Update Harga Tameng Depan BeAT Karbu (Original Baru, Copotan, Imitasi)

Tameng perisai depan motor dapat dikatakan sebagai benda yang, seperti namanya, berada di depan kuda besi yang digunakan untuk melindungi setiap komponen motor dari gangguan seperti debu dan air. Merupakan bagian dari cover body, tameng ini punya bentuk yang bermacam-macam, tergantung tipe motor. Nah, jika Anda kebetulan memiliki matik BeAT karburator keluaran Honda, harga tameng kendaraan tersebut sekarang berada di kisaran ratusan ribu rupiah untuk produk yang original.

Motor BeAT karbu (sumber: zonamotor.net)
Motor BeAT karbu (sumber: zonamotor.net)

Cover body merupakan salah satu komponen yang dapat dikatakan membuat penampilan suatu sepeda motor terlihat sempurna. Coba bayangkan jika kuda besi Anda tidak memiliki cover body. Bukan saja tidak elok ketika dipandang, bahkan sepeda motor Anda bisa dianggap sebagai ‘sepeda motor gelap’ karena tidak memiliki kelengkapan layaknya model standar.

Bacaan Lainnya

Entah apa pun jenis atau tipe sepeda motor Anda, cover body ini merupakan elemen yang penting untuk melindungi kendaraan Anda dari ganasnya cuaca ketika melakukan perjalanan. Part ini dapat melindungi bagian-bagian penting sepeda motor, seperti tangki, aki, mesin, hingga kabel-kabel. Cover body juga dapat melindungi motor Anda dari goresan-goresan, entah itu goresan dari motor lain jika sedang diparkir ataupun goresan dari binatang.

Biasanya, tameng atau cover body sepeda motor ini terbuat dari bahan plastik atau FRP (Fibre-reinforced Plastic) atau fiberglass. Material ini dipilih karena selain mudah didapat, juga memiliki bobot yang enteng. Namun, ada juga beberapa jenis motor yang masih memakai material logam atau besi untuk bodi motor, sebut saja Vespa keluaran lama.

Baca juga  Info Terbaru Kisaran Harga Honda Blade 110 & 125 Bekas

Sayangnya, karena umumnya terbuat dari bahan plastik, tameng sepeda motor ini rentan mengalami kerusakan, seperti tergores hingga patah. Jika goresan atau patahan tidak terlalu parah, mungkin bisa dibiarkan atau dipoles dengan cat. Namun, apabila kerusakan cukup parah, tentu saja akan membuat penampilan sepeda motor menjadi tidak sedap dipandang.

Nah, jika Anda mengalami masalah demikian, mau tidak mau, langkah yang harus dipilih adalah membeli yang baru. Sayangnya, untuk membeli versi yang asli atau original, tampaknya tidak mudah. Bahkan, untuk bisa mendapatkan cover body yang anyar, pemilik sepeda motor perlu melakukan pemesanan terlebih dahulu jika membeli di bengkel resmi.

Untuk sepeda motor misalnya, dealer Honda Cengkareng, jika dilihat dari situs resminya, cenderung tidak menyediakan stok cover body. Pasalnya, perusahaan cukup sulit menentukan jenis cover body apa yang perlu di-stock. Selain itu, untuk satu tipe sepeda motor, ada beragam warna cover body yang tersedia, belum lagi model stripping-nya. Kombinasi tersebut membuat proses stock cover body layaknya mimpi buruk.

PT Astra Motor (AHM) juga hampir setiap tahun melakukan penyegaran (facelift) untuk beberapa tipe sepeda motor yang mereka rilis. Sehingga, apabila tidak terjual, maka cover body tersebut akan menjadi deadstock di bengkel resmi. Karena itu, bengkel resmi tidak akan berani menanggung risiko stok cover body.

