Update Terkini Harga Tape Singkong per Kg, Makanan Nikmat & Menyehatkan

Singkong merupakan salah satu tanaman umbi-umbian yang sering dijadikan oleh masyarakat Indonesia. Selain digoreng dengan tepung, umbi ini juga dapat diolah menjadi beberapa makanan seperti tape. Dengan harga per kg yang terbilang terjangkau, selain nikmat, tape singkong juga diklaim memiliki banyak untuk kesehatan.

Dilansir dari Wikipedia, seperti namanya, tape singkong adalah tape yang dibuat dari singkong, kemudian diolah dengan cara difermentasi dengan . Proses ini memerlukan bantuan jamur dan harus steril, sehingga dapat menghasilkan tape singkong yang lezat plus nikmat. Fermentasi singkong sendiri memerlukan waktu kurang lebih dua hari dua malam, dan jika lebih dari itu, singkong akan menjadi lembek serta memiliki kadar alkohol yang tinggi.

Tape, singkong, harga, situs, jual, beli, online, kesehatan, makanan, jenis, alkohol, karbohidrat, ragi, umbi, kadar, bahan, populer, protein

Tape singkong siap dikonsumsi (instagram: @meibasuki)

Semua bahan tape, baik berupa singkong maupun ketan, harus dimasak terlebih dahulu. Setelah itu, bahan yang akan digunakan sebaiknya didinginkan sebelum ditaburi dengan ragi tape. Semua bahan ini kemudian disimpan selama kurang lebih dua hari dua malam di dalam tempat yang hangat. Umumnya, orang akan membungkusnya dengan daun pisang yang dipercaya bisa memberikan efek hangat.

Makanan tape singkong sendiri sangat populer di wilayah Jawa, mulai Jawa Timur hingga Jawa Barat. Di Provinsi Jawa Barat, tape singkong lebih populer dengan sebutan peuyeum (Bahasa Sunda) atau peyem. Sementara, di daerah Priangan utara, misalnya Purwakarta dan Subang, tape kering menjadi jenis yang paling populer dan biasanya dijadikan buah tangan dari daerah ini.

Manfaat Tape Singkong

Biasanya, tape singkong dibuat sebagai makanan wajib dalam suatu hajatan, kudapan, atau sebagai bahan dasar minuman es tape. Selain itu, ternyata tape singkong juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, antara lain:

  • Menghangatkan badan, terutama untuk mereka yang merasa lemah dan badan yang kurang nyaman, karena makanan ini mengandung alkohol dalam kadar yang .
  • Sumber karbohidrat yang tinggi, dan diklaim memberikan efek yang sama seperti saat makan nasi atau jenis karbohidrat yang lain. Karbohidrat sendiri akan menjadi sumber energi yang sangat potensial untuk tubuh dan membantu pemecahan protein sehingga tubuh menjadi lebih bugar.
  • Obat mengatasi jerawat, karena diklaim mampu menetralkan racun-racun yang menumpuk pada permukaan pori-pori kulit.
  • Baik untuk diet karena mengandung lemak yang rendah dan serat larut dalam air yang bisa kinerja organ pencernaan menjadi lebih baik.
  • Sebagai probiotik, karena proses fermentasi yang melibatkan berbagai jenis mikroorganisme. Kandungan air yang biasanya terdapat pada tape singkong, maupun tape ketan, bisa menjadi zat yang sangat ampuh untuk melawan bakteri jahat di dalam saluran pencernaan.
Ilustrasi: Harga Tape Singkong (credit: Medium)

Ilustrasi: Harga Tape Singkong (credit: Medium)

Harga Tape Singkong per Kg

Tidak sulit mendapatkan tape singkong, karena Anda bisa menemukan panganan ini secara luas di tradisional hingga situs jual beli online. Menurut berbagai sumber yang berhasil dirangkum, harga tape singkong manis dari Bondowoso tahun 2019 lalu ditawarkan dengan harga sekitar Rp18 ribuan per 1 kg, namun ada juga yang menjualnya dengan harga Rp11.000 sampai Rp25.000 per kg. Sebagai bahan , harga tape singkong atau peuyeum khas Sunda (Bandung) per 1 kilo tahun 2020 ini dijual kisaran Rp15 ribu sampai Rp25 ribu. Harga tape singkong per kg dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu.

[Update: Dian]

Baca juga  Info Terkini Biaya Pasang PDAM Sambungan Baru
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Terkini Harga Tape Singkong per Kg, Makanan Nikmat & Menyehatkan"