Update Harga Tehbotol Sosro (Beling, Kaleng, Botol Plastik, Kotak, Pouch)

Berbicara mengenai teh dalam kemasan, terutama kemasan botol, mungkin sebagian besar dari kita pasti langsung teringat dengan Tehbotol Sosro (sering juga ditulis Teh Botol Sosro). Produk yang dipasarkan oleh PT Sinar Sosro bisa dibilang sebagai salah satu merk minuman teh yang sangat populer di Indonesia. Hadir dalam berbagai kemasan dan dijual dengan harga bervariasi, produk ini kerap dijumpai di restoran maupun warung makan.

Teh botol Sosro (flickr: Greshsya)
Teh botol Sosro (flickr: Greshsya)

Teh, tepatnya minuman teh, merupakan salah satu minuman yang nikmat, terlebih bisa disajikan dalam keadaan panas maupun dingin. Namun, manfaat yang dimiliki minuman ini jauh melebihi hanya sekadar menyegarkan. Ada banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa minum teh benar-benar bisa meningkatkan kondisi kesehatan tubuh.

Bacaan Lainnya

Jenis teh yang Anda minum memang bisa membuat perbedaan. Namun, setidaknya minuman ini merupakan minuman bercita rasa yang mampu mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan setiap harinya. Utamanya, banyak studi yang telah menunjukkan bahwa teh dapat melindungi gigi dan jantung Anda, juga dapat melindungi Anda dari risiko terserang kanker. Secara lebih rinci, beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari mengonsumsi teh adalah sebagai berikut.

Manfaat Teh

  • Teh mengandung antioksidan, dan antioksidan berperan menjaga tubuh agar tidak menjadi ‘berkarat’ sehingga bisa membantu memperlambat penuaan serta melindungi dari kerusakan akibat polusi.
  • Teh memiliki lebih sedikit kafein dibandingkan kopi. Campuran herbal tidak mengandung kafein, sementara teh tradisional memiliki kurang dari 50 persen kafein. “Artinya Anda bisa mengonsumsi teh tanpa mendapatkan efek menjengkelkan pada sistem saraf Anda,” ujar Leslie Bonci, seorang ahli gizi dan Active Eating Advice.
  • Teh bisa mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Anna Ardine, manager gizi klinis pada Magee-Women Hospital of University of Pittsburgh Medical Center, menuturkan bahwa ada banyak bacaan di luar sana mengenai teh dan kesehatan jantung. Bahkan, sebuah studi yang diterbitkan awal tahun 2016 lalu menemukan pengurangan risiko terkena serangan jantung hampir 20 persen, dan pengurangan risiko terkena stroke hampir 35 persen pada mereka yang meminum teh hijau satu hingga tiga cangkir per harinya.
  • Teh bisa membantu menurunkan berat badan. Penelitian tentang hal ini memang belum kuat. Namun, studi-studi yang menunjukkan efek tersebut tergantung kepada besarnya jumlah konsumsi teh, dan yang seringkali berbentuk pil.
  • Teh membantu menjaga kesehatan tulang. Data dari penelitian terbaru terhadap hewan menunjukkan bahwa teh hijau bisa mencegah pengeroposan tulang.
  • Teh bisa membuat gigi Anda cerah. Para peneliti di Jepang telah menemukan bahwa teh bisa mengurangi kerontokan pada gigi. Teh mengubah kadar pH pada mulut ketika Anda meminumnya dan karena hal tersebutlah bisa mencegah pengeroposan pada gigi.
  • Teh bisa meningkatkan sistem imun. Banyak studi yang menunjukkan bahwa teh bisa membuat sel-sel imun berfungsi dengan lebih baik.
  • Teh bisa membantu melawan kanker. Menurut Bonci, jika Anda memiliki sejarah keluarga yang kuat akan kanker dan Anda ingin melakukan segala sesuatu untuk mencegahnya, Anda bisa meningkatkan konsumsi teh Anda.
  • Teh herbal dapat memperlancar sistem . Teh herbal, khususnya teh chamomile, bisa sangat baik untuk orang-orang yang menderita sindrom iritasi pada usus besar karena teh hijau ini bersifat antispasmodic. Sementara, teh jahe bisa meringankan mual.
  • Teh murni bebas kalori. Teh memberikan banyak pilihan rasa dan macam-macam kegunaan. Anda bisa meminumnya panas atau dingin. Dan, Anda tidak perlu menambahkan apapun, walaupun mungkin Anda bisa menambahkan jahe ataupun kayu manis jika Anda menginginkannya.
Varian Teh Sosro (sumber: godigitalindonesia.com)
Varian Teh Sosro (sumber: godigitalindonesia.com)

Sejarah dan Keunggulan Tehbotol Sosro

Nah, untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat Indonesia akan sajian minuman teh yang praktis, PT Sinar Sosro pun merilis produk Tehbotol Sosro. Perusahaan ini sendiri diklaim sebagai perusahaan teh siap minum dalam kemasan botol yang pertama di Indonesia dan di dunia. Pasalnya, PT Sinar Sosro telah resmi beroperasi sejak tanggal 17 Juli 1974.

Selain di dalam negeri, PT Sinar Sosro juga merambah pasar internasional dengan mengekspor produk-produk one way packaging/non-botol beling ke beberapa di Asia, Amerika, Eropa, Afrika, Australia, dan Kepulauan Pasifik. Saat ini, produk-produk yang diproduksi oleh PT. Sinar Sosro adalah Tehbotol Sosro, Fruit Tea Sosro, S-Tee, Tebs, Country Choice, dan air mineral Prim-A.