Lalu, bagaimana jika atau pemilik ingin mendapatkan cover body motor yang baru? Para pemilik kendaraan setidaknya harus menggunakan sistem inden dengan uang tanda jadi atau down payment sebesar 50 persen. Selain itu, satu hal yang perlu diketahui, pemesanan dan harga cover body motor rupanya tidak termasuk striping. Jika dilakukan penambahan striping, maka harus melakukan pemesanan tambahan.

Baca juga  Cara Perawatan dan Update Harga ATV 250cc Berbagai Merk

Harga Tameng Depan BeAT Karbu

Tameng Depan Honda BeAT Karbu - www.bukalapak.com
Tameng Depan BeAT Karbu – www.bukalapak.com

Dengan kebijakan tersebut, tentu saja bakal sulit bagi pemilik sepeda motor untuk mendapatkan cover body baru dalam waktu yang cepat. Bahkan, untuk sepeda motor keluaran lama, seperti Honda BeAT karburator buatan 2008, banyak bengkel resmi yang sudah tidak menyediakan stok lagi. Di dealer Honda Cengkareng misalnya, tahun lalu masih terpajang cover BeAT karburator untuk edisi 2008 hingga 2012 yang ditawarkan dengan harga Rp301.000, tetapi sekarang sudah tidak disediakan lagi.

Namun, pemilik sepeda motor tidak perlu galau terlebih dahulu. Pasalnya, Anda masih bisa mendapatkan cover body BeAT karbu di beberapa bengkel umum atau situs jual beli online. Di pasaran dalam negeri, produk tersebut sekarang ditawarkan dengan harga rata-rata Rp315.000 hingga Rp355.000 untuk produk original. Harganya turun drastis dari penawaran sebelumnya yang berada di kisaran Rp500 ribu sampai Rp825 ribuan untuk produk original.

Meski sudah hadir di banyak bengkel aksesori sepeda motor, Anda perlu berhati-hati ketika memilih membeli cover body motor yang bukan asli buatan pabrik alias imitasi, yang dijual dengan harga jauh lebih murah, sekarang mulai Rp92 ribu sampai Rp265 ribuan, sedikit naik dari penawaran sebelumnya yang dilepas Rp77 ribuan hingga Rp200 ribuan.

Baca juga  Update Daftar Harga Kotak Nasi Mika (Semua Ukuran)

Pasalnya, kebanyakan cover bodi motor yang tidak asli tidak bisa langsung pas ketika dipasang pada sepeda motor, alias harus diakali terlebih dahulu, terutama untuk sambungan antara cover body lokal dengan cover body bawaan motor yang masih original. Selain itu, warna komponen cover body motor buatan lokal gampang pudar.

Merawat Cover Body Motor

Jika Anda ingin cover body sepeda motor Anda tetap awet, Anda pun harus rajin merawatnya. Hal pertama yang harus Anda perhatikan, saat ingin membersihkan body motor dari debu-debu yang menempel, sebaiknya tidak langsung diusap dengan kain lap. Sebab, mungkin saja ada kotoran berupa debu kasar atau pasir yang melekat pada body part motor tersebut. Sebaiknya, disiram air terlebih dahulu agar seluruh debu hilang.

Hal lain adalah bodi motor ternyata jangan terlalu sering dipoles menggunakan cairan kimia. Memang, memoles membuat tampilan kendaraan menjadi tetap kinclong dan kelihatan bersih. Namun, jika terlalu sering, akan membuat lapisan pernis pada bodi menjadi tipis. Polesan cairan kimia pada bodi sama saja seperti mengikis pernis dan cat secara halus.

Anda pun perlu berhati-hati dengan minyak rem. Cairan ini memang penting fungsinya dalam sistem pengereman, namun merupakan salah satu musuh cat. Apabila cipratan minyak rem mengenai body motor, akan mengubah warna body, karena bisa meresap ke dalam lapisan cat. Selain minyak rem, cairan lainnya yang dapat melakukan hal serupa adalah cipratan BBM, terutama ketika pengisian di SPBU. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.