Update Harga Tepung Labu Kuning dan Cara Membuatnya

Tepung labu , seperti namanya, merupakan bahan pangan olahan yang terbuat dari labu kuning dengan nama ilmiah Cucurbita moschata durch dan memiliki sebagai pengganti tepung terigu untuk membuat kue. Tepung ini dijual dalam berbagai merk dagang dan kemasan dengan harga relatif terjangkau.

Tepung labu kuning (sumber: newsjani.com)
Tepung labu kuning (sumber: newsjani.com)

Tepung terigu diketahui menjadi bahan utama dalam pembuatan roti, karena mengandung gluten yang baik untuk membentuk tekstur bagian dalam roti. Namun, tidak semua orang bisa mengonsumsi gluten dengan baik. Anak dengan riwayat alergi gluten, seperti penyandang intoleransi gluten dan autism spectrum disorder (ASD), diketahui harus menghindari gluten supaya tidak berdampak buruk pada tubuh.[1]

Bacaan Lainnya

Konon, penyakit intoleransi gluten dapat menyebabkan perubahan dalam usus halus, sehingga terjadi gangguan penyerapan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini mengakibatkan gangguan serius pada fungsi tubuhnya. Nah, sebagai salah satu cara untuk membuat kue ramah penderita ASD dan penyandang intoleransi gluten, dibuatlah tepung waluh atau labu kuning. Dilansir dari BisnisUKM, tepung labu kuning juga dibuat untuk meningkatkan pemanfaatan buah waluh kuning sebagai salah satu inovasi bahan pangan masa kini.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Cara Membuat Tepung Labu Kuning

Cara membuat tepung labu kuning tidaklah sulit, karena Anda hanya perlu menyiapkan satu buah waluh kuning segar yang sudah cukup matang. Sementara itu, peralatan yang dipakai adalah peralatan memasak harian, sehingga Anda tidak perlu kesulitan untuk menyiapkannya.

buah labu kuning yang baru masak pohon. Gunakan sikat untuk membersihkan sisa tanah dan pupuk yang menempel di bagian kulit buah labu. Setelah itu, keringkan buah labu dan potong bagian atasnya. Keluarkan semua biji labu, lalu potong waluh kuning dengan pola dadu. Kupas kulitnya dan angin-anginkan hingga air labu kuning mengering.

Siapkan nampan berukuran besar dan lebar. Usahakan tray terbuat dari bahan logam dan mudah menyerap panas. Letakkan labu yang sudah dipotong-potong di atas nampan dan jemur di bawah terik matahari hingga kering. Supaya tidak terkontaminasi debu atau kotoran, jemurlah labu di ruang dengan pencahayaan penuh. Biasanya ini memakan waktu hingga lima hari, tergantung cuaca saat menjemur labu.

Gunakan lidi untuk memastikan apakah labu sudah benar-benar kering atau belum. Tusukkan bagian ujung lidi ke tengah potongan labu dan tarik. Jika bagian ujungnya masih basah, artinya labu masih harus dijemur. Bagi Anda yang tidak sabar dan ingin cepat mendapatkan tepung labu, Anda bisa bantuan oven. Panggang labu hingga kering, tetapi tidak gosong. Sebagai tips, Anda bisa menjemur labu selama dua hari dan memanggangnya dengan oven. Hal ini terbilang lebih efisien untuk menghindari gosong di bagian bawah labu.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Kumpulkan semua labu yang sudah kering dan masukkan ke dalam alat penggiling tepung. Beberapa orang menggunakan alat penumbuk, chopper, dan blender. Haluskan labu hingga teksturnya menyerupai tepung. Anda tidak perlu menambahkan bahan lain, apalagi air saat membuat tepung labu kuning. Kumpulkan tepung yang sudah jadi dan saring menggunakan pengayak tepung. Ini bertujuan untuk menghasilkan tepung yang halus dan lembut. Setelah tepung jadi, masukkan ke dalam wadah tertutup dan kedap udara untuk disimpan sebelum dipakai.

Anda tidak hanya bisa menggunakan tepung labu kuning sebagai bahan untuk membuat roti atau jajanan pasar, tetapi juga sebagai bahan tambahan MPASI untuk si kecil. Cara membuat MPASI tepung labu kuning tidak sulit, karena Anda hanya perlu menyeduh dua sendok makan tepung labu kuning dengan air panas hingga teksturnya menyerupai bubur.

Labu kuning (pexels: Inna Heasley)
Labu kuning (pexels: Inna Heasley)

Sementara itu, bagi Anda yang sibuk dan tidak memiliki waktu luang cukup untuk membuat tepung labu kuning, Anda bisa membelinya di toko kue atau situs e-commerce. Sebagai referensi harga tepung labu kuning, Anda bisa melihat tabel berikut.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Harga Tepung Labu Kuning

Merk/Varian Tepung Labu Kuning Harga
Iels Organic Tepung Labu Kuning Free Gluten 250 gr Rp32.500
Iels Organic Tepung Labu Kuning Free Gluten 1 kg Rp120.000
Junior Group Tepung Labu Kuning 100 gr Rp15.000
Hasil Bumiku Tepung Labu Kuning 100 gr Rp13.050
Hasil Bumiku Tepung Labu Kuning 1 kg Rp80.000
Arizha Tepung Labu Kuning 500 gr Rp57.900

Hingga saat ini, harga tepung labu kuning di pasaran saat ini relatif stabil. Perlu diingat, harga tepung labu kuning tersebut tentu saja tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Anda pun dapat membeli tepung labu kuning di sejumlah situs online.

Tepung labu kuning merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan gizi, khususnya kekurangan vitamin A seperti yang sudah dijelaskan diatas. Dengan gizi yang dimilikinya, terutama beta karoten (provitamin A) yang tinggi, tepung labu kuning sangat baik untuk fortifikasi.

[Update: Ditta]

[1] Permatasari, Komang Biandari Devi, Putu Timur Ina, Ni Made Yusa. 2018. Pengaruh Penggunaan Tepung Labu Kuning (Cucurbita Moschata Durch) terhadap Karakteristik Chiffon Cake Berbahan Dasar Modified Cassava Flour (Mocaf). Jurnal ITEPA UNUD, Vol. 7(2): 53-64.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *