandingan harga tepung Rose Brand berbagai varian pada tahun 2022 dan 2023.

Ilustrasi: Tepung Ketan Putih (credit: Facebook/Rose Brand)
Ilustrasi: Tepung Ketan Putih (credit: Facebook/Rose Brand)

Harga Tepung Rose Brand di Indomaret

Varian Tepung Rose BrandHarga SebelumnyaHarga Sekarang
Rose Brand Tepung Beras 500 grRp7.900Rp8.200
Rose Brand Tepung Beras Ketan 500grRp14.200Rp14.600

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga tepung Rose Brand di Indomaret saat ini cenderung naik. Misalnya, tepung beras ketan Rose Brand 500 gr yang awalnya dijual seharga Rp12.700, tahun 2022 naik menjadi Rp14.200, kemudian tahun 2023 naik lagi jadi Rp14.600.

Harga Tepung Rose Brand di Alfamart

Varian Tepung Rose BrandHarga SebelumnyaHarga Sekarang
Rose Brand Tepung Beras 500 grRp10.900Rp10.900
Rose Brand Tepung Beras Ketan Putih 500 grRp18.000Rp18.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga tepung Rose Brand di Alfamart tahun 2022 juga mengalami kenaikan, namun masih relatif stabil pada 2023. Misalnya, tepung beras ketan Rose Brand 500 gr yang awalnya dijual seharga Rp16.900, kini naik menjadi Rp18.000.

Untuk memperoleh produk tepung Rose Brand lebih lengkap, Anda dapat berbelanja ke sejumlah situs jual beli online terpercaya dengan harga bersaing. Berikut harga tepung Rose Brand yang berlaku saat ini di situs e-commerce.

Harga Tepung Rose Brand di E-Commerce

Varian Tepung Rose BrandHarga SebelumnyaHarga Sekarang
Rose Brand Tepung Tapioka 500 grRp6.000Rp7.300
Rose Brand Tepung Beras 500 gramRp8.500Rp8.400
Rose Brand Tepung Ketan 500 grRp14.500Rp12.900
Rose Brand Tepung Beras 500gr 1 dusRp113.000Rp122.000
Rose Brand Tepung Tapioka 500 gr 1 dusRp161.000Rp102.000
Rose Brand Tepung Ketan 500 gr 1 dusRp203.000Rp202.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga tepung Rose Brand di situs e-commerce saat ini pun berubah. Misalnya, tepung tapioka Rose Brand 500 gr yang tahun 2021 dijual seharga Rp5.000, tahun 2021 sedikit naik menjadi Rp6.000, tahun 2023 naik lagi jadi Rp7.300. Begitu pula dengan harga tepung beras Rose Brand kemasan 500 gr yang ikut naik dari Rp7.300 menjadi Rp8.500, lalu turun jadi Rp8.400. Perlu diingat, harga tepung Rose Brand tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual.

Varian Tepung untuk Makanan - (www.spoonsnspice.com)
Varian Tepung untuk Makanan – (www.spoonsnspice.com)

[Dian]

[1]Efendi, Romi. 2019. Karakteristik Fisik, Kimia dan Sensoris Kue Telur Gabus dengan Substitusi Tepung Beras Ketan Putih (Oryza Sativa Var. Glutinusa) dan Tepung Jagung (Zea Mays L.) (Skripsi). Program Studi Teknologi Hasil Pertanian Jurusan Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *