Info Dosis & Harga Oralit untuk Mengatasi Dehidrasi Akibat Diare

Hampir setiap orang pernah mengalami . adalah sebuah penyakit di saat tinja atau feses berubah menjadi lembek atau cair yang biasanya terjadi paling sedikit tiga kali dalam 24 jam. Di negara berkembang, adalah penyebab kematian paling umum kematian balita, dan juga membunuh lebih dari 2,6 juta orang setiap tahunnya.

Ilustrasi: wara wiri ke toilet karena diare (sumber: verywellhealth.com)

Ilustrasi: wara wiri ke toilet karena diare (sumber: verywellhealth.com)

Diare kebanyakan disebabkan oleh beberapa infeksi virus tetapi juga seringkali akibat dari racun bakteria. Dalam kondisi hidup yang bersih dan dengan mencukupi dan air tersedia, pasien yang sehat biasanya sembuh dari infeksi virus umum dalam beberapa hari dan paling lama satu minggu. Namun untuk individu yang sakit atau kurang gizi, diare dapat menyebabkan yang parah dan dapat mengancam nyawa seseorang apabila tidak segera memperoleh penanganan yang tepat.

untuk diare yang dianjurkan adalah meminum sejumlah air yang mencukupi untuk menggantikan yang hilang, lebih baik bila dicampur dengan elektrolit untuk menyediakan garam yang dibutuhkan dan sejumlah nutrisi. dan tablet zinc adalah pengobatan pilihan utama dan diperkirakan telah menyelamatkan 50 juta anak dalam 25 tahun terakhir.

Oralit adalah yang digunakan untuk mengatasi kondisi kekurangan elektrolit dan mineral di dalam tubuh karena dehidrasi yang terjadi akibat diare, muntah kronis, hingga aktivitas fisik yang berlebihan. Dalam oralit terdapat kandungan Glucose anhydrous, NaCl, Na bicarbonate, CaCl2.

Baca juga  Update Harga Terbaru Suplemen Ever E 250 Berbagai Kemasan

Pemberian Oralit yang mengandung glukosa dan natrium akan sangat membantu ketika tubuh kekurangan elektrolit selama diare. Karena saat diare, virus atau bakteri akan menghambat penyerapan dan meningkatkan sekresi di usus. Hal ini mengakibatkan feses menjadi encer dan lembek. Selain itu, dan garan akan ikut terbawa keluar. Peran Glukosa pada oralit adalah meningkatkan penyerapan natrium pada usus sehingga mampu menghidrasi tubuh meskipun diare sedang berlangsung.

Oralit biasanya berwujud cairan atau bubuk yang harus dilarutkan terlebih dahulu dalam air. Obat ini bisa diminum dengan atau tanpa makan sebelumnya. Oralit biasanya akan bekerja 8-12 jam setelah dikonsumsi.

Komposisi Oralit

  • Glucose anhydrous 4g
  • NaCl 0.7g
  • Na. bicarbonate 0.5g
  • CaCl2 0.3g

Oralit

Ilustrasi: wanita terserang diare

Ilustrasi: wanita terserang diare

Dewasa

  • Untuk orang dewasa yang mengalami dehidrasi ringan: 50 ml cairan per kg berat badan yang diminum dalam 4-6 jam sekali.
  • Untuk orang dewasa yang mengalami dehidrasi sedang: 100 ml cairan oralit per kg berat badan yang diminum dalam 4-6 jam sekali.
  • Untuk menjaga keseimbangan cairan akibat diare ringan: 100-200 ml cairan per kg berat badan dalam satu hari.
  • Untuk menjaga keseimbangan cairan akibat diare kronis: 15 ml cairan per kg berat badan setiap jam hingga diare berhenti.

Anak-Anak

  • Untuk mengatasi dehidrasi pada anak usia < 2 tahun: 15 ml per kg berat badan dalam satu hari sekali.
  • Untuk mengatasi dehidrasi pada anak umur 2-10 tahun: 50 ml per kg berat badan dalam 4-6 jam pertama. Kemudian 100 ml per kg berat badan pada 18-24 jam setelahnya.

Efek Samping

Setiap orang memiliki reaksi yang berbeda-beda setelah mengonsumsi obat-obatan tertentu. Selama penggunaan oralit, Anda mungkin akan mengalami efek samping seperti perut kembung akibat terlalu banyak cairan yang masuk, merasa mual, hingga kadar kalsium yang tinggi dalam darah. Namun yang harus Anda ingat, tidak semua orang mengalami efek samping saat menggunakan obat ini. Mungkin juga ada beberapa efek samping yang belum disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda.

Peringatan & Perhatian

Salah satu produsen Oralit kemasan sachet (sumber: presidentpost.id)

Salah satu produsen Oralit sachet (sumber: presidentpost.id)

  • Obat ini tidak dapat digunakan untuk mengatasi diare, hanya untuk pengganti cairan dan elektrolit yang hilang akibat diare.
  • Jangan lupa untuk menyediakan air matang sebagai pelarut obat ini.
  • Sampai saat ini, juga belum ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa oralit menimbulkan dampak buruk bagi ibu hamil dan ibu menyusui. Akan tetapi, usahakan untuk selalu konsultasi terlebih dahulu pada dokter atau bidan sebelum menggunakan obat apapun, jika Anda sedang hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.
  • Apabila Anda mengalami beberapa kondisi kesehatan tertentu seperti gagal ginjal, hyperkalemia, atau gagal jantung, maka kerja Oralit bisa saja tidak maksimal dan terganggu.
  • Overdosis Oralit bisa menimbulkan beberapa seperti retensi air, bengkak, dan kadar kalsium dalam darah tinggi.
  • Jika Anda melewatkan satu dosis, segera minum sesegera mungkin saat Anda ingat. Namun, jika Anda baru ingat setelah sudah waktunya untuk dosis selanjutnya, abaikan saja dosis yang terlupa, dan lanjutkan pemakaian sesuai jadwal.

Harga Oralit di Apotek

Merek Produk ElektrolitHarga
Oralit 200 sachet Indofarma (per pcs)Rp 705
Oralit Phapros 200 mg sachet (per pcs)Rp 878
Bioralit 200 (oralit dengan rasa dan aroma jeruk)Rp 1.099
Corsalit 200 mg sachet 50SRp 1.320
Oralit Kimia Farma Sachet @100 GKF (10 sachet)Rp 7.300

Informasi harga Oralit di atas diambil dari situs resmi Apotek K24. Perlu diketahui bahwa harga Oralit bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga Oralit yang berlaku di setiap tempat juga bisa berbeda-beda. Apabila Anda sedang diare dan membutuhkan Oralit, Anda bisa mencarinya di toko-toko obat maupun di apotek terdekat dari tempat tinggal Anda. Perlu Anda ingat juga bahwa Oralit tidak menghentikan diare, tetapi mengganti cairan tubuh yang hilang bersama tinja.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Dosis & Harga Oralit untuk Mengatasi Dehidrasi Akibat Diare"