Spesifikasi dan Harga Suzuki Forsa GLX 1989

Bagi penggemar mobil lawas, pasti tidak asing lagi dengan Suzuki Forsa. Ini adalah kendaraan asal Jepang yang pertama kali mengaspal di pasaran Indonesia pada dekade 1980-an silam. Di negara asalnya disebut Suzuki Cultus, kendaraan ini hadir dalam berbagai varian, salah satunya Forsa GLX. Di era akhir 1980-an, tipe ini cukup laris lantaran irit bahan dan punya harga terjangkau tetapi dengan fasilitas . Tidak heran jika sekarang Forsa GLX bekas masih diburu, termasuk keluaran tahun 1989.

Tampilan Suzuki Forsa GLX - (cintamobil.com)
Tampilan Suzuki Forsa GLX – (cintamobil.com)

Banyak alasan orang membeli mobil. Alasan utama mereka membeli mobil tentu saja sebagai sarana transportasi untuk mengantarkan dari satu tempat ke tempat yang lain dan mengangkut barang dalam aktivitas sehari. Selain itu, banyak juga yang menginginkan mobil untuk memperoleh prestise yang akan memberikan kepuasan tersendiri.[1]

Bacaan Lainnya

Nah, untuk alasan yang kedua, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Untuk mereka dengan bujet cukup banyak, mungkin bisa membeli mobil-mobil mewah dan premium. Sementara itu, untuk konsumen dengan anggaran medium, memodifikasi kendaraan keluaran pabrikan menjadi solusi yang kerap ditempuh. Modifikasi sendiri adalah mengubah barang yang kurang menarik menjadi lebih menarik, tanpa menghilangkan fungsi aslinya, tetapi menampilkan bentuk yang lebih bagus dari aslinya.[2]

Lalu, bagaimana dengan mereka yang punya uang pas-pasan, membeli kendaraan lawas lantas diperbarui adalah solusi yang masuk akal. Pasalnya, mobil keluaran lama biasanya dijual dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Jika Anda mahir dalam memilih, Anda tidak hanya akan mendapatkan kendaraan dengan harga murah, tetapi juga dalam kondisi yang baik.

Spesifikasi Suzuki Forsa GLX

Nah, dari sekian banyak mobil jadul, salah satu yang dapat dipertimbangkan adalah Forsa buatan Suzuki. Ini adalah kendaraan yang sebenarnya punya nama asli Cultus, dan pertama kali diluncurkan di Jepang pada tahun 1983. Nah, ketika dirilis untuk pasaran global, Cultus punya penyebutan yang berbeda di beberapa negara, seperti Khyber di Pakistan, Extra di Finlandia, serta Forsa di Indonesia.

Generasi pertama Forsa dijual dengan kode SA310. Kendaraan ini awalnya menampilkan suspensi belakang pegas daun dan semula dipasarkan dengan mesin tiga silinder berkapasitas 993cc. Model aslinya tersedia dalam tipe GA, GL, dan model GLX sebagai yang termahal. Hanya versi tiga pintu yang tersedia untuk beberapa tahun pertama.

Di pasaran dalam negeri, Forsa pertama kali masuk sekitar tahun 1985. Saat itu, kendaraan ini hadir dengan spesifikasi sama dengan versi Jepang, yakni mesin tiga silinder berkapasitas 933cc. Dengan modal tersebut, mobil ini dikatakan dapat menyemburkan tenaga maksimal 48 HP atau 36 kW untuk varian karburator atau 70 HP atau 52 KW untuk versi injeksi.

Semula, Suzuki Forsa yang dipasarkan di Indonesia hanya hadir dalam dua tipe, yakni GA dan GL. Saat itu, kendaraan ini hadir dalam bentuk hatchback tiga pintu. Setahun kemudian atau 1986, diperkenalkan Suzuki Forsa dengan bentuk hatchback lima pintu bermesin 4 silinder, kapasitas 1.0L dan diklaim dapat menembus kecepatan hingga 100 km jam.

Model facelift lantas memasuki pasar Indonesia pada tahun 1987 sebagai Forsa GL, yang menampilkan beberapa potongan trim eksternal dari versi GTi yang sporty. Selang beberapa waktu, pasaran dalam negeri kedatangan Forsa GLX yang lebih mewah. Varian ini lebih mewah lantaran sudah didukung fitur window sebagai aksesori tambahan untuk membedakan dengan merk-merk sejenis pada tahun yang sama seperti Daihatsu Charade dan Starlet buatan Toyota.

Untuk pasaran dalam negeri, Forsa, termasuk GLX, didukung mesin F10A berkapasitas 970cc, SOHC, karburator, empat silinder, 8 katup. Dengan modal tersebut, kendaraan roda empat ini diklaim dapat menyemburkan tenaga maksimal 55 PS atau 40 kW. Selain Forsa, mesin yang sama juga dibawa Suzuki Carry 1.0, kei truck yang juga sangat populer.

Sayangnya, eksistensi Forsa di pasaran dalam negeri tidak berlangsung lama. Pada akhir 1980-an atau awal 1990-an, kendaraan tersebut digantikan varian Forsa Amenity. Kemudian, model ini akhirnya resmi digantikan oleh Suzuki Esteem sebagai tipe facelift berbentuk sedan. Hadir pula varian facelift dalam bentuk hatchback yang diberi nama Suzuki Eleny.

Meskipun mungkin sekarang sudah disuntik mati, tetapi bagi Anda yang ternyata tertarik dengan kendaraan ini, tidak perlu risau. Pasalnya, banyak pemilik yang menawarkan Forsa kepunyaan mereka dalam kondisi bekas. Anda bisa browsing di sejumlah situs jual beli mobil second. Seperti kebanyakan produk bekas, harganya pun dijamin tidak akan menguras kantong Anda.

Spesifikasi Suzuki Forsa GLX - (otomurah.com)
Spesifikasi Suzuki Forsa GLX – (otomurah.com)

Harga Suzuki Forsa GLX 1989

Khusus untuk varian Forsa GLX 1989, saat ini harga produk bekasnya berada di kisaran Rp21 juta sampai Rp26 jutaan per unit, tergantung kondisi barang. Namun, ada pula yang menawarkan mobil ini dengan harga Rp32 jutaan dan diklaim full . Perlu Anda catat bahwa harga kendaraan tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Marpaung, Anna Octora dan Rachmat Sumanjaya Hasibuan. 2013. Analisis Dampak Kebijakan Pembatasan Uang Muka Kredit (Down Payment) terhadap Permintaan Mobil di Kota Medan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Universitas Sumatera Utara, Vol. 1(11): 1-11.

[2] Chaning, Jonathan, Aristarchus P. K., Margana. 2013. Perancangan Buku Mobil Modifikasi dengan Pendekatan Fotografi Studio. Jurnal DKV Adiwarna, Vol. 1(2): 1-11.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *