Diproses Secara Cepat, Biaya Pembuatan SIM Internasional Baru Sebesar Rp250 Ribu

Bagi setiap pengendara, baik kendaraan roda dua maupun roda empat, wajib hukumnya untuk memiliki Surat Izin Mengemudi atau . Aturan ini dianggap wajib dan berlaku di setiap , termasuk .

SIM (Surat Ijin Mengemudi) adalah bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Polri kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan , sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan terampil mengemudikan . Sesuai yang tertuang di UU No. 2 Thn. 2002, Pasal 14 ayat (1) b dan Pasal 15 ayat (2) c. serta pada Peraturan Pemerintah No. 44 / 1993 Pasal 216.

Pembuatan SIM - (Sumber: cermati.com)

Pembuatan SIM - (Sumber: cermati.com)

Jika terdapat warga Indonesia yang hendak memiliki aktivitas di negara lain yang mengharuskan untuk mengendarai kendaraan bermotor sendiri di sana, maka juga diperlukan adanya Surat Ijin Mengemudi. Namun, mereka tidak perlu untuk membuat SIM di negara yang bersangkutan, akan tetapi hanya mengurus SIM Internasional yang dibuat di Kepolisian Republik Indonesia.

SIM Internasional atau International Driving Permits merupakan surat izin mengemudi yang dikenali dan diterima oleh pihak berwenang di negara-negara lain, yang memungkinkan warga boleh mengemudi kendaraan di luar Indonesia. Di dalam SIM Internasional dalam bahasa Indonesia ditambah 8 bahasa-bahasa utama  dunia lainnya. SIM Internasional berlaku di  174 negara di seluruh dunia. SIM Internasional bukanlah pengganti SIM Nasional.

Mengingat bahwa SIM Indonesia tidak/belum diterima di negara-negara lain, maka SIM Internasional adalah pilihan untuk warga asal Indonesia boleh mengemudi di . Warga yang layak mendapatkan SIM Internasional adalah mereka yang memiliki SIM Nasional yang masih berlaku maksimal enam bulan sebelum kadaluarsa.

Bagi warga yang hendak berkendara berkeliling ke beberapa tempat atau roadtrip di luar negeri tentunya membutuhkan SIM Internasional. Maka dari itu, sebelum berangkat ke luar negeri, hendaknya mereka terlebih dulu mempersiapkan pembuatan SIM Internasional. Pembuatan SIM ini cukup mudah, hanya dengan syarat menyerahkan beberapa dokumen penting, seperti:

  • KTP asli dan satu lembar fotokopi KTP
  • SIM Nasional asli yang masih berlaku dan satu lembar fotokopi SIM Nasional
  • Paspor yang masih berlaku dan satu lembar fotokopi paspor.
  • 4 lembar pas foto berwarna berlatar biru ukuran 4 x 6. Untuk pria menggunakan dasi dan wanita menggunakan blazer.
  • 1 lembar materai 6000

Setelah semua dokumen persyaratan tersebut dilengkapi, maka berkas tersebut diserahkan ke Korlantas Polri, sebagai jasa penyedia layanan pembuatan SIM. Di sana pemohon akan diminta untuk mengisi form atau berkas verifikasi, termasuk verifikasi kelengkapan dokumen yang dibawa oleh pemohon. Pada tahun , untuk pembuatan SIM A Internasional di seluruh wilayah di Indonesia, seperti Bandung, Medan, Bali, Batam, dan daerah lainnya adalah sama yakni, pembuatan SIM yang baru sebesar Rp250.000, sementara untuk perpanjangan SIM, dibanderol dengan Rp225.000.

Setelah pengumpulan dan verifikasi berkas, pemohon melakukan pemotretan dan pengambilan sidik jari. Tidak memakan banyak waktu, hanya cukup menunggu selama 15 menit, maka SIM Internasional sudah bisa langsung jadi. Pembuatan SIM Internasional ini hanya dilayani setiap hari Senin hingga Jumat pada pukul 8.30 pagi sampai 3 sore. SIM Internasional hanya berlaku selama 3 tahun. Khusus negara Jepang, hanya berlaku 6 bulan. Namun, banyak yang melaporkan jika SIM Internasional Indonesia tidak berlaku di Jepang.

Baca juga  Harga Alat Lem Tembak dan Isinya (All Merek)
loading...

Leave a reply "Diproses Secara Cepat, Biaya Pembuatan SIM Internasional Baru Sebesar Rp250 Ribu"