Info Terbaru Harga Sumpit Kayu Murah

No comment2852 views

Saat menonton drama China, Korea, dan Jepang, kebanyakan orang ingin mencoba cara makan seperti orang-orang di negara-negara itu. Cara makan tradisional menggunakan sumpit memang sedang hits di kalangan remaja. Selain memakai sumpit stainless, bisa juga memakai sumpit kayu, karena harganya lebih murah.

Ilustrasi: makan memakai sumpit

Ilustrasi: makan memakai sumpit

Sumpit memang bukan merupakan makan utama bagi masyarakat Indonesia. Meski demikian, penggunaan sumpit mulai meluas seiring dengan bermunculannya restoran-restoran Jepang dan Korea. Sumpit adalah makan yang berasal dari Asia Timur, berbentuk dua batang kayu sama panjang yang dipegang di antara jari-jari salah satu tangan.[1] Di Jepang, sebagian besar masyarakat menggunakan sumpit untuk makan. Sementara, di Indonesia, menggunakan sumpit untuk makan sudah menjadi hal yang biasa dan sering ditemukan, terutama pada saat menyantap makanan khas Negeri Sakura.

Dilansir Wikipedia, sumpit digunakan untuk menjepit dan memindahkan makanan dari wadah, dari satu ke lain, atau memasukkan makanan ke dalam mulut. Sumpit bisa dibuat dari bahan seperti , , gading, melamin, , plastik, dan kayu yang permukaannya sudah dihaluskan atau dilapisi dengan bahan seperti pernis atau cat supaya tidak melukai mulut dan terlihat bagus.

Selain di Jepang, sumpit juga menjadi alat makan utama di negara Asia Tenggara lain yang sama pentingnya seperti sendok dan garpu. Di Indonesia sendiri, sumpit kerap dijadikan alternatif alat makan di rumah makan yang menyajikan masakan China, Korea, Jepang, Vietnam, hingga Thailand.

Dari sekian banyak, jenis sumpit yang ada di toko alat makan, sumpit kayu terbilang paling laris di pasaran. Selain karena harganya yang murah, sumpit ini juga memiliki banyak kegunaan. Sumpit kayu tidak hanya dimanfaatkan untuk makan, tetapi bisa dijadikan sebagai bahan kerajinan tangan.

Baca juga  Info Terbaru Harga Blockboard (9mm, 12mm, 15mm, 18mm)

Beberapa orang membuat miniatur bangunan dari sumpit kayu. Cara membuat hiasan seperti ini tidak sulit, karena Anda hanya membutuhkan sumpit kayu, lem kayu, dan cat. Setelah semua bahan lengkap, gambarlah bangunan yang akan Anda buat, sebagai contoh Anda bisa membuat miniatur gereja.

Ilustrasi: membuat kerajinan dari sumpit (youtube: Netmediatama)

Ilustrasi: membuat kerajinan dari sumpit (youtube: Netmediatama)

Membuat miniatur gereja membutuhkan banyak sumpit kayu, karena Anda harus membuat dan tiang bangunan. Untuk bagian , Anda tidak harus menyusun sumpit dengan pola memanjang, bisa juga dengan cara memotongnya kecil-kecil untuk mendapatkan dengan lingkaran.

Rekatkan setiap bagian sumpit menggunakan lem, jangan lupa untuk menekannya lebih kuat supaya sumpit melekat dengan baik. Setelah itu, buat juga menara di bagian tengah atau pinggir bangunan dengan memotong sumpit dan menempelkannya dengan bentuk segitiga. Setelah miniatur jadi, Anda bisa mengecatnya dengan cat kayu atau cat air.

Sumpit kayu juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat miniatur kendaraan seperti perahu. Membuat perahu dari sumpit memang tidak sesulit membuat bangunan, apalagi jika Anda membuat perahu rakit. Untuk membuat perahu rakit, potong sumpit menjadi dua bagian dengan panjang yang sama. Pastikan Anda mengukurnya dengan tepat supaya hasilnya tidak berantakan.

Bagian pinggir sumpit harus diamplas dulu supaya tidak kasar dan melukai tangan Anda. Susun semua sumpit menjadi untuk bagian bawah rakit. Rekatkan tiap bagian sumpit menggunakan lem kayu dan susun dengan rapi. Jangan lupa untuk membuat tiang rakit dengan menempelkan satu buah sumpit kayu di bagian tengah . Setelah itu, biarkan rakit Anda kering dan hias menggunakan pernak-pernik sesuai selera. Selain itu, Anda juga bisa mewarnainya menggunakan cat kayu atau akrilik.

