Info Manfaat, Dosis, & Harga Ferospat

Mencukupi asupan zat besi penting dilakukan oleh siapa saja, khususnya untuk mencegah penyakit anemia. Anemia adalah kondisi ketika jumlah sel darah merah (yang berfungsi membawa oksigen) mengalami penurunan untuk memenuhi kebutuhan fisiologis tubuh.[1] Untuk memenuhi kebutuhan zat besi, Anda bisa memperolehnya dari asupan makanan sehari-hari atau bahkan dengan mengonsumsi produk suplemen penambah darah seperti Ferospat. Suplemen Ferospat dibanderol dengan harga puluhan ribu rupiah apotik.

Ferospat (sumber: lazada)
Ferospat (sumber: lazada)

Ferospat adalah suplemen berwujud tablet effervescent produksi Pyridam yang kandungan zat besinya bisa membantu memenuhi kebutuhan defisiensi zat besi, terutama pada wanita hamil dan menyusui. Dalam 1 tube Ferospat berisi 10 tablet effervescent rasa strawberry. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kekurangan zat besi dalam tubuh berisiko menyebabkan anemia.

Bacaan Lainnya

Anemia merupakan penurunan kadar hemoglobin, hitung eritrosit, dan hematokrit sehingga jumlah eritrosit dan/atau kadar hemoglobin yang beredar tidak dapat memenuhi fungsinya untuk menyediakan oksigen bagi jaringan tubuh. Biasanya anemia ditandai dengan penurunan kadar hemoglobin kurang dari 13,5 g/dL pada pria dewasa dan kurang dari 11,5 g/dL pada wanita dewasa. Penyebab terjadinya anemia, yaitu: asupan yang tidak adekuat, hilangnya sel darah merah yang sebabkan oleh trauma, infeksi, perdarahan kronis, menstruasi, dan penurunan atau kelainan pembentukan sel, seperti: hemoglobinopati, talasemia, sferositosis herediter, dan defisiensi glukosa 6 fosfat dihidrogenase.

Baca juga  Manfaat dan Update Biaya Tes MRI (Magnetic Resonance Imaging) di Surabaya

Asupan serapan zat besi yang tidak adekuat juga dapat menyebabkan anemia, seperti mengonsumsi makanan yang memiliki kualitas besi yang tidak baik (makanan tinggi serat, rendah vitamin C, rendah daging), mengonsumsi makanan yang dapat mengganggu penyerapan zat besi seperti meminum dan kopi dan mengonsumsi makanan sampah (junk food) yang hanya sedikit bahkan ada yang tidak ada sama sekali mengandung kalsium, besi, riboflavin, asam folat, vitamin A, dan vitamin C, sementara kandungan lemak jenuh, kolesterol, dan natrium tinggi. Proporsi lemak sebagai penyedia kalori lebih dari 50% total kalori yang terkandung dalam makanan itu.

Besi (Fe) merupakan zat gizi mikro yang sangat diperlukan tubuh. Umumnya zat besi yang berasal dari sumber pangan nabati (non heme), seperti: kacang-kacangan dan sayur-sayuran mempunyai proporsi absorbsi yang rendah dibandingkan dengan zat besi yang berasal dari sumber pangan hewani (heme), seperti: daging, telur, dan ikan. Menurut World Health Organization (WHO), kekurangan zat besi sebagai salah satu dari sepuluh masalah kesehatan yang paling serius.[2]

Baca juga  Komposisi, Cara Pemakaian, Dosis dan Harga Acnes Sealing Gel (Jell) Terbaru

Indikasi Ferospat

Ferospat adalah suplemen untuk memenuhi kebutuhan zat besi, vitamin B12, vitamin C, asam folat, dan mineral lainnya pada ibu hamil, ibu menyusui, serta pada wanita lanjut usia.

Komposisi Ferospat

  • Fe pyrophosphate mikroenkapsulasi 175 mg
  • Manganese sulfate 100 mcg
  • Cupric sulfate 100 mcg
  • Vitamin C 50 mg
  • Folic acid 0,5 mg
  • Vitamin B12 7,5mcg
Effervescent tablets (sumber: yourherbmix.com)
Effervescent tablets (sumber: yourherbmix.com)

Dosis & Cara Minum Ferospat

Ferospat dapat dikonsumsi dengan dosis sebanyak 1 kali sehari, 1 tablet effervescent. Caranya cukup mudah, larutkan 1 tablet effervescent Ferospat dalam 1 gelas air minum, dan minum setelah makan. Meski tergolong obat bebas, sebaiknya ibu hamil mengonsumsi suplemen semacam ini sesuai dengan anjuran dari dokter.

Peringatan & Perhatian Konsumsi Ferospat

  • Mengandung pemanis buatan, aspartam, neotame, acesulfame K.
  • Mengandung fenilalanin, tidak boleh digunakan pada penderita fenilketonuria dan ibu hamil dengan kadar fenilalanin tinggi.
  • Tidak untuk penderita hipersensitif.
  • Harap berhati-hati bagi penderita penyakit kronis.
  • Hindari mengkonsumsi suplemen zat besi dan kalsium secara bersamaan.
  • Simpan tempat yang kering dan sejuk, serta terlindung dari cahaya langsung.
Baca juga  Review dan Update Harga Lulur SHINZU'I

Ferospat umumnya relatif aman untuk dikonsumsi jika sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Namun demikian, pada beberapa orang mungkin mengalami efek samping seperti feses berwarna gelap, konstipasi, mual, kram, dan juga sakit perut usai mengonsumsi Ferospat. Apabila keluhan berlanjut dan semakin parah, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk memperoleh penanganan lebih intensif.

Harga Ferospat

Ferospat dijual dengan harga Rp97.075 per tube isi 10 tablet Apotek K24. Sedangkan di marketplace rupanya harga Ferospat relatif lebih murah, yakni mulai Rp50 ribuan sampai Rp70 ribuan per tube.Produk suplemen zat besi seperti Ferospat bisa ditemukan dengan mudah di berbagai toko obat maupun apotek terdekat, seperti Apotek K24, Kimia Farma, dan lain-lain. Perlu diketahui bahwa harga Ferospat yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda dan mengalami perubahan sewaktu-waktu.

[1]Nurbadriyah, WN. 2019. Anemia Defisiensi Besi. Yogyakarta: Deepublish, hlm 2.

[2] Lestari, IP dkk. 2017. Hubungan Konsumsi Zat Besi dengan Kejadian Anemia pada Murid SMP Negeri 27 Padang. Jurnal Kesehatan Andalas. 6(3): 507-511.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.