Sejarah Tehbotol Sosro berawal pada tahun 1965, saat teh wangi melati dengan merk “Cap Botol” yang telah populer di daerah Jawa mulai diperkenalkan di Jakarta. Promosi dilakukan langsung oleh Pak Sosro (Soetjipto Sosrodjojo) dengan mendatangi tempat-tempat keramaian dan membagi secara cuma-cuma contoh teh wangi merk cap botol tersebut. Setelah itu, staf yang ada juga mendemokan cara menyeduh teh “Cap Botol” untuk kemudian dibagikan agar dapat dicicipi langsung oleh penonton.

Teknik merebus teh langsung di tempat keramaian tersebut ternyata membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga membuat penonton yang sudah berkumpul menjadi tidak sabar dan banyak yang meninggalkan arena demo sebelum sempat mencicipi seduhan teh. Untuk mengatasi kendala tersebut, sebelum dibawa ke tempat promosi, teh diseduh terlebih dahulu di dan dimasukkan ke dalam panci untuk kemudian dibawa dengan kendaraan.

Walaupun lebih baik dibandingkan dengan cara sebelumnya, teknik ini juga masih mengalami kendala, yaitu air teh yang dimasukkan ke dalam panci banyak yang tumpah sewaktu dibawa dalam perjalanan karena kondisi kendaraan dan jalan-jalan pada saat itu belum sebaik saat ini. Akhirnya ditempuh cara lain, yaitu air teh yang telah diseduh kemudian ditaruh dalam botol-botol bekas limun/kecap yang telah dibersihkan sebelumnya untuk dibawa ke tempat-tempat promosi Cicip Rasa. Ternyata, cara yang ketiga ini berjalan baik dan terus dipakai selama bertahun-tahun.

Setelah bertahun-tahun melakukan teknik promosi Cicip Rasa, akhirnya pada tahun 1969, muncul gagasan untuk menjual air teh siap minum dalam kemasan botol dengan merk Tehbotol Sosro. Nama Tehbotol Sosro dipakai untuk mendompleng merk teh seduh “Cap Botol” yang sudah populer.[1]

Tehbotol Sosro sangat terkenal di Indonesia dengan jargon ‘Apapun makanannya, minumnya Tehbotol Sosro’. Menurut hasil penelitian majalah SWA, Tehbotol Sosro bahkan lebih digemari masyarakat Indonesia daripada Coca-Cola. Hasil ini juga masih konsisten dengan penelitian tahun 2011 oleh Youthlab Indonesia, dengan 84 persen pemuda Indonesia lebih memilih Tehbotol Sosro dibandingkan Coca-Cola.

Saat ini, untuk memenuhi kebutuhan para konsumen, produk tersebut melakukan inovasi dalam hal kemasan, yaitu kemasan botol beling volume 220 ml; kemasan kotak (tetra pak) volume 200 ml, 250 ml, 330ml, dan 1 liter; kemasan botol plastik PET 450 ml dan 350 ml; kemasan pouch 230 ml; dan yang terbaru kemasan kaleng (can) 318 ml. Berikut info perbandingan harga Tehbotol Sosro yang berlaku antara tahun lalu dan saat ini di pasaran.

Harga Tehbotol Sosro

Ilustrasi: Menuangkan Teh Botol Sosro (credit: Facebook/Tehbotol Sosro)
Ilustrasi: Menuangkan Teh Botol Sosro (credit: Facebook/Tehbotol Sosro)
Kemasan Tehbotol Sosro Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Kotak 200 ml Rp2.450 Rp2.544
Kotak 250 ml Rp3.400 Rp3.700
Kotak 330 ml Rp3.600 Rp4.000
Kaleng Original 318 ml Rp4.000
Botol Plastik PET 350 ml Rp4.000 Rp5.000
Botol Beling 220 ml Rp4.500 Rp6.500
Botol Plastik PET 450 ml Rp6.600 Rp7.100
Kotak 1 liter Rp10.100 Rp15.000
Botol Plastik PET 350 ml (isi 12) Rp50.400
Pouch 230 ml (isi 24 pcs) Rp44.000 Rp57.960
Botol plastik PET 450 ml (1 karton isi 12) Rp65.688
Kotak 330 ml (isi 24) Rp63.000 Rp71.760
Kaleng Original 318 ml isi 24 Rp85.000 Rp94.944
Kotak 1 liter (isi 12) Rp98.000 Rp101.016

Daftar harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk official store Sinar Sosro. Berdasarkan tabel tersebut, harga Tehbotol Sosro di pasaran saat ini cenderung naik. Meski begitu, harga produk ini tidak terikat karena bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Jika Anda ingin menikmati teh tersebut, Anda bisa membelinya di banyak tempat, mulai swalayan, minimarket, toko kelontong, bahkan memesan lewat online shop langganan Anda. Di Indomaret misalnya, Tehbotol Sosro Jasmine Tea kemasan 450 ml dijual dengan harga mulai Rp6.900 dan Tehbotol Sosro Less Sugar Jasmine Tea 350 ml seharga Rp3.900. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi cabang Indomaret terdekat.

[Update: Ditta]

[1] Suharyadi, dkk. 2007. Kewirausahaan: Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda. Jakarta: Salemba Empat, hlm. 91-92.

Pos terkait