Baca juga  Harga Triplek Melamin Hitam per Lembar

Bagi Anda yang membutuhkan sumpit untuk keperluan makan atau membuat kerajinan seperti di atas, Anda bisa membelinya di pasar atau situs jual beli . Sebagai referensi, Anda bisa melihat tabel berikut.

Sumpit Kayu

Sumpit kayu (sumber: tokopedia)

Sumpit kayu (sumber: tokopedia)

Merk & Tipe Sumpit KayuHarga (Rp)
Sumpit Kayu Aren Natural2.000
Sumpit Makan Bambu2.500
Sumpit Makan Kayu Kualitas Lokal2.500
Sumpit Kayu Bambu Motif Hiasan Bunga 24 cm2.900
Sumpit Kayu Iron Wood Chopstick3.400
Sumpit Kayu Pinus Model Jepang Korea China3.000
Sumpit Kayu 20 pcs3.200
Sumpit Kayu Meranti Kualitas Ekspor5.000
Sumpit Kayu TS Import China High Quality 23 cm5.000
Sumpit Kayu Ulin 10 pasang40.000
Sumpit Koki Panda7.800
Sumpit Kayu Glugu12.500
Sumpit Kayu 30 cm HomeMaster Extra Panjang17.000
Sumpit Kayu Jepang dengan Kepala Benang 22,5 cm9.300
Sumpit Kayu 42 cm HomeMaster Extra Panjang11.000
Sumpit Kayu Plus Tusuk Gigi Kualitas Premium7.000
Sumpit Kayu Batik10.000
Sumpit Kayu Merah isi 6 pasang10.000
Sumpit Kayu Panjang14.000
Sumpit Kayu Lancip isi 12 set15.000
Tilavie Sumpit Kayu7.500
Healthy Wood Chopsticks Sumpit Kayu23.000
Sumpit Kayu Kualitas Ekspor 10 set5.000
Sumpit Kayu Bento Bungkus Kertas 100 pcs21.800
Sumpit Kayu Meranti 6 pasang18.000
Sumpit Kayu Kelapa10.000
Sumpit Chopstick Kayu isi 2 Hello Kitty20.000
Sumpit Kayu isi 2 Mickey Mouse20.000
Sumpit Kayu Panjang 38 cm36.000
Sumpit Kayu Rikyu 21 cm Cover Kertas25.000
Sumpit Kayu Sawo26.500
Sumpit Kayu Genroku Ekspor Khusus Jepang & Eropa64.000
Sumpit Kayu Hello Kitty Melody60.000
Sumpit Kayu Aren Original Alami Paket 1 kodi (20 pcs)63.000
Sumpit Kayu Taiwan43.300
Sumpit Kayu Motif Karakter65.000
UCHII Rosewood Chopstick Yellow Sumpit Kayu Kuning105.000
Sumpit Kayu Merk Koji96.000
Set Sumpit Bahan Kayu Chestnut Gaya Jepang 6 pasang72.486
Sumpit Kayu Jati150.000
Sumpit Kayu Mahogany 5 pasang/lot High End Warna Merah1.000.000
Sumpit Kayu Polos Handmade Gaya Tibet1.000.000
Baca juga  Update Harga List Gypsum per Batang (Berbagai Ukuran dan Tipe)

Informasi harga sumpit kayu di atas dirangkum dari berbagai sumber. Harus diingat bahwa harga sumpit kayu dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Sumpit makan bambu misalnya, yang semula dijual dengan harga Rp2.300, kini menjadi Rp2.500 per buah. Selain itu, harga sumpit kayu yang berlaku di setiap tempat juga bisa berbeda-beda, tergantung dari atau penawaran pihak penjual.

Anda bisa membeli sumpit kayu di toko-toko peralatan rumah tangga terdekat yang ada di kota tempat tinggal Anda. Namun, bila kesulitan menemukannya, tak ada salahnya untuk membeli sumpit kayu secara online melalui sejumlah situs e-commerce terkemuka di Indonesia. Biasanya, banyak juga penjual yang berjualan sumpit kayu secara online, sehingga banderolnya relatif lebih murah jika dibanding membeli sumpit secara eceran.

[Update: Almas]

[1] Style, Japan. 2014. Japan Style Indonesia Vol. 1. Jakarta: JS Books.

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terbaru Harga Sumpit Kayu Murah"