Harga Telur Ayam 1 Kg di Pasaran dan Cara Memilih Telur Berkualitas Terbaik

telur ayam seringkali mengalami ketidakstabilan. Dilansir dari Info Pangan Jakarta, telur di Jakarta misalnya, seringkali mengalami kenaikan dan penurunan secara tiba-tiba. Seperti pada tahun 2017, telur tertinggi di Jakarta sudah mencapai Rp22 ribu. Kemudian, pada tahun 2019, tertinggi telur ayam 1 kg sudah sekitar Rp21 ribu. Di berbagai pun, telur ayam 1 kg tidak sama. Hal ini tergantung dari toko dan pasokan telur di tempat tersebut. 

Harga Telur Ayam 1 Kg di Berbagai Provinsi di Indonesia

Telur ayam (sumber: kompas.com)

Telur ayam (sumber: kompas.com)

ProvinsiKotaHarga Telur Ayam 1 Kg
Jawa Barat dan DKICianjurRp20 ribu
TasikmalayaRp21 ribu
BogorRp21 ribu
CirebonRp21 ribu
CiamisRp21 ribu
BandungRp21 ribu
SukabumiRp21 ribu
KuninganRp21 ribu
BekasiRp21 ribu
JakartaRp21 ribu
Jawa Tengah dan DIYBoyolaliRp17 ribu
SoloRp17 ribu
KlatenRp18 ribu
MagelangRp18 ribu
YogyakartaRp18 ribu
KudusRp18 ribu
SemarangRp18 ribu
PekalonganRp19 ribu
SalatigaRp19 ribu
CepuRp19 ribu
PatiRp19 ribu
PurwokertoRp19 ribu
MagelangRp19 ribu
Jawa TimurKediriRp15 ribu
BlitarRp15 ribu
SurabayaRp16 ribu
MadiunRp16 ribu
JemberRp17 ribu
PasuruanRp17 ribu
MagetanRp17 ribu
BanyuwangiRp17 ribu
JombangRp17 ribu
MalangRp17 ribu
PareRp17 ribu
PacitanRp18 ribu
Ponorogo Rp18 ribu
MaduraRp18 ribu
KalimantanSingkawangRp23 ribu
PontianakRp23 ribu
PalangkarayaRp24 ribu
BanjarmasinRp24 ribu
Pangkalan BunRp24 ribu
SampitRp25 ribu
SamarindaRp25 ribu
BalikpapanRp25 ribu
SumateraPayakumbuhRp19 ribu
MedanRp19 ribu
BengkuluRp20 ribu
JambiRp20 ribu
PekanbaruRp20 ribu
AcehRp20 ribu
PalembangRp20 ribu
PadangRp20 ribu
Bangka Rp21 ribu
BelitungRp21 ribu
LampungRp21 ribu
KepriRp23 ribu
Bali BaliRp19 ribu
Nusa Tenggara BaratLombokRp19 ribu
SulawesiMakassarRp17 ribu
PaluRp18 ribu
KendariRp19 ribu
ManadoRp19 ribu
GorontaloRp21 ribu

Daftar harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan harga pangan masing-masing daerah.

Tips Memilih Telur Ayam Tinggi

Perhatikan Cangkang Telur

Telur ayam (sumber: liputan6.com)

Telur ayam (sumber: liputan6.com)

Salah satu tips memilih telur dengan premium di , yaitu dengan memperhatikan warna cangkang telur. Anda bisa memperhatikan telur yang ada di dalam peti telur sebelum membelinya. Ada 2 jenis warna kulit telur yang baik, yaitu warna coklat gelap dan warna coklat terang yang hampir mendekati warna kemerahan. Walaupun begitu, terkadang ada beberapa butir telur dengan warna pucat dan memiliki bintik hitam pada kulitnya.

Ciri-ciri telur dengan kualitas baik dan masih segar yaitu memiliki cangkang berwarna cerah. Sebaiknya, Anda tidak memilih telur dengan warna cangkang yang kusam dan keruh. Jika Anda menemukan telur dengan kulit berbintik-bintik hitam, perlu diwaspadai. Telur seperti ini menandakan, bahwa telur sudah lama disimpan dan keadaannya tidak fresh lagi. 

Bintik-bintik hitam atau semburat hitam pada kulit telur ini adalah tanda bahwa telur sudah disimpan dalam waktu lama, sehingga ada jamur di cangkang telur. Ada baiknya Anda tidak memilih jenis telur seperti ini, karena daya simpannya tidak lama lagi. Selain itu, jika dimasak, rasanya juga tidak segurih telur segar pada umumnya.

Perhatikan Tekstur Permukaan Cangkang Telur

Setelah Anda memperhatikan warna cangkang telur, ada baiknya Anda juga memperhatikan tekstur permukaannya. Kebanyakan orang mungkin terkecoh dengan permukaan kulit telur yang halus dan licin. Telur dengan tekstur permukaan seperti ini memang lazim ditemui dan kebanyakan toko ataupun lapak menjual telur yang seperti ini. Namun, tahukah Anda jika telur seperti ini sudah cukup lama disimpan?

Telur ayam (sumber: mediaindonesia.com)

Telur ayam (sumber: mediaindonesia.com)

Telur dengan tekstur permukaan cangkang yang halus dan licin adalah telur yang tidak segera dijual dan disimpan terlebih dahulu. Telur seperti ini terkadang bukan jenis telur yang fresh. Karena setelah ditelurkan oleh ayam, telur akan disimpan terlebih dahulu selama 7 hingga 14 hari, baru dijual. Telur jenis ini banyak sekali ditemui di supermarket dan pasar modern. Jika Anda ingin membeli telur yang segar, ada baiknya Anda membeli di pasar tradisional atau lapak kelontong. Biasanya mereka membiarkan pelanggan untuk memilih telur sendiri.

Telur yang segar dan dipanen, memiliki ciri khusus yang terdapat pada cangkangnya. Kulit telur baru panen, tekstur cangkangnya sedikit kasar dan terdapat bulir-bulir putih di permukaannya. Pastikan Anda meraba kulit telur terlebih dahulu sebelum membelinya. Dengan begini, Anda bisa mendapatkan telur yang masih segar dengan waktu simpan lebih lama.

Perhatikan Bentuk Telur

Sangat penting untuk memperhatikan bentuk telur. Anda bisa melihat bentuk telur yang bermacam-macam pada peti telur. Ada beberapa telur dengan bentuk lonjong dan ada pula bentuk telur yang cenderung bulat. Sebagian besar orang terkadang mengambil telur secara asal-asalan. Padahal, bentuk telur dapat memengaruhi kualitas isi telur tersebut.

Telur dengan bentuk lonjong memiliki kuning telur lebih sedikit dibanding dengan telur yang cenderung bulat. Hal ini karena bentuknya yang memengaruhi isi dari telur tersebut. Bagi Anda yang ingin membeli telur untuk konsumsi, akan lebih baik jika Anda membeli telur dengan bentuk bulat. Selain itu, perhatikan juga telur. Ada beberapa telur dengan besar, dan kecil. Ketika memilih telur berdasarkan , ada baiknya Anda memilih telur dengan normal. Telur seperti ini lebih awet disimpan daripada telur dengan tidak normal.

Baca juga  Info Harga Sabun LUX Batangan dan Cair Semua Varian
loading...
author

Leave a reply "Harga Telur Ayam 1 Kg di Pasaran dan Cara Memilih Telur Berkualitas Terbaik"