Info Terbaru Harga Obat Super Tetra (per Tablet, Strip, dan 1 Box)

Ada begitu banyak jenis obat antibiotik yang kerap diresepkan oleh dokter mengatasi berbagai permasalahan pada pasien. Obat antibiotik ini biasanya dijual dengan harga beragam. Tetrasiklin juga termasuk salah satu antibiotik yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Merek dagangnya yang sangat terkenal: Super Tetra. Beberapa dekade yang lalu, Super Tetra sampai pernah menjadi obat yang paling banyak dipalsukan karena saking larisnya di pasar. Sampai-sampai obat ini sering dipakai untuk luka luar yang mestinya cukup diobati dengan antiseptik. Karena tetrasiklin terlalu banyak digunakan, saat ini makin banyak bakteri yang kebal terhadap antibiotik ini.[1]

Salah satu sifat pentingnya, tetrasiklin mudah berikatan dengan kalsium. Karena itu, tetrasiklin dan semua turunannya sebaiknya tidak diminum bersama susu dan semua turunan susu seperti keju, es krim, dan yoghurt. Susu banyak mengandung kalsium. Jika diminum bersama tetrasiklin atau turunannya, maka ini akan berikatan dengan inti tetrasiklin dan mengurangi penyerapannya di usus.

Bacaan Lainnya
Baca juga  Review dan Update Harga Tianshi Vitaline Softgel
Obat Super Tetra kemasan boks (sumber: minipivovarkunc.cz)
Obat Super Tetra kemasan boks (sumber: minipivovarkunc.cz)

Tidak itu saja, tetrasiklin juga bisa berikatan dengan di dan tulang yang sedang dalam masa pertumbuhan. Itu sebabnya golongan obat ini tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, bayi, atau anak-anak yang masih mengalami tumbuh gigi.

Bagi si ibu sendiri, tetrasiklin tidak berbahaya. Bahayanya terjadi pada janin. Begitu berikatan dengan atau tulang, tetrasiklin dan turunannya akan membuat massa kalsium gigi atau tulang itu menjadi cokelat permanen. Tetrasiklin juga bisa berikatan dengan aluminium. Itu sebabnya obat golongan ini sebaiknya tidak diminum bersama obat maag yang berisi aluminium.[2]

Saat ini tetrasiklin sudah jarang diresepkan dokter karena sudah banyak bakteri yang kebal. Yang biasa diresepkan adalah turunan tetrasiklin generasi yang lebih baru. Ada banyak jenis turunan tetrasiklin. Biasanya nama generasi baru tetrasiklin ini berakhiran “-siklin” seperti doksisiklin dan minosiklin.[3]

Super Tetra Obat Apa?

Dilansir dari Apotek K24, Super Tetra merupakan obat antibiotika yang digunakan mengobati infeksi akibat bakteri pada kulit, usus, saluran pernapasan, saluran kemih, genital, kelenjar getah bening, dan saluran tubuh lainnya. Obat ini sering digunakan untuk mengobati jerawat parah, atau penyakit menular seksual seperti sifilis (sipilis), gonorrhoe, dan klamidia.

Baca juga  Indikasi dan Update Harga Captopril (Tablet, Box, Strip)

Super Tetra mengandung zat aktif Tetrasiklin yaitu antibiotik spektrum luas golongan poliketida dengan mekanisme kerja menghambat pembentukan protein dalam sel sehingga tidak terjadi pembentukan rantai peptida yang penting kelangsungan hidup bakteri. Super Tetra tidak bisa digunakan untuk mengobati infeksi virus seperti flu.

Dosis Super Tetra

  • Dosis umum: 250 mg tiap 6 jam. Pada infeksi berat dapat ditingkatkan sampai 500 mg tiap 6-8 jam.
  • Sifilis primer, sekunder dan laten: 500 mg tiap 6-8 jam selama 15 hari.
  • Uretritis non gonokokus: 500 mg tiap 6 jam selama 7-14 hari (21 hari bila pengobatan pertama gagal atau bila kambuh).

Super Tetra dapat diberikan sebelum atau sesudah makan. Penggunaan obat Super Tetra sebaiknya dengan petunjuk dokter. Dilansir dari Alodokter, berikut ini beberapa efek samping yang mungkin dialami setelah konsumsi antibiotik Super Tetra.

Efek Samping Super Tetra

  • Kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari
  • Mual atau muntah
  • Diare
  • Rektum atau vagina terasa gatal
  • Sakit tenggorokan
  • Sakit kepala atau pusing
  • Sakit perut
  • Lidah terlihat menghitam

    Obat Super Tetra di Pasaran - www.lazada.co.id
    Obat Super Tetra di Pasaran – www.lazada.co.id

Harga Super Tetra

Nama Obat Harga (Rp)
Super Tetra 250mg Cap per tablet 1.669
Super Tetra 250mg 1 strip isi 6 kapsul 9.010
Super Tetra 250 mg box isi 120 kapsul (20 strip) 170.000

Informasi harga Super Tetra di atas dirangkum dari berbagai sumber. Harap diingat bahwa harga Super Tetra dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga obat Super Tetra tahun 2022 mengalami perubahan. Sebagai contoh, Super Tetra 250mg Cap per tablet yang dibanderol Rp1.598 – 2.625, berubah menjadi Rp1.669.

Selain itu, harga obat Super Tetra yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual. Super Tetra sendiri tergolong obat keras yang bisa dibeli di toko obat atau apotik dengan resep dokter.

[Almas]

[1] Sholekhudin, M. 2014. Buku Obat Sehari-hari. Jakarta: Elex Media Komputindo, hlm 184.

[2] Ibid., hlm 185.

[3] Ibid., hlm 186.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.