Info Harga Baking Soda Sachet (Semua Merek)

Untuk membuat kue yang lembut dan mengembang, diperlukan baking soda. Selain tersedia dalam kemasan pouch, botol, dan kotak, baking soda tersedia dalam kemasan sachet yang harga jualnya relatif terjangkau. Anda bisa membelinya dalam berbagai merk dagang di pasaran.

Baking soda (sumber: cookist.com)
Baking soda (sumber: cookist.com)

Karakteristik Baking Soda

Baking soda (Natrium Bikarbonat) adalah senyawa kimia dengan bentuk fisik seperti serbuk dan tidak berbau serta memiliki titik leleh 270 derajat Celsius.[1] Senyawa kimia ini dapat larut dalam air pada suhu ruangan sekitar 20 derajat Celsius, tetapi tidak larut dalam alkohol. Larut dengan mudah di dalam air, baking soda atau biasa disebut dengan soda kue bentuknya kristal berukuran kecil, sehingga mirip dengan serbuk.

Bacaan Lainnya

Kandungan baking soda adalah senyawa alkaline (basa) yang dapat membunuh bakteri candida sebagai natrium bikarbonat (baking soda) yang bersifat basa (basa adalah lawan dari asam, yaitu ditujukan untuk unsur atau senyawa kimia yang memiliki pH lebih dari 7. Anda bisa mengetesnya dengan alat khusus untuk mengetahui sifat baking soda tersebut. Dengan kandungannya, ada banyak manfaat soda kue, seperti berikut.

Baca juga  Jenis dan Update Harga Popok Sweety (Semua Ukuran)

Manfaat Baking Soda

Bahan Pengembang Roti

Sebagai bahan tambahan untuk membuat kue, soda kue memiliki reaksi kimia yang unik ketika dicampur dengan tepung dan air. Baking soda akan membentuk gas karbondioksida yang menyebabkan adonan roti mengembang. Semakin banyak soda kue yang ditambahkan, maka tingkat perkembangan roti akan semakin tinggi.

Dengan adonan kue yang mengembang, maka pori-pori di dalam roti juga semakin bertambah dan berongga. Ini yang membuat roti menjadi empuk dan lembut. Namun, penambahan soda kue terlalu banyak pada adonan roti bisa membuat tingkat membal roti berkurang, karena itu pastikan Anda menggunakannya sesuai takaran.

Bahan Pembersih

Selain itu, baking soda dikenal memiliki sifat pembersih yang baik. Tak heran, banyak produk pembersih yang mengandung soda kue. Anda bisa menggunakan baking soda untuk membersihkan kerak wastafel, membersihkan kotoran di sepatu, hingga membersihkan noda atau jamur di pakaian.

Cara menggunakan baking soda untuk bahan pembersih tidak sulit, karena Anda hanya perlu menggunakannya seperti Anda memakai sabun. Taburkan baking soda di atas permukaan benda yang kotor dan beri sedikit air. Diamkan selama 15-30 menit lalu bilas dengan air hingga bersih. Supaya lebih optimal, gunakan sikat untuk menggosok permukaan benda yang kotor.

Baca juga  Info Terupdate Harga Susu Grow Up Peninggi Badan

Mencerahkan Gigi

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan minum kopi, minum teh, dan merokok, biasanya mempunyai gigi yang berwarna kekuningan. Ini biasa terjadi, karena warna putih gigi tertutupi noda dari zat dalam kopi, teh, dan rokok. Untuk itu, Anda bisa membersihkannya dengan baking soda.

Untuk memutihkan gigi dengan baking soda tidaklah sulit, karena Anda hanya perlu memakainya sebagai pengganti odol. Taburkan soda kue di kepala sikat gigi dan tambahkan sedikit air hingga berbusa. Setelah itu, gosokkan ke gigi Anda secara merata dan diamkan selama 5-15 menit. Hasil dari penggunaan baking soda untuk memutihkan gigi memang tidak instan. Anda baru bisa merasakannya setelah 2-3 minggu rutin menggosok gigi Anda dengan baking soda.

Berpotensi Melawan Penyakit Autoimun

Di kesehatan, baking soda dipercaya mampu melawan penyakit autoimun dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh. Ada sejumlah penelitian menemukan, setelah pasien dengan gangguan autoimun minum air yang dicampur baking soda selama dua minggu sel-sel kekebalan tubuhnya meningkat. Selain itu, sel yang dikenal sebagai makrofagakan fokus pada pengurangan peradangan bukan meningkatkan peradangan.

Baca juga  Info Biaya PayLater Gojek (GoPayLater) dan Top Up GoPay
Baking soda (sumber: oberonne.com)
Baking soda (sumber: oberonne.com)

Untuk mendapatkan semua manfaat baking soda di atas, Anda bisa membeli baking soda sachet. Berikut referensi harganya.

Harga Baking Soda Sachet

Merek Baking Soda Sachet Harga (Rp)
Point Baking Soda 50 gr 1.500
Dua Baking Soda 40G 1.800
Asahi Baking Soda 40 gr 2.000
Vita Baking Soda 20gr 2.000
P177502 Baking Soda 20 2.055
Raja Wali R & W Baking Soda 40 gr 2.500
Lowo Soda Kue 50 gr 2.900
Cap Nonik Soda Kue 40 gr 3.000
R&W Baking Soda 40 gr 4.000
Pakmaya Baking Soda 5 gr 4.123

Harga baking soda sachet di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs beli online. Harga baking soda sachet tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Sinulingga, Devi Ray Syahfitri. 2019. Efektivitas Pemberian Citrus Baking Soda terhadap Penghilangan Stain Pada Pria Perokok Usia 20 – 55 Tahun di Kelurahan Tanjungbalai Kota II, Lk. III Kecamatan Tanjungbalai Selatan (Karya Tulis Ilmiah). Politeknik Kesehatan KEMENKES RI Medan Jurusan Keperawatan Gigi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.