Info Manfaat dan Harga Teh Chamomile Berbagai Merek

Teh menjadi minuman yang disukai oleh hampir semua kalangan, mulai anak-anak hingga dewasa. Cara membuat teh pun terbilang mudah, bahkan saat ini telah banyak produk teh yang diinovasi dengan berbagai pilihan rasa. Teh kekinian tersebut tampaknya masih kurang hits dibandingkan teh dari chamomile yang diyakini memiliki banyak khasiat. Tak heran, jika harga teh chamomile tersebut terbilang dijual dengan harga relatif mahal di pasaran.

Tanaman teh berasal dari keluarga Camellia, yang aslinya terdapat di China, Tibet, dan India bagian utara. Ada dua jenis varietas utama tanaman teh, di antaranya varietas berdaun kecil dan lebar. Berikut ulasan selengkapnya.

Ilustrasi: Teh di Dalam Cangkir (credit: tvmunchies)

Ilustrasi: Teh di Dalam Cangkir (credit: tvmunchies)

Varietas Teh

  • Varietas berdaun kecil: dikenal sebagai Camellia sinensis, hidup di daerah pegunungan tinggi yang sejuk di China tengah dan Jepang. Ciri varietas ini yaitu tanaman ini bisa tumbuh sampai 3-5 meter, tahan terhadap sangat dingin, dan terus memproduksi daun teh sampai usia 100 tahun.
  • Varietas berdaun lebar: dikenal sebagai Camellia assamica, sangat baik tumbuh di daerah beriklim tropis dan lembap, seperti banyak ditemukan di India timur laut serta Provinsi Sichuan dan Yunan di China. Ciri varietas ini yaitu dapat tumbuh sampai 13-18 meter, daunnya lebih lebar serta lebih beraroma, dan bisa berproduksi sampai usia 40 tahun.[1]
Baca juga  Terbaru, Harga Plester Anti Air (Berbagai Merk)

Di Indonesia, yang paling umum ditanam yakni varietas Camellia assamica. Namun, beberapa perkebunan juga memiliki varietas Camellia sinensis yang telah disilangkan agar mampu bertahan di iklim tropis. Selain disilangkan, berbagai varian tanaman teh kemudian banyak bermunculan karena proses adaptasi dengan kondisi tanah dan iklim tempat tumbuhnya.

Salah satu bunga yang kini diolah menjadi teh yakni chamomile atau kamomil. Bunga chamomile jenis Matricaria chamomile L adalah tanaman yang ditemukan di Eropa, Afrika Utara, dan Asia Utara. Chamomile berasal dari kata Yunani yang berarti Chamos dan milos, yang berarti apel. Hal ini dikarenakan bunga chamomile ini memiliki aroma yang mirip dengan aroma buah apel. Bunga berwarna putih ini adalah salah satu ramuan obat penting asli Eropa selatan dan timur.

Tanaman yang mirip bunga aster ini tumbuh dengan ketinggian kurang lebih 30 cm dari permukaan tanah, dengan batang yang berkerut dan bercabang, daun berwarna hijau pucat. Bunga chamomile banyak memiliki kandungan senyawa kimia saponin, tannin, dan flavonoid. Kelompok senyawa flavonoid berfungsi sebagai anti jamur. Chamomile diolah menjadi teh karena menawarkan khasiat sebagai berikut.

Baca juga  Harga Conblock per M2 (Berbagai Model dan Ukuran)
Ilustrasi: Menyeduh Teh Chamomile (credit: thespruceeats)

Ilustrasi: Menyeduh Teh Chamomile (credit: thespruceeats)

Manfaat Teh Chamomile

  • Anti peradangan
  • Untuk relaksasi
  • Mengatasi insomnia
  • Meredakan pencernaan
  • Kram menstruasi[2]
  • Mengatasi wasir
  • Meredakan diare
  • Mempercepat penyembuhan luka atau iritasi

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa salah satu komponen flavonoid pada chamomile, apigenin telah menunjukkan kualitas penenang. Bukti menyatakan bahwa dua flavonoid pada chamomile, yaitu glucoside dan chameameloside, dapat menghasilkan hipoglikemik. Lalu, berapa harga teh chamomile di pasaran saat ini?

Ilustrasi: Khasiat Tee Chamomile (credit: teafloor)

Ilustrasi: Khasiat Tee Chamomile (credit: teafloor)

Harga Teh Chamomile

Merek Teh ChamomileHarga (Rp)
TWG Luxury Tea Chamomile Teh Original sachet 3 gr7.000
Gryphon Artisan Tea Teh (Chamomile Dream) 10 gr10.500
Chamomile Tea Tisane 10 Gram12.500
Amatea Chamomile Flower Tea Teh Bunga Chamomile 6 gram20.000
Lipton Chamomile Infusion 25 Bags48.800
Dilmah Pure Camomile Flowers 20 bags 150 gram64.000
Pure Chamomile Haveltea Floral Tea Sleep Anxiety Aid 250 gram70.000
Chamomile Cocodeli Organic 250 gr80.000
Domba Chamomile Tea 100 gr85.000
Yogi Tea Comforting Chamomile 16 Tea Bags 24 g126.000
Singabera Chamomile Lemongrass 2 box153.600
Twinings Teh Celup Pure Chamomile 125 gr159.000
Baca juga  Update Harga Dempul Sanpolac (250 gr, 1 kg, 4 kg)

Informasi harga di atas kami rangkum dari berbagai situs jual beli online pada 2021. Harga tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat membelinya di supermarket terdekat dengan harga bervariasi sesuai merk pilihan.

Meski menawarkan berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan, tetapi teh dari chamomile juga memiliki efek samping tertentu. Apabila mengonsumsi teh chamomile secara berlebihan, Anda mungkin akan merasakan efek seperti wajah atau terasa terbakar, rasa mengantuk, hingga muntah-muntah. Namun, tidak semua orang mengalami efek samping tersebut. Untuk itu, ada baiknya berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter Anda.

[1]Ratna dan Tantri. Kisah dan Khasiat Teh. (Jakarta: Gramedia, 2013), hlm. 3

[2]Krisnawati, Inti. 45 Minuman Mujarab (Jakarta: Gramedia, 2014), hlm. 6

author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Info Manfaat dan Harga Teh Chamomile Berbagai Merek"